Hanya memakai kaus dan celana pendek. Pria tersebut mengalungkan handuk dan menenteng gayung yang berisi peralatan mandi. Bak ingin mandi di rumah sendiri, dirinya pun masuk ke dalam kantor PDAM.

aksi mandi di kantor di PDAM Berbagai sumber

foto: TikTok/@dannylahor

Ketika masuk melalui pintu utama, si pria sempat dicegat oleh satpam yang berjaga. Meski sempat ditahan, pria tersebut kekeuh berniat mandi. Sang satpam awalnya mempersilahkan si pria mandi di toilet umum, namun sang pria malah berniat mandi di toilet ruangan direktur PDAM Kota Malang.

"Saya mau mandi di ruangannya direktur, nyuci baju juga," kata si bapak bersama anak dan istrinya tersebut.

"Orangnya sedang tidak ada bapak, kalau mau mandi di sini ada toilet," terang sang satpam.

aksi mandi di kantor di PDAM Berbagai sumber

foto: TikTok/@dannylahor

"Enggak, saya mau mandi di ruangan direktur, saya tiga hari enggak mandi e!" Ngotot pria tersebut.

Bapak-bapak itu pun protes dan mengaku peristiwa air mati berhari-berhari di tempat tinggalnya sudah terjadi beberapa kali.

"Soalnya ada kebocoran pipa, bapak," kata salah satu petugas PDAM datang menimpali.

"Ini sudah berkali-kali seperti ini, keluarga saya belum mandi semua," kata bapak tersebut.

"Belum selesai, Pak," jawab petugas.

"Belum selesai sampai sekarang? Kemarin katanya sudah normalisasi dan sebagainya, tapi nyatanya sampai hari ini, air tidak mengalir," ucap bapak-bapak tersebut.

aksi mandi di kantor di PDAM Berbagai sumber

"Jangan berbicara SOP, SOP saya, saya membayar untuk PDAM," lanjutnya.

Video aksi protes pria ini pun viral di media sosial. Video yang dibagikan oleh @dannylahor telah ditonton sebanyak 253 ribu kali. Aksinya yang banyak disorot warganet ini pun menuai dukungan dari warganet yang menyampaikan dukungannya lewat komentar.

"Anda luar biasa pak. Lanjutkan," kata pemilik akun @ellyanton84_ mendukung aksi si bapak.

"Gua juga nih udah hampir sebulan air kecil, mati nyala terus, lebih sering matinya astagaaa padahal di jakarta loh, komplen ga di respon-respon," kata pemilik akun @fikrizakri.

"Ide brilian. Bisa juga nih kalau listrik mati bisa ke PLN ngecas hp atau nonton tv," ujar pemilik akun @mixtoys19.

Sementara itu, PDAM kota Malang lewat akun Instagram resminya di @perumdatugutirta memang mengonfirmasi adanya kerusakan pipa di Jalan Kidal, Kabupaten Malang. Hal tersebutlah yang membuat distribusi air bersih ke beberapa perumahan di Kota Malang jadi terhambat.

"Maka pelanggan yang terdampak akan mengalami gangguan aliran selama proses pengerjaan dan normalisasi aliran, pelanggan diimbau menampung air ketika teraliri," tulis @perumdatugutirta, dalam unggahannya pada Rabu (24/5).

Pihak PDAM Kota Malang juga kembali menyampaikan sampai saat ini perbaikan masih terus dilakukan.

"Saat ini masih dilakukan normalisasi aliran oleh petugas lapangan," kata akun @perumdatugutirta, dilansir brilio.net pada Senin (29/5)

@dannylahor

PDAM KOTA MALANG

suara asli - Danny Lahor