Brilio.net - Bagi setiap umat muslim yang telah memasuki bahtera rumah tangga, pasti menginginkan keharmonisan, kedamaian, dan kebahagiaan. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi setiap umat muslim yang akan melangsungkan pernikahan untuk berdoa dan berharap semoga rumah tangganya selalu dijalan Allah.

Memahami arti sakinah mawaddah warahmah dalam Islam adalah salah satu bagian dari doa yang mulia bagi pasangan suami istri yang baru membangun rumah tangga atau pengantin baru. Secara umum pengertian sakinah adalah tenang dan tentram, mawaddah adalah cinta, dan warahmah adalah kasih sayang.

Selain itu, arti sakinah mawaddah warahmah juga tertera dalam Al-quran surat Ar-Rum ayat 21, yang berbunyi:

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir."

Pastinya dengan membangun keluarga yang sakinah mawadah warahmah dalam rumah tangga, akan banyak kebaikan-kebaikan yang didapat didalamnya. Sebab dalam sebuah rumah tangga harus ditumbuhkan rasa cinta yang membara, saling menghargai, rasa saling memiliki, melayani, melindungi, dan berbagi dalam suka maupun duka.

Lebih lanjut berikut brilio.net ulas lebih dalam mengenai arti sakinah mawadah warahmah dalam Islam, Jumat (24/6).