Brilio.net - Istilah disclaimer bukanlah hal yang asing, terutama bagi orang yang sering berhadapan dengan konten website, Youtube, blog, dan lainnya. Akan tetapi, tak sedikit orang juga yang belum mengetahui arti disclaimer.

Dalam dunia bisnis, disclaimer memiliki maksud untuk melindungi diri pemilik dan bisnisnya dari tindakan hukum maupun klaim kewajiban tertentu. Hal ini bertujuan supaya kedepannya tidak ada klaim maupun kritik konsumen.

Disclaimer dapat dipahami sebagai pernyataan formal mengenai ketidakterlibatan secara langsung atau tidak langsung serta tidak bertanggung jawab pada suatu hal. Dengan adanya disclaimer, bagi orang yang sering bergelut dalam dunia bisnis pastinya akan lebih mudah untuk menjaga dirinya dan usahanya.

Untuk dapat mengetahui lebih jelasnya mengenai arti disclaimer, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (26/7), ketahui fungsi dan cara membuat disclaimer.

Arti disclaimer.

Arti disclaimer adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Dilansir dari Cambridge Dictionary, disclaimer adalah pernyataan resmi atau formal yang menyatakan bahwa seseorang tidak bertanggung jawab secara hukum atau tidak memiliki keterlibatan secara langsung maupun tidak langsung atas sesuatu. Informasi disclaimer dapat diberikan dalam buku, Website, atau media lainnya.

Contohnya disclaimer dalam dunia bisnis, ketika kamu memiliki produk kecantikan yang dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat atau masalah kulit lainnya. Akan tetapi, produk kecantikan tersebut tidak menjamin dapat menyembuhkan atau menghilangkan jerawat pada semua kulit.

Apabila informasi tersebut terbukti tidak akurat atau mungkin ternyata dapat merusak bagi beberapa orang, dari situ kamu akan menghadapi tuntutan hukum. Maka dari itu, biasanya dalam kemasan produk kecantikan dapat diberikan disclaimer.

Sedangkan bagi website bisnis, pengertian disclaimer adalah salah satu elemen yang penting untuk membuat web kamu lebih terkesan profesional. Sebab, disclaimer dapat menjadi sarana untuk membuktikan bahwa perusahaan kamu patuh akan hukum yang berlaku, serta merupakan pemegang hak cipta dari keseluruhan konten yang dipublikasikan di situs tersebut. Singkatnya, disclaimer dalam website adalah sebuah kode pemberitahuan, yang berguna untuk membatasi tanggung jawab atas penggunaan situs tersebut.