Brilio.net - Mengoperasionalkan kendaraan alat berat seperti ekskavator pada dasarnya tidaklah mudah. Selain membutuhkan konsentrasi, untuk bisa menjadi operator dibutuhkan pula pengalaman dan skill yang memadai.

Namun demikian, aspek pengalaman tersebut sepertinya 'tak berlaku' bagi seorang bocah asal Ambon berikut ini. Pasalnya, di usianya yang masih 5 tahun, ia ternyata sudah cukup mahir mengendalikan ekskavator.

Dikutip brilio.net dari akun Facebook Ayos Pattiasina, Selasa (6/10), dikatakan bahwa pada malam sebelumnya banjir datang menerjang Desa Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon. Banjir tersebut lantas mengakibatkan jembatan darurat ambruk dan pipa saluran air bersih terhimpit batu besar.

Mengetahui hal tersebut, bocah bernama Theo Paays itu lantas tergerak untuk membantu warga dalam membersihkan puing-puing jembatan dan mengangkat bebatuan yang menimpa pipa air bersih. Dengan mengikuti arahan sejumlah orang dewasa, Theo pun menggeser dan menarik batu-batu yang hanyut di sungai pascabanjir dengan ekskavator secara perlahan.

"NAMANYA THEO PAAYS.. USIANYA BARU 5 TAHUN.. SUDAH BISA MENGOPERASIKAN ALAT BERAT EXCAVATOR.. THEO MEMBANTU WARGA MEMINDAHKAN BATU BESAR YANG MENGHIMPIT PIPA AIR MINUM WARGA AKIBAT BANJIR SEMALAM DI KOTA AMBON TERLEBIH KHUSUS DI HUTUMURI... BERKAT BANTUANNYA KAMI SUDAH BOLEH MENIKMATI LAGI AIR BERSIH.... TERIMA KASIH THEO.. TUHAN BERKATI (LOKASI DESA HUTUMURI KECAMATAN LEITIMUR SELATAN KOTA AMBON MALUKU)" tulis Ayos Pattiasina di akun Facebook-nya.

Loading...

Dalam video berdurasi 4 setengah menit itu terlihat bahwa Theo cukup lancar dan tak melakukan kesalahan saat mengendalikan alat berat tersebut. Lebih jauh, ia bahkan terlihat bersemangat dan senang lantaran bisa membantu para warga.

"Adek nama siapa?," tanya sang perekam video.

"Theo," jawabnya.

"Mantap e, Theo berapa tahun sekarang ini?" tanya Pattiasina.

"Lima," jawabnya lagi dengan nada panjang.

"Nama lengkap siapa?" tanyanya lagi.

"Theo Paays," jawab Theo.

Video yang memperlihatkan aksi Theo saat mengoperasionalkan ekskavator itu pun lantas menjadi viral di media sosial. Terhitung hingga saat ini, postingan tersebut telah dibagikan ulang di Facebook sebanyak lebih dari 4 ribu kali dan diunggah pula di sejumlah akun Instagram.

Sementara itu, warganet sendiri banyak yang memuji aksi terpuji Theo. Tak sedikit yang bahkan membandingkan Theo dengan diri sendiri ketika masih berusia 5 tahun.

"Luar biasa sekali.TYM adek kecil," tulis Hermin.

"Astaga orang dewasa saja tidak semua mampu mengoperasikan exavator ..luarbiasa bakatmu..kalau besar nanti mau jadi apa ya ?" sambung Jeanyangwarmasse.

"Saya 5 taun masih main gali-gali tanah," tulis angelina_sassan.

"ee Ade Theo .. yg penting dampingi Ade saja baik2, Jang sampe bucket excavator pukul kasi pica saorang Kapala.," sambung Barce Tutupary Mantap.