Brilio.net - Memiliki tanaman hias menjadi kebahagiaan tersendiri untuk sebagian orang. Apalagi bagi mereka penggemar tanaman hias, mengoleksi tanaman hias dengan berbagai jenis ukuran, bentuk dan warna memanglah sangat menggiurkan. Sebab tanaman hias bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih estik, memberikan nuansa segar dan sejuk.

Begitu pula tempat penanamannya beragam, ada yang cocok diletakkan dalam pot gantung, pot kecil ataupun pot besar. Bahkan nggak hanya ditanam dalam tanah, banyak juga tanaman hias yang bisa ditanam dalam air. Nah, tren saat ini banyak orang mencari tanaman dengan bentuk yang beragam, ada yang menyukai bentuk bolong, segitiga hingga bulat.

Nah, untuk tanaman daun bentuk bulat ini memang nggak begitu banyak namun beberapa di antaranya banyak diburu. Pasalnya selain unik tanaman ini indah dipandang dan mempercantik taman ataupun rumah.

Nah, buat kamu yang tengah mencari, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 6 tanaman hias daun bulat, unik, indah, dan mudah dirawat, pada Kamis (11/3).

-1. Chinese money plant.

Tanaman hias daun bulat Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@brownthumbelina

Chinese money plant juga dikenal dengan sebutan tanaman kidal, tanaman UFO, atau tanaman misionaris. Tanaman satu berdaun bulat kecil dan sedikit meruncing. Bentuknya inilah yang membuat tanaman ini disebut tanaman koin China. Chinese money plant juga memiliki nama ilmiah Pilea peperomioides, yang mana daunnya berwarna hijau cerah dan menyejukkan mata.

Setiap daunnya seperti daun mengapung di atas batang yang tampak mungil. Chinese money plant ini tidak memerlukan banyak air dan bisa diberikan asupan hingga rentang 3 hari sekali. Sehingga tanaman ini sangat cocok untuk ditaruh dalam pot mini, untuk pajangan meja.

-2. Jade plant.

Tanaman hias daun bulat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@heatherbamber

Tanaman jade populer seiring menjamurnya tumbuhan kaktus sukulen. Tanaman dari Afrika Selatan ini digemari karena warnanya hijau menyegarkan dengan daun berdaging tebal. Salah satu jenisnya yang populer yakni crassula arbores. Tanaman ini berbunga dengan durasi cukup lama, yaitu sekitar satu musim.

Jade plant ini bisa tumbuh hingga 1, meter dengan warna pink. Kamu bisa memiliki jenis tanaman hias merambat ini untuk ditanam dalam wadah polybag. Namun tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman dalam ruangan.

-3. Silver dollar plant.

Tanaman hias daun bulat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@flauntyourleaves

Nah, untuk kamu yang mencari jenis tanaman hias yang dapat hidup dalam kondisi kering, tanaman silver dollar plant bisa kamu jadikan pilihan. Memiliki nama ilmiah Xerosicyos danguyi, tanaman ini memiliki bentuk bulat yang unik dan hidup merambat. Namun, tanaman ini membutuhkan pot dengan drainase yang baik. Kamu bisa menjadikan tanaman silver dollar plant di dalam ruangan, sebagai hiasan ruang tamu atau kamar tidur.

-4. Peperomia obtusifolia.

Tanaman hias daun bulat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plantokopter

Peperomia obtusifolia tergolong tanaman hias yang mewah dan cantik. Nggak heran bila banyak yang memburunya untuk melengkapinya demokrasi tanaman. Peperomia obtusifolia memiliki bentuk daun yang tumpul serta bunganya tidak mencolok, berwarna putih kehijauan.

Tanaman berdaun bulat ini juga memiliki nama lain seperti karet bayi dan juga wajah merica. Dalam perawatannya cahaya terang namun tidak langsung sangat disukai oleh tanaman ini. Perlu diingat penyiraman ringan secara konsisten sangat tepat untuk tanaman hias ini.

-5. Puring apel.

Tanaman hias daun bulat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@special_plants_world.

Tanaman puring adalah salah satu jenis tanaman hias yang populer dipilih oleh pecinta tanaman untuk mempercantik rumah. Meski tak memiliki bunga namun tanaman yang memiliki nama latin Codiaeum variegatum ini punya banyak jenis.

Salah satunya jenis puring apel. Jenis ini memiliki bentuk daun bentuk oval cenderung bulat. Daya tariknya terdapat pada corak daunnya yang cantik dan berwarna-warni. Yakni memiliki kombinasi warna antara merah, kuning dan hijau.

-6. Pegagan air.

Tanaman hias daun bulat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jojoe_garden

Nggak hanya digunakan sebagai obat, tanaman pegagan air ini juga cantik untuk dijadikan dekorasi hiasan rumah. Pegagan air memiliki batang yang super tipis dan daun pipih berbentuk bulat.

Tanaman ini dapat tumbuh dan hidup di media tanah maupun dalam air. Kamu juga bisa meletakkannya dalam vas kaca, lalu menggantinya secara berkala satu minggu sekali supaya airnya selalu bening dan tidak berlumut.