Brilio.net - Pasti kamu sudah nggak asing dengan kepribadian introvert. Seringkali seseorang yang memiliki sifat introvert dianggap pemalu, antisosial, pendiam, hingga sombong, padahal nggak semua orang yang memiliki sifat introvert bersikap demikian. Pada dasarnya, introvert adalah tipe kepribadian yang senang menghabiskan waktu sendiri, fokus pada pikiran, dan suasana hati secara internal.

Seseorang yang dilahirkan tentu memiliki sifat yang berbeda-beda, biasanya kepribadian ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya keturunan atau sifat orang tua, lingkungan, dan pola asuh.

Tipe kepribadian introvert cenderung lebih menyukai waktu bersama dengan satu atau dua orang saja. Hal ini disebabkan karena seseorang yang memiliki kepribadian introvert akan lebih merasa nyaman dan fokus ketika menghabiskan waktu untuk sendiri.

Melansir dari webMD, penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kepribadian introvert memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap umpan balik negatif. Jika ada orang yang mengkritik atau memandang buruk, maka orang dengan kepribadian ini nggak bisa menempatkan diri pada situasi yang mengarah pada hal tersebut. Maka dari itu, tak jarang orang introvert akan merasa cemas dan terkadang merasa berpura-pura bukan menjadi dirinya sendiri.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai arti introvert serta ketahui jenis, ciri-ciri, dan kelemahan yang dimiliki, berikut telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (12/7).