Brilio.net - "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya." Itulah salah satu quote Ir Soekarno yang begitu familiar di telinga kita. Sebagai bangsa yang besar, sudah seharusnya kita tidak melupakan jasa para pahlawannya. Karena dari merekalah Kemerdekaan Indonesia ini didapat.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Tanpa jasa para pahlawan yang mau berjuang mempertaruhkan nyawa, Indonesia tak akan merdeka. Ya, bagi suatu bangsa negara, kemerdekaan adalah meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya. Sementara untuk seseorang, kemerdekaan bisa diartikan mendapat hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa dapat gangguan dari orang lain.

Nah, dalam beberapa hari ke depan bangsa Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 tepatnya pada 17 Agustus. Mungkin lewat quote tentang kemerdekaan, bisa meningkatkan rasa nasionalisme dan membuatmu terinspirasi perjuangan pahlawan yang penuh semangat.

Seperti berikut ini misalnya, beberapa quote tentang kemerdekaan yang bisa membakar semangat kamu untuk lebih mencintai Tanah Air. Cocok dibaca dan direnungkan kembali jelang 17-an nanti. Penasaran seperti apa?

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (5/8), berikut 85 quote tentang kemerdekaan, penuh semangat, motivasi, dan tumbuhkan jiwa patriotisme.