Brilio.net - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus sudah semakin dekat. Hari ulang tahun kemerdekaan adalah salah satu momen terbesar bagi bangsa Indonesia. Pada momen ini, seluruh masyarakat Indonesia akan menyambut secara antusias dan bangga. Hari Kemerdekaan menjadi bentuk rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia serta menjadi momen berharga untuk mengingat perjuangan para pahlawan dalam mengusahakan kemerdekaan bangsa ini.

77 Tahun sudah Indonesia merdeka, hal ini juga menjadi bentuk rasa syukur atas perjuangan yang telah dilewati. Tentu saja kini perjuangan masyarakat Indonesia bukan lagi melawan penjajah, melainkan berjuang mengisi kemerdekaan dengan berkarya dan semangat yang membara untuk memajukan bangsa.

Selain itu, kamu juga dapat mengisi kemerdekaan dengan memberikan semangat melalui kata-kata mutiara. Kata-kata ini membawa pengaruh yang positif dan menyadarkan masyarakat Indonesia untuk selalu menghargai jasa para pahlawan.

Kamu tak perlu bingung membuat kata-kata sendiri, seperti dilansir brilio.net telah merangkum kata-kata mutiara Hari Kemerdekaan RI ke-77, Sabtu (6/8).

Kata mutiara HUT RI ke-77 menyentuh hati.

Kata-kata mutiara Hari Kemerdekaan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. "Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan."

2. "Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri."

3. "Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkanlah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih adalah warna benderamu."

4. "Keindahan hidup itu bukan terletak pada puncak sebuah tujuan melainkan ketika kita berjuang untuk mewujudkan tujuan."

5. "Jadikan bahumu menjadi kokoh bak baja. Karena masih banyak saudara-saudara kita yang masih memerlukan tempat untuk bersandar. Selamat HUT RI ke-77!"

6. "Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Jepang, kemerdekaan ini tidaklah didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa."

7. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir. Putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh."

8. "Jangan pernah mengaku sebagai pemuda Indonesia jika tidak mau berjuang dalam mewujudkan cita-cita."

9. "Jika kamu pernah merasakan betapa pedih dan menderitanya di jajah oleh bangsa asing, maka kamu akan bisa menghargai setiap darah yang diteteskan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia."

10. "Stop membawa identitas bangsa lain, junjung tinggi identitas negeri kita tercinta!"

Kata-kata mutiara 17 Agustus penuh motivasi.

Kata-kata mutiara Hari Kemerdekaan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

11. "Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa."

12. "Momen bersejarah ini menjadi pelecut semangat bagi putra-putri Indonesia untuk terus maju, berkarya, mengukir prestasi, dan berinovasi demi Indonesia yang lebih baik."

13. "Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan kemiskinan dan ketidakadilan masih terus berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku."

14. "Kemerdekaan hanya dapat dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka atau mati."

15. "Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, banggalah menjadi Indonesia. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia!"

16. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."

17. "Untuk membangun negara yang demokratis maka satu ekonomi yang merdeka harus dibangun. Dirgahayu Indonesiaku."

18. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan untuk dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita."

19. "Sampai detik ini, perjuangan kita harus terus berlanjut meskipun terhalang berbagai rintangan diri. Ayo bersama membangun kesadaran berbudaya agar Indonesia bertumbuh lestari."

20. "Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

21. "Dari Sabang sampai Merauke, mari satukan semangat dalam perayaan HUT RI ke-77!"

22. "Darahmu tumpah di Tanah Pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia."

23. "Jangan membuat perbedaan menjadi alasan untuk bertengkar dan melemahkan rasa kasih sayang kita. Jadikanlah itu sebagai kekuatan. Selamat ulang tahun ke-77 Republik Indonesia."

24. "Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa kerja keras dan perjuangan yang gigih. Tidak ada kegigihan perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa. Dirgahayu Indonesia, merdeka!"

25. "Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, jasa yang punya tujuan 'Merdeka atau Mati'. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta."

26. "Negeri kita kaya-raya, Saudara-saudara. Berjiwa besarlah, berimajinasilah! Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia. Dirgahayu Indonesiaku."

27. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana, ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku."

28. "Semangat persatuan terus dikobarkan, 77 tahun Indonesia merdeka semoga jadi momentum kebangkitan kita semua! Dirgahayu Indonesiaku!."

29. "Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas."

30. "Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat Hari Kemerdekaan."

Kata-kata bijak 17 Agustus penuh arti dan makna.

Kata-kata mutiara Hari Kemerdekaan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

31. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang." - RA Kartini

32. "Suatu bangsa hanyalah menjadi kuat kalau patriotismenya meliputi patriotisme ekonomi. Ini memang jalan yang benar ke arah kekuatan bangsa, jalan yang jujur, jalan yang tepat. Dirgahayu Indonesiaku."

33. "Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh Tuhan memberikan cinta dalam hatimu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri."

34. "Kita hidup dalam dunia ketakutan. Kehidupan manusia saat ini berkarat dan terasa pahit karena ketakutan akan masa depan, takut akan bom hidrogen, takut akan ideologi. Mungkin ketakutan ini adalah bahaya yang lebih besar daripada bahaya itu sendiri, karena ketakutanlah yang mendorong manusia untuk bertindak bodoh untuk bertindak tanpa berpikir, untuk bertindak berbahaya."

35. "Jangan mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segitiga warna, selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk, pekerjaan kita belum selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat. Dirgahayu RI." – Soekarno

36. "Sang saka Merah Putih berkibar, tampak indah melambai-lambai, semangat juang kami terus berkobar, untuk gapai Indonesia makmur dan damai. Dirgahayu Indonesiaku."

37. "Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkan lah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih warna benderamu. Dirgahayu Indonesiaku."

38. "Negeri kita kaya, kaya-raya, Saudara-Saudara. Berjiwa besarlah, ber-imagination. Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia. Dirgahayu Indonesiaku."

39. "Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu-membahu mewujudkannya. Dirgahayu Indonesiaku."

40. "Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan." - Wiji Thukul

41. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku."

42. "Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Dirgahayu Indonesia."

43. "Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesiaku."

44. "Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

45. "Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat." - Mohammad Hatta

46. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT RI."

47. "Apa pun untuk memperoleh kemenangan, betapa canggihnya perlengkapan persenjataan, hal itu bukanlah ukuran karena tekad kuat merupakan modal utama dalam mencapai sebuah tujuan yang memang mulia. Dirgahayu Indonesiaku."

48. "Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, Jasa yang punya tujuan “Merdeka atau Mati", Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta. Dirgahayu Indonesiaku.”

49. "Merah darahku merupakan ungkapan jika semangat yang terus berkobar tak akan padam sampai pada tetesan darah terakhir. Putih tulangku merupakan mental baja yang tak akan pernah pudar walaupun panasnya peluru menembus tubuh kita yang renta. Dirgahayu Indonesiaku."

50. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."

(brl/jad)

(brl/jad)