Brilio.net - Akidah merupakan suatu hal yang penting bagi umat muslim. Pasalnya, akidah merupakan sebuah pondasi dasar dalam agama dan dasar dari amal perbuatan manusia. Setiap umat muslim wajib memahami hakikat akidah Islam dan ruang lingkupnya dengan benar untuk membekali diri dan menjaga keimanan.

Akidah merupakan sesuatu yang mengharuskan hati untuk membenarkan Tuhan, yang membuat jiwa tenang dan tentram, serta bersih dari kebimbangan atau keraguan. Apabila keyakinan terhadap hakikat tersebut masih ada unsur keraguan, maka tidak bisa disebut akidah.

Pemahaman dan komitmen yang benar terhadap akidah akan menuntun setiap muslim dalam berperilaku. Akidah erat kaitannya dengan keimanan, di mana keimanan tersebut merupakan kepercayaan sepenuh jiwa terhadap Al-Arkan al-iman.

Akidah juga sering disandingkan dengan tauhid karena memiliki substansi yang sama yaitu pengesaan terhadap Allah SWT, pokok utama dari keimanan serta awal dan akhir dari seruan Islam. Untuk memahami lebih jauh mengenai akidah dan tujuannya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (8/6).

 

 

Reporter: Dewi Suci Rahmadhani