Brilio.net - Aktris Dinda Kirana membagikan pengalamannya pasca menjalani operasi pengangkatan kista. Melalui akun Instagramnya, Dinda menyebutkan bahwa ia memiliki beberapa kista dengan ukuran yang berbeda.

Setelah melalui konsultasi bersama dokter, Dinda akhirnya mendapat tindakan operasi pengangkatan kista ovarium. Pasca momen itu, Dinda mengingatkan kepada penggemarnya, terutama kaum perempuan untuk tidak ragu memeriksakan diri ke dokter.

"aku tau ini adalah topik yang menakutkan, aku juga rasain hal yang sama.. tapi aku bersyukur banyak temen temen yang bagi cerita pengalaman nya juga dan bikin aku optimist lagi. semoga kita bisa saling menguatkan ya," ujar Dinda dalam akun Instagramnya.

Kista ovarium menjadi kondisi yang kerap dialami para perempuan. Faktor penyebabnya bisa datang dari berbagai hal. Dalam sebagian kasus, kista dapat menghilang dengan sendirinya, namun ada pula yang membutuhkan penanganan dokter jika ukurannya sudah semakin membesar.

Kondisi tersebut bahkan juga sempat dialami beberapa seleb wanita Tanah Air. Simak cerita mereka dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (13/6) berikut ini.

1. Ussy Sulistiawaty.

Cerita seleb jalani operasi pengangkatan kista © Instagram

foto: Instagram/@ussypratama

Penyanyi Ussy Sulistiawaty menjadi salah satu seleb Tanah Air yang pernah memiliki kista ovarium. Momen yang terjadi pada 2004 lalu itu membuatnya harus mendapatkan tindakan operasi di sebuah rumah sakit di Singapura. Kini istri Andhika Pratama itu sudah hidup lebih sehat dan beraktivitas lebih lancar.

2. Novita Angie.

Cerita seleb jalani operasi pengangkatan kista © Instagram

foto: Instagram/@novitaangie

Sementara itu, Novita Angie memiliki pengalaman yang berbeda. Presenter kawakan itu bahkan sempat menjalani pengangkatan kista sebanyak dua kali. Operasi pertamanya pernah dijalani pada tahun 1995. Akan tetapi, pada tahun 2002, ia harus kembali menjalani pengangkatan kista yang kembali ditemukan pada tubuhnya.

3. Shireen Sungkar.

Cerita seleb jalani operasi pengangkatan kista © Instagram

foto: Instagram/@shireensungkar

Shireen Sungkar pun juga memiliki pengalaman tersendiri dengan kista ovarium. Pesinetron ini baru mengetahui adanya kista di tubuhnya pasca melahirkan anak pertamanya, Teuku Adam Al Fatih. Saat itu, Shireen mengaku merasakan nyeri pada bagian punggung serta di bawah perut. Selain itu siklus menstruasi yang tidak teratur dan nyeri ketika buang air kecil juga menjadi kondisi yang terjadi pada Shireen. Segera mengambil tindakan, Shireen pun akhirnya langsung melakukan operasi untuk mengangkat kista tersebut.

4. Delia Septianti.

Cerita seleb jalani operasi pengangkatan kista © Instagram

foto: Instagram/@deliaseptianti

Gejala yang hampir sama seperti Shireen Sungkar juga dirasakan Delia Septianti. Penyanyi cantik itu mengaku kerap merasakan sakit luar biasa ketika menstruasi. Di samping itu, kondisi migran juga kerap dialami Delia ketika datang bulan. Sama seperti beberapa seleb sebelumnya, ia pun memutuskan untuk melakukan pengangkatan kista itu.

5. Rachel Goddard.

Cerita seleb jalani operasi pengangkatan kista © Instagram

foto: Instagram/@rachelgoddard

Sedangkan berbeda lagi dengan yang sempat dialami beauty vlogger Rachel Goddard. Wanita itu tak hanya memiliki kista, namun juga miom yang sempat membuatnya merasa selalu kesakitan. Diketahui, sebelum dan ketika hamil putra pertamanya, Rachel juga sudah memiliki kista pada bagian kanan dan kiri sel telurnya. Dengan berbagai pertimbangan, Rachel akhirnya menyetujui untuk melakukan pengangkatan rahim.

6. Feby Febiola.

Cerita seleb jalani operasi pengangkatan kista © Instagram

foto: Instagram/@febyfebiola_

Feby Febiola pun juga membagikan semangatnya ketika memiliki kista ovarium. Saat itu, ia kerap membagikan pengalamannya memiliki kista ovarium stadium 1C. Selain menjalani operasi pengangkatan kista, Feby melanjutkan perawatan kemoterapi dalam proses penyembuhannya. Dan pada November 2020 lalu, Feby pun dinyatakan sudah sembuh dari kista ovarium.

7. Dinda Kirana.

Cerita seleb jalani operasi pengangkatan kista © Instagram

foto: Instagram/@dindakirana.s

Dan yang baru-baru ini mendapatkan tindakan yang sama yaitu Dinda Kirana. Aktris itu mengaku pada awalnya kista tersebut hanya berukuran 3 cm. Namun pasca satu tahun berlalu, kista itu berkembang menjadi berukura 12 cm dan 5 cm.

Dengan kondisi tersebut, Dinda pun menjalankan operasi pengangkatan kista pada beberapa waktu lalu. Meski harus memakan waktu lama saat operasi, namun Dinda bersyukur lantaran semua dapat dilaluinya dengan lancar. Selain itu, ia juga masih harus mendapatkan perawatan lantaran sempat mengalami pendarahan.