Brilio.net - Sebentar lagi warga Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada 17 Agustus 1945, ditandai dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ir Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat.

Seluruh masyarakat menyambut momen ini dengan meriah dan penuh suka cita. Biasanya masyarakat akan menghiasi daerahnya dengan ornamen-ornamen yang berbau 17-an, seperti memasang umbul-umbul, bendera, lampu hias, dan sebagainya. Tak hanya itu, masyarakat juga biasanya akan menggelar berbagai perlombaan dari mulai balap karung, panjat pinang dan lain sebagainya sebagai simbol perjuangan pahlawan untuk mendapatkan kemenangan.

Upacara bendera yang sakral juga akan dilaksanakan tepat tanggal 17 Agustus. Biasanya dalam acara kemerdekaan akan ada seseorang yang ditunjuk untuk memberikan pidato kemerdekaan. Nah jika kamu adalah orang tersebut, kamu harus mempersiapkan diri memberikan pidato terbaik. Nggak perlu pidato yang panjang lebar, kamu bisa memberikan pidato yang singkat supaya mudah dihafalkan.

Sebagai referensi, berikut contoh naskah pidato Kemerdekaan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (4/8).

1. Contoh pidato Kemerdekaan mengenang jasa pahlawan.

naskah pidato Kemerdekaan © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@bio.pahlawan.id

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 77 tahun kita merdeka dari penjajahan asing. Tak terasa pula negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini.

Seharusnya, peringatan Hari Kemerdekaan ini dapat dijadikan momen untuk merenungkan jasa dan perjuangan para pahlawan, sekaligus merenungkan kembali bagaimana kondisi negara ini, apakah merdeka yang dikatakan sudah sepenuhnya dirasakan, atau justru malah terjajah secara tidak langsung?

Sayangnya, momen Hari Kemerdekaan terjadinya hanya dirayakan dengan berbagai lomba dan acara panggung musik, padahal jika dicermati di antaranya tidak berhubungan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara ini.

Mungkin memang sah-sah saja mengadakan lomba atau panggung musik untuk merayakannya. Tetapi, lebih baik lagi jika hal tersebut bisa dijadikan sarana untuk merenungi bagaimana jasa para pahlawan serta kemerdekaan negara yang kita cintai ini.

Maka dari itu, di hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berhasil menghantarkan kemerdekaan negara ini sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat mulia ini. Selain itu, mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk membuat resolusi atau merencanakan kontribusi kecil apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, senantiasa agar negara ini damai.

Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga anak cucu kita kelak nanti. Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan pada pidato kali ini.

Semoga bermanfaat untuk hadirin sekalian. Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan tadi. Kesempurnaan hanyalah milik-Nya, salah serta dosa tak pernah luput dari kita.

Wassalamualaikum wr, wb.

2. Pidato Kemerdekaan di sekolah.

naskah pidato Kemerdekaan © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum wr, wb.

Kepada Bapak kepala sekolah yang terhormat

Kepada Ibu/Bapak Guru yang saya hormati

Serta rekan-rekan sekalian yang saya cintai

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat-Nya atas beribu nikmat dan hidayah-Nya lah kita dapat dikumpulkan bersama di ruang ini dalam keadaan sehat. Selawat serta salam semoga akan terus tercurahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW.

Sungguh di hari yang sangat bersejarah ini, saya diberi kesempatan agar dapat menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di sekolah yang kita cintai.

Hadirin yang berbahagia,

Setiap 17 Agustus, negeri kita berpesta untuk memeriahkan hari Kemerdekaan. 17 Agustus merupakan hari di mana seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan. Ucapan rasa syukur, bangga serta bahagia atas kedamaian negeri kita, Indonesia. Suara-suara pekikan merdeka bergema di setiap pelosok negeri, mengumandangkan, menyorakkan dan meneriakkan kemerdekaan dengan tegasnya, Merdeka, Merdeka, Merdeka!

Hadirin yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui, meraih kemerdekaan bukan hal yang mudah. Segalanya memerlukan perjuangan baik jiwa maupun raga.

Beribu tahun negeri kita telah dijajah, diinjak-injak dan dirampas kemerdekaannya dan kesejahteraannya oleh para penjajah yang kejam. Beribu kali peperangan, beribu nyawa serta beribu liter darah telah terkorbankan atas kebiadaban para penjajah.

Namun, bak ulat yang tak selamanya menjadi ulat, akhirnya para pahlawan berhasil meraih kemerdekaan. Jalan Pegangsaan Timur yang telah menjadi saksi bisu diumumkannya secara tegas proklamasi untuk pertama kalinya. Akhirnya para pejuang dapat mengibarkan sang saka Merah Putih dengan bangga diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hadirin yang berbahagia,

Semangat dan rasa nasionalisme yang tinggi dapat kita wujudkan dalam berbagai hal, namun hal yang paling pokok bagi kita sebagai pelajar adalah belajar, belajar, dan belajar agar kita dapat memberi kebanggaan kepada bangsa kita sehingga kita dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Belajar bukanlah hal yang sulit apalagi jika kita memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Maka dari itu marilah kita menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan ada manfaatnya bagi kita semua. Kurang lebihnya saya dalam bertutur kata, dengan kerendahan hati, semoga dapat dimaafkan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr, wb.

3. Contoh pidato Kemerdekaan di lingkungan rumah.

naskah pidato Kemerdekaan © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamu'alaikum wr, wb.

Bapak/Ibu serta seluruh warga yang saya hormati,

Pada malam hari ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan rahmat dan karunia-Nya, kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan sehingga dapat hadir pada malam hari ini, dalam rangka syukuran rangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus.

Hadirin sekalian yang saya cintai,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja sama dan berusaha melaksanakan segala serangkaian kegiatan sehingga dapat berjalan dengan baik.

Tak lupa, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan serangkaian acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini.

Semoga serangkaian acara yang telah terlaksana ini dapat mempererat tali silahturahmi dan memperkuat persatuan dan persaudaraan di antara seluruh warga.

Semoga semangat kemerdekaan dapat terus kita junjung dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga ingin mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap saling bekerja sama melakukan hal yang positif demi mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera.

Demikian sambutan yang bisa saya sampaikan pada acara malam syukuran peringatan kemerdekaan Indonesia tahun ini. Saya mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian.

Wassalamualaikum wr, wb.

4. Contoh pidato Kemerdekaan tentang sikap patriotisme.

naskah pidato Kemerdekaan © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya sampaikan yang terhormat pada Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu guru, staf, serta murid-murid yang saya sayangi.

Pertama marilah kita mengucapkan syukur pada Tuhan yang Maha Esa. Pasalnya pada siang ini kita masih diberi kesempatan untuk menghadiri acara ini.

Namun, kita tidak cukup hanya dengan merayakan kemerdekaan satu tahun sekali. Oleh karena itu, saya akan membahas tentang sikap patriotisme yang seyogianya dimiliki para pelajar.

Secara sederhana sikap patriotisme dapat dipahami sebagai kemauan untuk berkorban demi kejayaan Indonesia. Dalam praktiknya kita juga tidak perlu berperang melawan penjajah, tetapi sikap ini tetap dapat tercermin dari langkah-langkah dalam mengisi kemerdekaan.

Tidak hanya itu, sikap patriotisme juga dapat dilakukan di banyak bidang kehidupan.

Misalnya mau mengikuti upacara bendera pada hari besar Indonesia, melakukan bakti sosial sesuai protokol kesehatan, dan rajin belajar.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab apabila kita rela berkorban untuk melakukan ketiganya dengan ikhlas, maka kita turut andil membentuk Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Jadi, mari kita pupuk sikap patriotisme dalam kemerdekaan. Kemudian lakukan dengan ikhlas bersama-sama.

Demikin pidato yang dapat saya sampaikan tentang sikap patriotisme. Apabila terdapat salah kata, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh pidato Kemerdekaan untuk ketua panitia.

naskah pidato Kemerdekaan © 2022 brilio.net

foto: pinterest.com

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Ketua RT 09,

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan seluruh warga RT 09 yang saya hormati,

Pada hari yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah Swt karena atas rahmat dan karunia-Nya kita semua saat ini masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat hadir dan berkumpul pada hari yang berbahagia ini.

Kita juga dapat turut serta merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 pada 17 Agustus 2022 dengan penuh rasa syukur.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Perkenanankan saya yang mewakili seluruh rekan-rekan panitia acara Peringatan HUT ke-77 RI untuk mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh warga RT 09 yang turut ikut serta membantu dan memberikan dukungan, baik materi dan spiritual sehingga rangkaian acara 17 Agustusan yang diadakan dalam rangka merayakan dan memperingati HUT RI Ke-77 ini, mulai tasyakuran, lomba, panggung hiburan dapat berjalan dan dilaksanakan sesuai rencana dengan lancar.

Selanjutnya, terima kasih kepada para panitia yang turut bekerja sama, berusaha, dan melakukan semaksimal mungkin agar acara ini bisa terselenggara dengan baik dan lancar.

Terima kasih juga kepada seluruh warga RT 09 yang turut berpartisipasi dan memeriahkan rangkaian susunan acara dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI.

Tidak lupa juga kami ucapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya apabila masih terdapat kekurangan dalam persiapan dan pelaksanaan dari rangkaian acara kegiatan ini.

Semoga dengan lancarnya rangkaian acara yang terlaksana ini bisa meningkatkan persatuan, persaudaraan, dan makin mempererat tali silaturahmi yang terjalin di seluruh warga RT 09.

Semoga semangat positif persatuan kemerdekaan ini dapat terus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, di mana seluruh warga saling bekerja sama, bergotong royong melakukan hal positif untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera.

Demikian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apa jika ada kata-kata yang saya ucapkan tidak berkenan di hati para hadirin warga RT 09 sekalian, Dirgahayu Republik Indonesia, Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

(brl/jad)

(brl/jad)