Brilio.net - "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya." Itulah salah satu quote Ir Soekarno yang begitu familiar di telinga kita. Sebagai bangsa yang besar, sudah seharusnya kita tidak melupakan jasa para pahlawannya. Karena dari merekalah Kemerdekaan Indonesia ini didapat.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Tanpa jasa para pahlawan yang mau berjuang mempertaruhkan nyawa, Indonesia tak akan merdeka. Ya, bagi suatu bangsa negara, kemerdekaan ialah meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya. Sementara untuk seseorang, kemerdekaan bisa diartikan mendapat hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa dapat gangguan dari orang lain.

Nah, dalam beberapa hari ke depan bangsa Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 tepatnya pada 17 Agustus. Mungkin lewat quote tentang kemerdekaan, bisa meningkatkan rasa nasionalisme dan membuatmu terinspirasi perjuangan pahlawan yang penuh semangat.

Seperti berikut ini misalnya, beberapa quote tentang kemerdekaan yang bisa membakar semangat kamu untuk lebih mencintai Tanah Air. Cocok dibaca dan direnungkan kembali jelang 17-an nanti. Penasaran seperti apa?

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (4/8), berikut 85 quote tentang kemerdekaan, penuh semangat dan motivasi.

Quote tentang kemerdekaan, bakar semangat jiwa.

Quote tentang kemerdekaan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras."

2. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita."

3. "Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Belanda, kemerdekaan ini tidaklah didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa."

4. "Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir."

5. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita."

6. "Sekarang ini kewajiban kita sebagai anak bangsa adalah mengisi kemerdekaan itu, dengan mengharumkan NKRI, Merdeka!"

7. "Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak-banyak keringat."

8. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir, dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh."

9. "Jika kamu pernah merasakan betapa pedih dan menderitanya dijajah oleh bangsa asing, maka kamu akan bisa menghargai setiap darah yang diteteskan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia."

10. "Jangan pernah bermimpi untuk merdeka, ketika kalian sendiri malas untuk mengejarnya."

11. "Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita."

12. "Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan."

13. "Merdeka itu hak segala bangsa dan juga hak semua orang, padamkan kebencian antarbangsa dan ciptakan perdamaian antardunia."

14. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya, merdeka."

15. "Hidup ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka bersungguh-sungguhlah dalam berjuang."

16. "Keindahan hidup itu bukan terletak di dalam puncak sebuah tujuan melainkan ketika kita berjuang untuk mewujudkan tujuan."

17. "Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas."

18. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun dilautan yang dalam."

19. "Hidup ini keras, hanya orang yang kuatlah yang mampu bertahan. Hidup ini menyakitkan, hanya orang yang sabar dalam beramallah yang mampu membalikkan keadaan."

20. "Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa."

(brl/ola)