Brilio.net - Cinta merupakan salah satu istilah yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengucapkan cinta identik dengan perasaan kasih sayang, suka, dan sebagainya. Cinta bukan hanya dalam hubungan yang romantis, namun cinta dapat diucapkan kepada orang tua, keluarga, atau sahabat.

Secara umum, cinta tidak memiliki arti yang konkret. Pasalnya, cinta tidak bisa dilihat secara nyata, namun setiap orang bisa merasakan cinta. Bahkan, bagi setiap orang makna cinta bisa berbeda-beda. Hal ini juga dipengaruhi oleh berbagai kondisi dan latar belakang setiap individu.

Akan tetapi, mengetahui makna cinta dengan baik, dapat memperluas pandangan dalam melihat cinta di kehidupan. Dengan adanya cinta setiap orang bisa membangun hubungan dengan pasangan, keluarga, orang terdekat, maupun orang lain secara umum dengan lebih baik.

Pada dasarnya, cinta termasuk dalam bagian hidup manusia. Karena tidak mungkin seseorang hidup tanpa cinta dan kasih sayang untuk orang-orang sekitar. Disamping itu, kamu juga perlu mengetahui makna dan ciri-ciri dari cinta, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (11/8).

Pengertian cinta.

Apa arti cinta © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Secara umum, arti adalah suatu emosi atau perasaan positif (kebaikan, belas kasih, dan kasing sayang) yang terdapat di dalam diri manusia yang ditunjukan kepada manusia lain atau objek lain yang ada disekitarnya. Di sisi lain, cinta adalah suatu aktivitas manusia terhadap objek lain disekitarnya, yang dilakukan dalam bentuk empati, kasih sayang, perhatian, saling membantu, pengorbanan diri, dan saling memahami.

Makna cinta yang sebenarnya adalah sikap memberikan rasa kasih sayang tanpa harapan. Sikap ini bisa dikatakan seperti merawat seseorang dan menempatkan kebutuhannya di atas kebutuhan diri sendiri. Bahkan, cinta yang sebenarnya juga menghadirkan rasa ketulusan untuk kebahagiaan orang tersebut.

Pengertian cinta menurut para ahli.

1. Liebowitz.

Menurut Liebowitz cinta adalah perasaan positif yang kuat dan dirasakan oleh seseorang. Cinta juga perasaan positif terkuat yang pernah dirasakan oleh manusia. Dari setiap jenis cinta yang dirasakan, elemen yang paling penting adalah perhatian terhadap orang yang dicintai.

2. Masters, W. H., dkk.

Menurut Masters, W. H., dkk. cinta merupakan suatu tugas yang sulit. Artinya setiap manusia tidak hanya mencintai laki-laki maupun perempuan. Manusia dapat mencintai yang lainnya juga seperti, Tuhan, orang tua, saudara, hewan peliharaan, negara, makanan kesukaan, pelangi, dan kegiatannya sehari-hari.

3. Zick.

Menurut Zick Rubin, cinta adalah suatu sikap yang ditunjukkan dari seseorang kepada orang lain yang memiliki nilai sebagai sesuatu yang istimewa, memiliki rasa, memengaruhi pikiran, dan juga tingkah laku.

(brl/pep)