Brilio.net - Menuntut ilmu tidak kenal usia, siapapun berhak mengakses pendidikan. Pendidikan dapat dilakukan sepanjang hayat bagi siapapun yang menginginkannya. Maka dari itu, pendidikan di berbagai jenjang seharusnya tidak tertutup bagi orang yang sudah berusia senja.

Semangat untuk menempuh pendidikan ini dilakukan oleh pria yang sudah berusia senja ini. Di usianya yang menginjak 80 tahun, ia masih semangat untuk mengenyam pendidikan tinggi. Semangatnya ini segera mengantarkannya menyandang status sarjana.

Diunggah oleh akun TikTok @inyomanbudaasmaraputra, ia memperlihatkan video seorang pria tua tengah dituntun menuju sebuah ruangan. Pria tersebut tampak memakai jaket almamater kampus. Rupanya ia akan segera melakukan ujian proposal skripsi. 

mahasiswa umur 80 tahun ujian proposal skripsi © 2023 brilio.net

foto: TikTok/@inyomanbudaasmaraputra

Diketahui pria tersebut bernama I Made Tawa, ia berada di sebuah ruangan dengan dua dosen penguji. Namun, tidak sendirian, ia juga ditemani oleh beberapa orang yang merekamnya saat ujian. Made pun terlihat siap untuk melakukan presentasi mengenai ujiannya.

"Ujian proposal skripsi mahasiswa berumur 80 tahun. Namanya Bapak I Made Tawa semangat beliau luar biasa," tulis @inyomanbudaasmaraputra dikutip brilio.net pada Senin (25/9).