Brilio.net - Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau yang satu sama lain memiliki perbedaannya masing-masing. Perbedaan yang unik tersebut bisa jadi datang dari budaya, bahasa, hingga desain wilayah dan bangunan di daerah tersebut. Salah satu dari ribuan wilayah di Indonesia yang memiliki keunikan adalah desa Muara Enggelam.

Kira-kira, apa sih yang membuat desa ini tampak begitu berbeda hingga potret wilayahnya menjadi viral? Daripada makin penasaran, yuk intip keunikan desa ini sebagaimana dilansir brilio.net dari unggahan pemilik akun TikTok @ke.luarbentar pada Senin (29/5).

BERDIRI DI ATAS AIR

Berdiri di atas air © TikTok

foto: TikTok/@ke.luarbentar

Desa Muara Enggelam merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Muara Wis, kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Berbeda dengan kebanyakan wilayah lain di Indonesia, wilayah desa ini begitu terkenal karena tidak memiliki daratan di sekitarnya dan berdiri di atas lautan air yang begitu luas.

Desa yang berdiri di sekitar danau Melintang ini membuat seluruh perumahannya tersusun di sekitar tepi sungai dan danau. Meski begitu, seluruh perumahan ini tetap bisa terhubung dengan beberapa jembatan di antaranya.