Brilio.net - Beberapa hari lalu, mungkin kamu sudah melihat sebuah pantai yang viral bukan karena keindahannya, tapi karena tumpukan sampah yang menyebar di setiap sudutnya? Ya, pantai tersebut merupakan pantai yang berlokasi di daerah desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Saking kumuhnya, pantai ini mendapat julukan pantai terkotor dan terburuk nomor 1 di Indonesia.

Unggahan viral tersebut ternyata menyita perhatian begitu banyak masyarakat. Mereka mempertanyakan kinerja pemerintah daerah yang tidak acuh dengan permasalahan yang ternyata telah berlangsung cukup lama itu. Namun, setelah diinisiasi grup Pandarawa yang memviralkan kondisi pantai, akhirnya hampir seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah daerah turun tangan membantu pembersihan pantai tersebut.

Lalu seperti apa kondisi terkini pantai itu? Brilio.net telah merangkum potret perkembangan kebersihan pantai tersebut dari akun Instagram @pandeglangeksis pada Senin (29/5). Kira-kira sudah sejauh apa ya perkembangan pantai yang dicap paling kumuh nomor 1 di Indonesia itu?

Ingat sama pantai paling kotor © Instagram

foto: Instagram/@pandawaragroup

Beginilah penampakan awal dari pantai tersebut. Terlihat sepanjang pesisir pantai hanya dikelilingi oleh berbagai jenis sampah dan limbah lainnya. Saking banyaknya, bahkan tidak terlihat sedikitpun pasir pantai karena tertutup tumpukan sampah yang begitu tebal.

Ingat sama pantai paling kotor © Instagram

foto: Instagram/@pandawaragroup

Melalui inisiasi dan himbauan dari grup Pandarawa, banyak masyarakat yang turun tangan membantu membersihkan wilayah pantai tersebut dari tumpukan sampah. Tidak terkecuali, pihak pemerintah daerah akhirnya juga ikut turun tangan bahu-membahu. Bekerja beriringan dengan masyarakat, pihak pemerintah ikut menghilangkan sampah yang menganggu kehidupan dan ekosistem sekitar pantai tersebut.