Brilio.net - Perihal ekonomi dalam rumah tangga harus dikelola dengan baik oleh kedua belah pihak, baik suami maupun istri. Mengingat proses mengumpulkan pundi-pundi rupiah tidak mudah, maka mengelola seberapapun yang mereka miliki secara bijak adalah pilihan yang tepat.

Seperti orang pada umumnya, mereka akan mengatur keuangannya dengan menghitung segala bentuk pengeluaran selama satu bulan. Setiap pos pun dianggarkan kan sesuai bajet yang mereka miliki agar tercukupi.

Dalam rumah tangga, biasanya istri cukup diandalkan dalam mengelola keuangan. Mereka yang hanya mendapatkan uang pas-pasan setiap bulannya, tentu harus memutar otak agar semua kebutuhan dapat terpenuhi, tanpa harus berhutang. Seperti yang dilakukan oleh ibu muda pemilik akun TikTok @mommyarkaaa ini.

Lewat unggahan kontennya di TikTok, dia menceritakan perjuangannya mengelola gaji suaminya yang hanya Rp 2,3 juta per bulan. Dia merinci setiap pengeluaran untuk berbagai keperluan. Baik keperluan pokok, dana sumbangan, hingga hiburan.

gaji 2,3 juta uang jajan suami 200 ribu © 2023 brilio.net

gaji 2,3 juta uang jajan suami 200 ribu
TikTok/@mommyarkaaa

Dengan gaji suaminya RP 2,3 juta per bulan, dia merencanakan kebutuhan pampers milik anaknya tak lebih dari Rp 200 ribu per bulan. Sementara itu, untuk belanja mingguan kebutuhan makan di rumah, dia hanya menghabiskan Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Artinya wanita ini menghabiskan sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu untuk sebulan.
 
"Gaji 2,3 juta di tangan istri yang tepat, jatah pampers sebulan ga lebih dari 200 ribu/bulan. Belanja seminggu di pasar 100rb-150rb," jelas @mommyarkaaa dikutip brilio.net pada Rabu (4/10).

gaji 2,3 juta uang jajan suami 200 ribu © 2023 brilio.net

gaji 2,3 juta uang jajan suami 200 ribu
TikTok/@mommyarkaaa

Keperluan hidup lainnya yang bikin kaget adalah biaya internet yang ternyata sangat murah. Dia juga tidak menghabiskan banyak dana untuk transportasi dan belanja bulanan.
 
"Bensin nmax 150rb-200rb/bulan, belanja bulanan 300rb-400rb/bulan, wifi 100rb/bulan paketan 60rb 1 hp," ungkapnya lebih lanjut.