Brilio.net - Peribahasa "tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China" sudah tak asing di telinga semua orang. Hal ini mengungkapkan betapa pentingnya ilmu pengetahuan bagi semua orang. Dengan ilmu yang kamu miliki, juga dapat digunakan untuk meraih apa yang kamu cita-citakan selama ini.

Setiap orang pastinya memiliki mimpi yang akan membuat kita bisa mengetahui kemana langkah kamu harus tertuju. Sebab tanpa mimpi dan tujuan, hidup akan hambar dan tak memiliki arah. Tentunya dalam menggapai mimpi ini juga harus diikuti dengan proses belajar secara konsisten dan terus-menerus.

Tetapi terkadang rasa malas malah jadi hambatan kamu dalam belajar. Rasa malas memang wajar terjadi pada siapa saja, namun hal ini harus cepat diatasi. Sebab sebuah mimpi bukan hanya angan-angan, yang bisa dicapai dengan instan tapi juga dibutuhkan kerja keras.

Ya ketika rasa malas, kantuk, dan lebih tertarik dengan hal-hal lain, kamu bisa menyiasatinya dengan istirahat sebentar. Kamu juga bisa bercerita pada orang terdekat mengenai permasalahan dan keluhan yang kamu rasakan saat ini. Mungkin dengan cara itu seseorang yang mendengarkan keluh kesahmu akan memberikan motivasi dan dorongan untukmu dalam mencapai mimpi.

Nggak ada salahnya juga kamu bisa membaca kata-kata motivasi belajar dari para tokoh terkenal, yang mungkin bisa mendorong kamu dalam raih mimpi. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12), 60 kata-kata motivasi belajar, agar semangat raih mimpi.

Loading...

Kata-kata motivasi belajar dari tokoh terkenal.

60 Kata-kata motivasi belajar, agar semangat raih mimpi freepik.com

foto: freepik.com

1. "Pendidikan adalah senjata, efeknya tergantung pada siapa yang memegang di tangannya dan pada siapa itu ditujukan." (Joseph Stalin)

2. "Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan." (Tan Malaka)

3. "Adalah baik untuk merayakan kesuksesan, tapi hal yang lebih penting adalah untuk mengambil pelajaran dari kegagalan." (Bill Gates)

4. "Kejeniusan tanpa pendidikan adalah ibarat perak di dalam tambang." (Benjamin Franklin)

5. "Berpikir adalah kegiatan tersulit yang pernah ada. Oleh karena itu hanya sedikit yang melakukannya." (Henry Ford)

6. "Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidu." (Martimer Adler)

7. "Berpikir adalah kegiatan tersulit yang pernah ada. Oleh karena itu hanya sedikit yang melakukannya." (Malcolm X)

8. "Belajar memang bukan satu-satunya tujuan hidup kita. Tetapi kalau itu saja kita tidak sanggup atasi, lantas apa yang akan kita capai." (Shim Shangmin)

9. "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan." (Mario teguh)

10. "Engkau berpikir tentang dirimu sebagai seonggok materi semata, padahal di dalam dirimu tersimpan kekuatan tak terbatas." ( Ali Bin Abi Thalib RA)

11. "Pendidikan itu mengobarkan api, bukan mengisi bejana." (Socrates)

12. "Berikan seorang pria semangkuk nasi dan Anda akan memberinya makanan untuk sehari. Ajarkan seorang pria memelihara padi dan Anda akan memberinya makanan seumur hidup." (Confusius)

13. "Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh." (Albert Einstein)

14. "Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidup." (Martimer Adler)

15. "Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Jika kamu tidak bertanya maka jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak melangkah maju, kamu akan tetap berada di tempat yang sama." (Nora Roberts)

16. "Bekerja keras sekarang, merasakan hasilnya nanti. Bermalas-malasan sekarang, merasakan akibatnya nanti." (John C. Maxwell)

17. "Salah satu tujuan pendidikan adalah mengajarkan bahwa hidup itu berharga." (Abraham H. Maslow)

18. "Sekolah maupun kuliah tidak mengajarkan apa yang harus kita pikirkan dalam hidup ini. Mereka mengajarkan kita cara berpikir logis, analitis dan praktis." (Azis White)

19. "Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong. Pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran." (W.B Yeats.)

20. "Jangan buang hari ini dengan mengkuatirkan hari esok. Gunung pun terasa datar ketika kita sampai ke puncaknya." (Phi Delta Kappan)

Kata-kata motivasi belajar singkat.

60 Kata-kata motivasi belajar, agar semangat raih mimpi freepik.com

foto: freepik.com

21. "Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia. Karena dengan pendidikan, Anda dapat mengubah dunia." (Nelson Mandela)

22. "Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka terpaksa." (Arthur Wellesley)

23. "Tak ada jalan pintas ke tempat yang layak dituju." (Beverly Sills)

24. "Apa yang aku ingat tentang sekolah adalah kenangan-kenangan yang aku buat bersama teman-teman." (J. J. Watt, Atlet American Football)

25. "Persiapkan hari ini sebaik-baiknya untuk menghadapi hari esok yang baru."

26. "Kalau mau menunggu sampai siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu." (Lemony Snicket)

27. "Sebuah perjalanan ribuan mil dimulai dari langkah kecil."

28. "Fokuslah menjadi produktif, bukan sekadar sibuk saja." (Tim Ferris)

29. "Kebesaran sebenarnya dapat ditemukan dalam hal hal kecil yang terkadang kita lewatkan."

30. "Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya." (Mahatma Gandhi)

Kata-kata motivasi belajar dalam bahasa Inggris.

foto: freepik.com

31. "Do your best at every opportunity tahat you have." (Lakukan yang terbaik di semua kesempatan yang kamu miliki.)

32. "Stop wishing. Start doing." (Berhenti berharap, mulailah bertindak.)

33. "Never lost hope, because it is the key to achieve all your dreams." (Jangan pernah kehilangan harapan, karena itu adalah kunci untuk meraih semua mimpimu.)

34. "Your biggest weakness is when you give up and your greatest power is when you try one more time." (Kelemahan terbesarmu adalah ketika kamu menyerah dan kehebatan terbesarmu adalah ketika kamu mencoba sekali lagi.)

35. "You are never too old to learn." (Tidak ada kata tua untuk belajar.)

36. "Practice makes us right, repetitions make us perfect. (Praktek membuat kita benar, pengulangan membuat kita sempurna)

37."Do not ever give up, the beginning is always the hardest." (Jangan pernah menyerah, memulai adalah selalu hal yang tersulit.)

38. "A little progress each day in your self is ads thing up to big result." (Sedikit kemajuan setiap hari di dalam dirimu menambah sesuatu hingga hasil yang besar.)

39. "Don't be afraid to move, because the distance of 1000 miles starts by a single step." (Jangan takut melangkah, karena jarak 1000 mil dimulai dari satu langkah.)

40. "It is what we know already that often prevents us from learning." (Hal-hal yang kita ketahui seringkali membuat malas belajar.)

41. "If we never try, we will never know." (Jika kita tidak pernah mencoba, maka kita tidak akan pernah tahu).

42. "Never lose hope, because it is the key to achieve all your dreams." (Jangan pernah kehilangan harapan, karena itu adalah kunci untuk meraih semua mimpimu).

43. "Struggle that you do today is the single way to build a better future." (Perjuangan yang kamu lakukan hari ini merupakan cara untuk membangun kualitas yang lebih baik di hari esok).

44. "If plan A didn't work, the alphabet still has 25 more letters." (Jika rencana A tidak berhasil, abjad masih memiliki 25 huruf lainnya).

45."If the plan doesn't work, change the plan but never the goal." (Rencananya yang tidak berhasil, rubah rencananya namun jangan pernah merubah tujuannya.)

46. "There is no elevator to success. You have to take the stairs." (Tidak ada lift untuk mencapai kesuksesan. Kamu harus menaiki tangga.)

47. "If opportunity does not come to you, then create it." (Jika kesempatan tidak menghampirimu, maka ciptakanlah).

48. "Success is an achievement that comes after the failures." (Kesuksesan merupakan sebuah pencapaian yang datang setelah kegagalan).

49. "Failures are your best teacher. Learn from them." (Kegagalan adalah guru terbaikmu. Belajarlah dari mereka).

Kata-kata motivasi belajar dalam bahasa Arab.

60 Kata-kata motivasi belajar, agar semangat raih mimpi freepik.com

foto: freepik.com

50. "Man jadda wajada." (Barang siapa bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapatkan kesuksesan.)

51. "Laulal ilma lakaanannaasu kal bahaaim." (Kalaulah tidak karena ilmu niscaya manusia itu seperti binatang.)

52. "At ta'alumu fishogiri kannaqsyi alal hajari." (Belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu.)

53. "Khoiru jaliisin fii az zamaani kitaabun." (Sebaik-baik teman duduk pada setiap waktu adalah buku.)

54. "Bi qodri al kuddi tuktasabu al ma'aalii." (Sebesar usaha yang dikeluarkan, sebesar itu pula kesuksesan yang didapat.)

55. "Laa yataa'allamul-ilma mustahyin wa laa mustakbirun.""

(Tidak akan pernah belajar orang yang malu dan sombong.)

56. "Man saaro alaa darbi wasola." (Barang siapa berjalan pada jalannya, maka dia akan sampai pada tujuannya.)

57. "Innamaa yudzhibul-ilman-nisyaanu, wa tarkul-mudzaakarati." (Sesungguhnya yang menyebabkan ilmu hilang adalah lupa dan tidak mengulanginya.)

58. "Jarib wa laahidzh takun a'arifan." (Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau jadi orang yang tahu.)

59. "Laysal-ilmu maa hufizha, innamal-ilmu maa nafaa'a." (Ilmu bukanlah apa yang dihafaal, akan tetapi yang bermanfaat.)

60. "Al-ilmu afdhalu khalifin, wal-amalu bihi akmalu syarafin."

(Ilmu adalah warisan terbaik, dan mengamalkannya adalah kemulian paling sempurna.)