Brilio.net - Kreatif atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan antara gagasan dan konsep yang sudah ada kemudian dikembangkan. Kreatif merupakan salah satu konsep pemikiran yang perlu dimiliki setiap orang, baik dalam dunia pendidikan, dunia kerja, hingga keseharian.

Dewasa ini, setiap orang sudah dituntut untuk berpikir secara kreatif dalam melakukan setiap hal. Pasalnya, orang kreatif mampu menemukan ide baru dan memecahkan masalah dengan solusi yang dihasilkan. Terkadang, kreatif sering dikaitkan dengan seni, namun menjadi orang kreatif bukan tentang seni. Karena kreatif adalah kemampuan yang berkaitan dengan daya cipta baru dan otentik.

Pada dasarnya kemampuan kreatif dimiliki setiap orang, tetapi tidak semua orang dapat memaksimalkan kemampuan tersebut. Tiap kali seseorang membuat sesuatu yang berharga, ia bisa disebut kreatif. Kemampuan kreatif ini merupakan sumber kekuatan dari lahirnya inovasi. Oleh sebab itu, di zaman modern ini dibutuhkan kemampuan untuk berpikir secara kreatif.

Lebih lanjut, untuk dapat memahami arti, ciri-ciri, dan cara mengembangkan kemampuan kreatif, berikut ulasan lengkapnya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (23/8).