Brilio.net - Tidak bisa dipungkiri, ketika awal-awal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) diberlakukan selama masa pandemi, membuat para guru dan murid kesulitan. Sistem belajar online yang jarang dilakukan mau tak mau memaksa mereka untuk tetap bertahan.

Namun ada sisi positif semenjak diberlakukannya PJJ selama pandemi. Guru dan murid semakin piawai menggunakan gawai sebagai media belajar maupun mengajar. Tak hanya itu, belajar via daring rupanya mengasah kreativitas para guru saat memberikan materi untuk murid.

Seperti aksi viral yang dilakukan oleh seorang guru satu ini. Demi membuat siswanya memahami materi pelajaran yang disampaikan, guru tersebut sampai menuliskan materi di lantai rumahnya.

Aksi guru tuliskan materi pelajaran ini dibagikan oleh akun TikTok @ainaabdn7, pada Rabu (16/6) kemarin. Lewat postingan tersebut, pemilik akun memperlihatkan sang ayah yang berprofesi sebagai guru itu, sedang menuliskan sesuatu di lantai rumah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"struggle untuk student supaya lebih memahami. goodluck all students," tulisnya, brilio.net melansir akun @ainaabdn7, Kamis (17/6).

Di lantai berukuran 60x60 cm itu, sang guru menuliskan kurva pada sebidang lantai. Sambil memegang HP di tangan kirinya, guru laki-laki tersebut menggambar garis dengan spidol di atas lantai.

guru tulis materi di lantai © 2021 TikTok

foto: TikTok/@ainaabdn7

Butuh lima lantai untuk menuliskan materi sekolah tersebut. Menurut pengakuan Aina, dirinya sudah menawari sang ayah menggunakan papan tulis yang dimilikinya. Namun tampaknya sang ayah lebih nyaman menggunakan lantai untuk mempermudah muridnya.

"Sebenarnya aina ada suggest and offer utk pakai whiteboard aina tpi ayah aina memang lebih selesa mozek mungkin sebab dia mudahkan student," tutur aina.

Aina juga mengatakan sebab sang ayah menulis di lantai dibandingkan papan. Karena materinya cukup panjang, sehingga sang ayah ingin menjelaskan sampai detail kepada murid-muridnya, termasuk menggambar kurva di atas lantai.

"Yelah mungkin pengiraan panjang so dia nk mudahkan student nampak jelas pengiraan termasuk keluk-keluk tu semua," sambung aina.

guru tulis materi di lantai © 2021 TikTok

foto: TikTok/@ainaabdn7

Aksi kreatif guru tersebut langsung mendapat atensi dari warganet. Beragam reaksi mereka sampaikan lewat kolom komentar pada unggahan video tersebut. Banyak mereka yang salut dengan apa yang dilakukan sang guru.

"wahhh terbaikk, totalitas bgtt bapaknya. sehatt terus pak!! hehe," tulis dinovocado.

"cara kayak gini enak bgt sumpah, gw juga gini ampe kaca2 lemari gw coret2" komentar seblaqque.

"keren nihh jarang jarang ada guru kek gini," sambung masbro.

"nahhh lebih suka. lebih memahami daripada cuma dikasih materi yg belum tentu daring jg di baca. sehat terus pak," tambah Maya.

@ainaabdn7

struggle untuk student supaya lebih memahami. goodluck all students. ##xybca ##fyp

Beggin' - Måneskin

(brl/tin)