Brilio.net - Sebagai seorang muslim, mengucap salam menjadi salah satu kewajiban. Ucapan salam yang berbunyi assalamualaikum pastinya sudah nggak asing lagi bagi umat muslim. Sebab, ucapan tersebut kerap digunakan saat bertemu seseorang.

Ucapan assalamualaikum ini didalamnya terkandung makna yang baik satu nama Allah SWT yaitu As-Salam, yang berarti Maha Sejahtera atau Yang Maha Memberi Kesejahteraan dan Kedamaian. Tak hanya itu, ucapan ini sebagai bentuk doa untuk orang yang menerima supaya diberi keselamatan, rahmat, dan keberkahan dari Allah SWT.

Tak akan ada kerugian bagi kamu ketika mengucapkan salam. Sebab, secara tidak langsung ucapan tersebut dapat menguatkan tali silaturahmi dengan saling mendoakan. Kendati demikian, mengucapkan salam bagi seorang muslim hukumnya sunnah, namun menjawab salam hukumnya wajib. Hal ini disebutkan oleh Allah di salah satu ayatnya, berbunyi;

"Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)." (Q.S. An Nisa: 86).

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan arti assalamualaikum serta adab dan keutamaannya, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (12/7).