Brilio.net - Masjid sebagai pusat spiritual dan komunal bagi umat Islam di seluruh dunia, telah menjadi simbol keberagaman budaya dan arsitektur. Namun, dalam perjalanan sejarahnya, konsep masjid telah berkembang lebih dari sekadar struktur fisik di permukaan bumi. Berabad-abad yang lalu, masyarakat muslim memperluas batas-batas konvensional dan membawa ruang ibadah mereka ke dalam dimensi yang tidak terduga, termasuk di bawah tanah. Seperti yang dilansir oleh brilio.net, Rabu (27/3) melalui akun TikTok @kelincitambang yang membagikan potret masjid di dalam perut bumi.

Terlihat dalam video yang berdurasi 17 detik, pemilik akun membagikan suasana masjid di dalam perut bumi tersebut. Bernama Masjid Al Baabul Munawwar, masjid ini terletak pada kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan bumi. Diketahui, masjid tersebut merupakan milik PT. Freeport Indonesia yang berada di Papua dan pernah mendapatkan piagam oleh MURI sebagai masjid terdalam di Indonesia. Hal tersebut bisa diketahui melalui banner berwarna biru yang terpasang di samping masjid.

Meskipun di kedalaman 1.760 meter, ternyata masjid ini memiliki tempat yang luas untuk beribadah dengan dilengkapi karpet hijau khas masjid pada umumnya. Namun tempat salat ini memiliki langit-langit berupa batu yang memberi kesan seperti sedang beribadah di dalam sebuah goa, namun memiliki penerangan yang sangat memadai. Agar kamu tidak semakin penasaran dengan penampakan Masjid Masjid Al Baabul Munawwar, brilio.net merangkum dari akun TikTok @kelincitambang, 7 potret masjid bawah tanah di tambang emas Papua.

1. Dipenuhi dan identik dengan warna hijau dan putih, serta memiliki tulisan "DEEP MILL LEVEL ZONE UNDERGROUND MINE" di bawah nama masjid.

7 Potret masjid bawah tanah di tambang emas © TikTok

foto: TikTok/@kelincitambang

2. Memiliki halaman masjid yang persis seperti sebuah goa, namun memiliki penerangan yang cukup.

7 Potret masjid bawah tanah di tambang emas © TikTok

foto: TikTok/@kelincitambang

3. Terdapat tempat wudhu di halaman masjid, dengan dinding berupa kawat dan bahan material yang melapisinya.

7 Potret masjid bawah tanah di tambang emas © TikTok

foto: TikTok/@kelincitambang