Brilio.net - 10 Dzulhijjah merupakan peringatan Hari Raya Idul Adha. Pada 2020, Idul Adha sudah memasuki 1441 Hijriyah.

Pada hari istimewa ini, umat Islam melaksanakan salat Idul Adha. Kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Setelah itu hasil sembelihan kurban pun dibagikan kepada orang yang berhak.

Di balik inti dari berkurban adalah hati yang ikhlas. Sesuai tuntunan, zaman dulu Nabi Ibrahim AS rela iklhas saat diperintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Ismail. Karena keikhlasannya, Allah SWT kemudian menggantikan Ismail sesaat sebelum disembelih dengan hewan kurban. Maka sebab itu, tradisi menyembelih hewan kurban pun dilakukan sampai saat ini.

Di satu sisi, kurang afdhol rasanya kalau pada hari nan berkah ini kamu tidak saling memaafkan dengan sesama. Karena setiap perbuatan baik, pasti akan mendapatkan pahala besar. Begitu pula dengan mengucapkan selamat Idul Adha dan meminta maaf kepada sesama muslim.

Mengucapkan selamat Idul Adha mengandung kelebihan, yaitu berarti kamu turut menyebarkan hal-hal kebaikan.

Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/7) kata-kata mutiara indah ucapan Idul Adha 1441 H.

Kata-kata mutiara ucapan selamat Idul Adha 2020, penuh makna.

mutiara Idul Adha 1441 instagram

foto: Instagram/@amelina_dg

Saat hari raya, sudah menjadi kebiasaan bersilaturahmi. Selain bisa diucapkan langsung, kamu bisa mengirimkannya melalui pesan pribadi.

1. "Ketika tangan tak mampu berjabat, kaki tak dapat melangkah, hanya hati yang mampu berbisik. mohon maaf dari kesalahan. Selamat hari raya Idul Adha."

2. "Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. Semoga kita bisa memaknai pengorbanan dan keikhlasan di hari yang suci ini."

3. "Di hari penuh makna serta kerinduan untuk saling bertemu dan berkumpul bersama keluarga seperti sekarang, saya ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. Semoga keberkahan senantiasa menyertai kita semua."

4. "Setiap satu helai rambut kurban adalah satu kebaikan." -HR. Ahmad dan Ibn Majah

5. "Pada kesempatan yang menggembirakan ini, izinkan saya mengucapkan harapan serta doa bagi kita semua. Semoga kebahagiaan serta rahmat dari Allah SWT selalu membanjiri, sehingga kita akan terus bersyukur dan terus bertakwa pada-Nya. Selamat merayakan Idul Adha 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin."

6. "Memaafkan memang tidak akan bisa mengubah masa lalu, tetapi dengan memaafkan, masa depan yang penuh dengan persaudaraan akan terlahir. Semoga di hari yang agung ini, kita dapat saling memaafkan dan di limpahi semua keberkahaan. Selamat Idul Adha 2020/1441 H."

7. "Awali kurban dengan senyum dan bahagia layaknya mereka yang bahagia menerima pemberian darimu. Selamat hari raya Idul Adha 1441 H."

8. "Kurban adalah pertanda cinta. Cinta kepada Allah dan sesama. Selamat hari raya Idul Adha 2020 10 Dzulhijjah 1441 H."

9. "Bukan kambing ataupun sapi yang menjadi esensi dari hari raya kurban, tetapi kerendahan hati dan keikhlasan, itulah makna kurban yang sesungguhnya."

10. "Biarkan Idul Adha yang istimewa ini menghiasi hidup Anda dengan warna-warna surga."

11. "Semoga Allah SWT menerima amalku dan amalmu serta mengampuni semua dosa-dosa yang pernah diperbuat. Selamat hari raya Idul Adha 1441 H."

12. "Orang yang lemah tidak mampu memaafkan, karena memaafkan hanyalah milik orang orang yang kuat, selamat hari raya Idul Adha mohon maaf lahir dan batin."

13. "Walaupun tahun ini cukup berbeda dengan hari raya sebelumnya, ketika jarak semakin dibatasi namun hati dan keikhlasan tidak terbatas. Kini saatnya semakin mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa. Di hari yang suci ini tak ada salahnya untuk saling menyapa dan memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H."

14. "Indahnya kata maaf dapat membuat hati berbunga, maka saya sampaikan mohon maaf lahir batin. Selamat Idul Adha agar Lebaran kali ini kita selalu dihiasi oleh momen yang berbunga-bunga juga."

15. "Semoga keikhlasan dan kebahagian menyertai kita semua dalam berkurban. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H."

16. "Keikhlasan nabi Ibrahim diganti oleh Allah SWT dengan begitu banyak berkah. Semoga nabi Ibrahim bisa menjadi inspirasi kita untuk selalu ikhlas dan takwa kepada Allah SWT. Selamat Idul Adha 2020."

17. "Selamat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah. Semoga semangat berkurban kita, memperkuat keimanan dan rasa kemanusiaan kita."

18. "Kami sekeluarga mohon maaf lahir-batin. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. Semoga perjalanan hidup kita semakin mudah dengan rezeki yang cukup dan berkah. Salam untuk keluarga."

19. "Makna Idul Adha adalah semangat kita dalam berkurban, harapan kita akan ampunan, serta keteguhan kita dalam beriman. Selamat Hari Raya Idul Adha untuk kamu dan keluarga di rumah."

20. "Kala sa'i adalah harapan, putaran thawaf adalah cermin penghambaan. Di kala wukuf menjadi wujud ketundukan, serta lemparan jumrah adalah perjuangan. Dengan takbir digemakan, Selamat Idul Adha 1441 H."

Kata-kata mutiara ucapan Idul Adha 1441 H, syahdu dan indah.

mutiara Idul Adha 1441 instagram

foto: Instagram/@desiokta12

Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang ikhlas. Tanamkan perasaan suka cita saat kamu berkurban.

21. "Nabi Ibrahim menjadi inspirasi kita dalam momen Idul Adha ini. Keikhlasannya diganti oleh Allah SWT dengan begitu banyak berkah. Semoga kita semua bisa melakukan hal yang sama di tahun ini. Selama menyambut Idul Adha 1441 H."

22. "Perayaan Idul Adha kembali saling mendekatkan kita. Saatnya meminta doa, bersama memohon harapan agar tahun ini amal ibadah kita bisa diterima. Selamat Idul Adha."

23. "Gema takbir sudah terdengar mengudara, mengagungkan kebesaran Allah SWT, tak terasa hari esok akan memasuki hari yang besar. Maafkanlah jika diri ini begitu rendah dan sering kali bersalah. Semoga di hati yang suci ini kita senantiasa dapat saling bermaafan."

24. "Ya Allah jadikanlah tiap helaan napas kami sebagai bukti cinta kepada-Mu. Jadikanlah kurban kami sebagai jalan panjang mendekati-Mu. Selamat hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah."

25. "Mata, mulut, dan tindakan mungkin pernah berbuat salah. Pada momen ini dengan kerendahan hati saya memohon maaf agar kita bisa hidup saling berbagi kebahagiaan."

26. "Selamat berbagi dan berkurban. Semoga berkah dan menjadi momentum menyambung silaturahim."

27. "Takbir berkumandang. Mengagungkan kebesaran-Nya. Maafkan aku ya kawan-kawan. Selamat hari raya Idul Adha 1441/2020."

28. "Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. Semoga ibadah kurban membawa keberkahan bagi semuanya."

29. "Selamat Idul Adha 1441 H, Semoga di hari yang suci ini membuat hati kita semakin ikhlas menerima semua cobaan di masa-masa terberat seperti saat ini."

30. "Bukan menyoal kambing atau sapi yang kamu kurbankan, tetapi soal keikhlasan memohon ridha dari Allah SWT. Dengan kerendahan hati, saya pun memohon maaf agar Lebaran tahun ini menjadi pengingat kita selalu ikhlas dan rendah hati."

31. "Tangan telah bergerak, kata telah terucap, dan prasangka telah terungkap. Tiada kata, selain maaf yang bisa dikuberikan. Semoga kita semua bisa mendapatkan kemenangan yang hakiki pada Lebaran tahun ini."

32. "Mari jabat tangan penuh kasih serta eratkan tali silaturahmi. Minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat hari raya Idul Adha 1441 H."

33. "Selembut sutera, sebening mata embun, secerah mentari, dan seindah permata, begitulah gambaran hati ini saat dirimu memaafkanku. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin."

34. "Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga coretan kata ini mampu menjadi jembatan di hari penuh kemenangan. Taqabbalallahu minna wa minkum."

35. "Terima kasih telah mengingatkan masa muda ku sebelum masa tua, masa sehatku sebelum masa sakit, dan masa hidupku sebelum kematian menjemput. Mohon Maaf Lahir dan Batin."

36. "Air wudu basahi wajah. Tunaikan salat adalah ibadah. Di hari raya Idul Adha 1441 H. Semoga sambut bahagia berlimpah."

37. "Waktu mengalir bagaikan derasnya air, tak terasa setahun sudah kita menanti hari penuh kemenangan dan keikhlasan ini. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H, mohon maaf lahir dan batin."

38. "Bila kamu bahagia, tersenyum dan rayakan. Tapi saat kamu sedang sedih, sekali lagi rayakan untuk membawa senyuman kepada orang lain. Selamat Idul Adha."

39. "Satu titik dua koma, kambing cantik untuk kurban ya. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin."

40. "Idul Adha mengajarkan kita untuk senantiasa berkurban dan ikhlas, Semoga itu selalu mengiringi setiap langkah kehidupan kita."

Kata-kata ucapan selamat Idul Adha 1441 H, bikin hati adem.

mutiara Idul Adha 1441 instagram

foto: Instagram/@amelina_dg

Jika ada salah kata dan perbuatan, hendaknya kamu minta maaf. Apabila ada orang yang punya kesalahan kepadamu, maafkanlah dia.

41. "Kurban lebih berarti jika dilakukan untuk berbagi. Dan bukan untuk pribadi. Selamat Hari Idul Adha."

42. "Kala tetesan air mata Ibrahim jatuh menyaksikan keteguhan iman anaknya Ismail, kala itulah sejarah agung tercipta. Selamat Hari Raya Idul Adha."

43. "Semangatmu dalam berkurban, harapanmu akan ampunan, dan keteguhanmu dalam beriman, itulah makna Idul Adha."

44. "Fitrah sejati dalam tiap diri manusia ialah memuja setiap asma Allah. Jangan lupakan syariatnya dan tanamkan kuat dalam jiwa. Agar tak cepat buat berbagai dosa dan berjalan teguh pada ajarannya. Selamat Idul Adha 2020/1441 Hijriyah."

45. "Selamat Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1441 H. Semoga hikmah kurban senantiasa membawa ketulusan dan kebersihan hati bagi kita semua."

46. "Bila kata merangkai dusta. Bila langkah membekas lara. Bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka. Mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Adha 2020/1441 Hijriah."

47. "Hidup adalah timbal balik. Apa yang kamu berikan akan kembali, apa yang kamu tanam akan tumbuh, dan apa yang kamu kurbankan akan berbuah pahala. Selamat berkurban dan mohon maaf lahir dan batin."

48. "Orang yang mulia adalah orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain, bersihkan diri, dan sucikan hati. Selamat hari Raya Idul Adha."

49. "Kala kamu memanjatkan doa pada Idul Adha, aku berharap kekuatan sejati dari kesempatan ini mengisi hatimu dengan kebahagiaan dan kegembiraan. Selamat Idul Adha."

50. "Indahnya kata karena lisan, indahnya taman karena bunga. Indahnya kerabat karena bermaafan, indahnya Lebaran karena kuucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H, mohon maaf lahir dan batin."

51. "Hari raya tiba. Saatnya kita bersuka cita menyambut Idul Adha. Rayakan bersama keluarga dengan penuh kehangatan. Mohon maaf lahir batin."

52. "Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah! Semoga segala hal baik yang telah kita korbankan, dapat memberi manfaat untuk kebahagiaan orang lain."

53. "Naik unta untuk pergi haji, berbekal iman serta ketakwaan. Idul Adha adalah waktu untuk berbagi, lambang ukhuwah dan persaudaraan. Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H, mohon maaf lahir dan batin."

54. "Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H/ 2020. Semoga Allah menerima amalan saya dan amalan kamu semua."

55. "Ayam berkokok menyambut pagi, tunaikan salat Idul Adha bersama sanak saudari. Keberkahan pagi nan suci, semoga Hari Raya Idul Adha 1441 H ini selalu memberi arti."

56. "Dalam setiap kebersamaan penuh senyum dan tawa, dalam setiap untaian doa, dalam setiap kesempatan yang datang menyapa, semoga Allah memberkahimu. Selamat Hari Raya Idul Adha 2020."

57. "Belajarlah dari masa lalu dan hiduplah untuk masa depan. Jika masa lalu penuh dengan kesalah, maka perbaikilah dengan memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Adha 2020."

58. "Hidup adalah sebuah pencarian. Labuhkan pencarian hidupmu hanya pada Yang Maha Kekal, meski penuh pengorbanan. Layaknya pencarian dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang hanif. Selamat hari raya Idul Adha."

59. "Mata dapat salah lihat. Telinga dapat salah dengar. Mulut dapat salah bicara. Hati dapat salah sangka. Untuk itulah, maafkanlah kesalahanku. Selamat Iduladha 1441/2020."

60. "Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H, semoga amal ibadah dan kurban kita diterima oleh Allah SWT."