PERAHU SEBAGAI TRANSPORTASI UTAMA

Berdiri di atas air © TikTok

foto: TikTok/@ke.luarbentar

Karena tidak memilik daratan, perahu dan sampan sederhana pun menjadi moda transportasi dan mobilisasi utama bagi masyarakat di daerah tersebut. Bagi warga yang ingin pergi ke masjid, sekolah, atau tempat umum lainnya, maka mereka perlu mendayung perahu atau sampan sederhana agar bisa sampai ke tujuan. Bahkan, saat salat Jumat dilangsungkan, kamu akan melihat begitu banyak perahu dan sampan terparkir di depan masjid yang juga berdiri di atas air tersebut.

BISA TERNAK KERBAU

Berdiri di atas air © TikTok

foto: TikTok/@ke.luarbentar

Meskipun dikelilingi lautan air yang begitu luas, rupanya ada banyak hal di luar dugaan yang bisa dilakukan oleh masyarakat daerah ini lho. Terlihat dari potret di atas, terdapat warga yang ternyata malah dengan tenang menggembalakan ratusan kerbau yang dimilikinya di sekitar danau Malintang tersebut.

Kedalaman air yang saat itu cukup dangkal, membuat kerbau tersebut dapat masuk dan berenang di sekitar danau. Sementara pemiliknya menggembalakan mereka sembari menaiki perahu.

Keistimewaan desa Muara Enggelam ini rupanya menarik antusiasme banyak warganet. Banyak yang memuji keindahan wilayahnya dan berharap suatu saat dapat berwisata mengunjungi desa di atas air tersebut.

"Keren nih, nggak ada yang adu kekayaan parkir mobil mewah," ujar akun @incessssss32.

"masyaAllah indahnya," puji akun @dyysukaaakeju.

"Adem ngeliatnya bersih," komentar akun @slyqueen_.

"Mau banget tinggal di sana," tulis akun @syakirah840.

@ke.luarbentar

Muara Enggelam selalu istimewa

golden hour - JVKE