Brilio.net - Hampir semua orang mungkin pernah berutang ataupun diutangi. Peristiwa tersebut wajar, mengingat semua orang pasti pernah merasakan kebutuhan mendesak. Nggak semua utang harus dipandang negatif. Ada beberapa kejadian utang yang masih wajar. Misalnya lupa bawa uang saat makan lalu berutang pada pemilik warung ataupun teman. Meski begitu, bukan berarti ini layak dijadikan suatu kebiasaan. Apalagi sampai nggak membayar utang tersebut.

Utang wajib dibayar. Maka, jangan sampai lupa ketika memiliki utang. Sayangnya, beberapa orang kadang pura-pura lupa akan utangnya dan memilih menghindar dari orang yang memberikan utang. Sementara itu, orang yang memberikan pinjaman terkadang sungkan untuk menagih. Sudah banyak cerita jika orang yang berutang sulit ditagih dengan berbagai alasan, bahkan bisa lebih galak daripada orang yang menagih haknya.

Nah, untuk mengingatkan seseorang akan utangnya, kamu bisa menagih utang dengan kata-kata yang lucu supaya ia tidak marah ketika ditagih. Meski kata-kata yang kamu lontarkan padanya adalah kata-kata lucu, tanpa disadari ia juga akan tersindir dan ingat pada utangnya. Berikut 75 kata-kata lucu nagih utang, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (19/10).

1. "Mau ngomong nggak enak, ditahan nyesek, apa itu? Mau nagih utang ke teman!"

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

2. "Zaman sekarang, yang diutangin lebih galak daripada yang mengutangi."

3. "Riset membuktikan, orang akan mulai amnesia jika ditanya soal utang."

4. "Kalau lagi butuh pinjaman, datangnya kayak kilat. Begitu ditagih, hilangnya kayak buronan."

5. "Kalau teman mau pinjem uang itu mukanya jadi beda yah. Kayak ada manis-manisnya gitu."

6. "Saat minjemin duit ke temen, gue dianggap malaikat penolong. Saat gue nagih, gue dianggap malaikat pencabut nyawa."

7. "Di saat nagih utang ke orang lalu bilang tidak ada uang, di situ kadang saya merasa sedih."

8. "Lebih baik pergi tidur tanpa makan malam daripada bangun tidur dengan utang." - Benjamin Franklin

9. "Beberapa orang terjebak dalam kebahagiaan pamer di sosial media, sampai lupa tumpukan utang di dunia sosial yang nyata." - Boy Candra

10. "Yang aku bayar pada tukang pecel hanyalah biaya produksi, waktu, dan tenaganya. Rasaku ketika makan pecel dan berbagai sensasinya tak terbayar. Itulah utang rasa." - Sujiwo Tejo

11. "Mantan kekasih persis seperti utang. Kita tidak pernah betul-betul melupakannya. Kita hanya selalu pura-pura melupakannya."

12. "Jangan karena utang, rezeki orang terhalang."

13. "Jangan pernah malu menagih utang. Justru kalau kita sayang kepada orang yang berutang, maka hendaknya kita menagih utang tersebut darinya."

14. "Cari pertolongan itu kepada Tuhan, bukan kepada utang."

15. "Manusia lebih sulit melupakan piutang, namun mudah melupakan utang."

16. "Bagi jiwa yang agung, utang yang paling berat adalah ketidakmampuan membalas budi yang pernah diterimanya dari orang lain."

17. "Janji adalah utang. Dan utang tetaplah utang, yang harus dibayar kembali suatu saat nanti." - Emma Grace

18. "Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mengembalikan utang."

19. "Dilan, yang berat itu bukan rindu, tapi nagih utang!"

20. "Malu itu di saat kita banyak gaya, padahal utang di mana-mana. Sering posting jalan-jalan tapi bayar utang kapan-kapan."

21. "Membeli barang dengan utang memang bikin gaya, tapi tidak kaya."

22. "Utang itu wajib dibayar, kalau yang nggak wajib dibayar itu cintaku ke kamu."

23. "Kamu itu orangnya jarang ngomong, tapi sekalinya ngomong, minjem duit."

24. "Pacar ganteng doang, punya banyak utang."

25. "Minjemnya melas-melas, bayarnya males-males."

26. "Minum kopi bikin tenang, bayar utang lebih tenang."

27. "Kalau mau pamer apa-apa di internet atau media sosial pastiin dulu kamu gak punya utang sama orang yang ada di friendlist-mu."

28. "Walaupun Anda akan menjadi miskin dengan membayar utang, itu lebih baik daripada mati dalam utang."

29. "Kamu tidak akan pernah aku lupakan dalam hidupku, karena kamu masih punya utang kepadaku."

30. "Jangan meminjam berharap sambil diberikan. Kembalikan sesuai janji. Usahakan sesuai kata yang telah disepakati."

Kata-kata lucu nagih utang bikin kesindir.

Kata-kata lucu nagih utang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@june_abdullah_rachman_romlih

31. "Ketika seseorang berusaha menjauh dari Anda, jangan biarkan sebelum ia melunasi utang-utangnya."

32. "Sahabat adalah dia yang mau minjemin uang, tapi tidak mau dibayar."

33. "Uang itu ibarat mantan, sulit dilupakan".

34. "Cara terbaik dan mudah untuk membuat orang mengingat Anda adalah pinjamlah uang mereka".

35. "Nagih utang, tapi ngemisnya kayak kita yang mau ngutang."

36. "Jangan karena utang rezeki orang terhalang."

37. "Sekarang zamannya yang diutangin lebih keliatan mewah daripada yang ngutangin."

38. "Hanya minta haknya namun seperti mengemis. Untuk kamu yang telah berutang ketahuilah bahwa kamu telah mengambil hak saudaramu jika tidak segera membayarnya."

39. "Ngelunasin utang dengan arisan, jelas lebih fardhu ngelunasin utang. Jangan banyakin arisan kalau masih nunggak lunasin utang."

40. "Jangan sampai utang merusak pertemanan atau bahkan keluarga."

41. "Lebih baik di-ghosting gebetan, daripada di-ghosting tukang utang."

42. "Katanya bayar besok, pas ditagih besok katanya bulan depan. Gitu aja terus sampai dompet kamu jamuran."

43. "Kalau lagi butuh duit, deketin. Kalau ditagih, ngejauhin."

44. "Kamu lama-lama kayak siluman ya, tiba-tiba hilang ketika aku datang."

45. "Menuhin gengsi pakai hasil utang, kok bisa ya hatinya tenang?"

Kata-kata lucu nagih utang bikin ketawa sinis.

Kata-kata lucu nagih utang © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nitha_purwono

46. "Percuma mobil gonta-ganti, pas ditagih utang malah lari."

47. "Duit hasil utang emang bikin senang, tapi lama-lama bikin nggak tenang."

48. "Manusia lebih sulit melupakan piutang, namun mudah melupakan utang."

49. "Membeli barang dengan utang memang bikin gaya, tapi tidak kaya."

50. "Jangan berjanji, kalau tidak mau diingatkan. Jangan berutang, kalau tidak mau ditagih."

51. "Bermudah-mudahan berutang akan mudah menghasilkan dosa selanjutnya. Niat jelek tidak akan bayar. Niat bayar tidak tepat waktu. Bohong akan bayar tepat waktu. Merusak hangatnya persaudaraan. Muncul saling curiga. Memutus silaturahmi karena malas berjumpa. Pinjaman riba bank."

52. "Nagih utang, Senin ditagih jawabnya "Ok", Selasa ditagih jawabnya "Iya", Rabu ditagih jawabnya "Bentar", Kamis ditagih jawabnya "Sore", Jumat ditagih jawabnya "Besok", Sabtu dan Minggu ditagih jawabnya "Bank tutup!" Kesimpulannya: "Janji adalah utang dan utang membuat banyak janji!"

53. "Jangan lupa bayar utang karena semua dosa diampuni kecuali utang. Orang yang mati syahid diampuni semua dosanya kecuali utang." - HR Muslim

54. "Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mengembalikan utang."

55. "Setiap utang yang kita miliki adalah sebuah janji yang harus kita lunasi sampai akhir hayat."

56. "Buat apa punya credit card kalau nggak boleh utang?" - Nurilla Iryani

57. "Utang seperti api. Makin besar utang makin mungkin utang tersebut membakar dan menyiksamu."

58. "Aku tahu kamu perlu duit, ya sama aku juga iya. Makanya balikin!"

59. "Utang akan menyeret orang yang miskin menjadi lebih miskin dan tersiksa."

60. "Hidupmu akan berubah lebih baik jika kamu bersedia mengubah dirimu terlebih dahulu."

61. "Tidak ada jalan pintas ketika harus keluar dari jeratan utang." - Dave Ramsey

62. "Utang adalah biaya hidup masa depan yang kau pakai hari ini. Tabungan adalah biaya hidup masa depan yang sudah kau miliki hari ini." - Harry Slyman

63. "Derita adalah momentum membayar utang. Siapa saja yang melawan, tidak saja gagal membayar utang, ia malah menciptakan utang yang baru." - Gede Prama

64. "Jangan pernah berutang, jika utang itu hanya untuk membuat Anda seakan-akan terlihat lebih sukses dari orang-orang di sekeliling Anda, karena inilah yang dimaksud dengan hidup di dalam ilusi." - Joe Hartanto

65. "Berhati-hatilah kamu dalam berutang, sesungguhnya utang itu mendatangkan kerisauan di malam hari dan menyebabkan kehinaan di siang hari." - HR. Baihaqi

66. "Pinjamnya nangis-nangis, giliran ditagih malah gue yang nangis."

67. "Kamu kalau ngutang, mau aku yang nagih atau malaikat yang nagih?"

68. "Janji adalah utang. Jadi kalau banyak utang, bayarlah dengan jani-janji."

69. "Utang itu berat kawan, karena di akhirat nanti tak ada rupiah yang membayarnya." - Azalea Husin

Kata-kata lucu nagih utang bahasa Jawa.

Kata-kata lucu nagih utang © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

70. "Sing penting gaya disek, perkoro duit ki gampang, golek utangan".

(Yang penting sombong dulu, masalah uang itu gampang, cari utang)

71. "Wong jowo kui joss, bensin dadi bengsin, coklat dadi soklat, sayur dadi jangan, utang dadi lali".

(Orang Jawa itu joss, bensin jadi bengsin, cokelat jadi soklat, sayur jadi jangan, utang jadi lupa)

72. "Kula ngertos nek rezeki niku mung titipan. Tapi Gusti, mbok nek nitip kathah sekedhik".

(Saya tahu kalau rezeki itu cuma titipan. Tapi Tuhan, kalau nitip yang banyak aja)

73. "Dompetku koyo brambang, nek dibuka marai brebes mili mripate".

(Dompetku seperti bawang, kalau dibuka bikin nangis)

74. "Waktu adalah uang, nek kancamu mbok jek raiso berarti lagi ra due duit".

(Waktu adalah uang, kalau temanmu diajak pergi tidak bisa berarti lagi gak punya uang)

75. "Meh nagih utang, lah kok sing diutangi glibet wae."

(Mau nangih utang, kok yang diutangi menghindar terus)

(brl/red)

(brl/red)