Brilio.net - Kehidupan selalu berputar bagai sebuah roda, kadang di samping, di atas, bahkan juga di bawah. Nah, ketika roda kehidupan berada di bawah terkadang membuat seseorang merasa down dan frustasi. Itu sebabnya ia tak mau menerima keadaan. Ada pula yang bisa memaknai kejadian yang tengah dialaminya. Padahal di balik apa pun yang terjadi di kehidupan selalu ada hikmah yang bisa kamu petik.

Nah, jangan sampai menjadikan masalah kamu jadikan sebagai alasan untuk mematahkan mimpi dan semangatmu. Oleh karenanya jangan terlalu larut dalam kekecewaan tersebut. Kamu harus bangkit dan memulai semangat baru menjadi pribadi yang tangguh serta lebih baik.

Terkadang kamu membutuhkan kata-kata semangat hidup untuk memotivasi diri. Sebab rasa semangat itu datangnya dari diri masing-masing. Ketika kehilangan rasa semangat, kamu harus mencari cara agar mood tersebut berubah dan aktivitas tetap berjalan dengan baik.

Apabila ingin kembali mendapatkan semangat hidup ketika down, kata-kata berikut bisa menjadi inspirasimu. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/10), inilah kata-kata semangat hidup ketika down yang penuh inspirasi.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kata-kata semangat hidup ketika down, penyemangat jiwa.

kata semangat ketika down © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sparakatur

1. "Hidup itu bukan tentang menyesali apa yang telah pergi, tapi tentang menghargai apa yang kamu miliki dan sabar menanti apa yang akan menghampiri."

2. "Terkadang kegagalan menghampiri kehidupanmu untuk mengajarkan artinya sebuah kesabaran."

3. "Percayalah, Tuhan menciptakan rasa kecewa agar kita bisa menerima tidak semua keinginan bisa tercapai."

4. "Sukses adalah kemampuan untuk pergi dari suatu kegagalan tanpa kehilangan semangat."

5. "Hidup bukan untuk berhenti dalam meratapi kesedihan masa lalu, tapi untuk berjalan menuju kebahagiaan sesungguhnya di masa depan."

6. "Yakinlah, terkadang kesedihan kemarin akan menjadi kebahagiaan untuk hari ini jika kita bangkit dari keterpurukan."

7. "Tuhan tidak pernah membiarkan hambanya terlarut dalam kesedihan, pasti ada rencana indah untuk membayar semua air mata."

8. "Hidup ini warna-warni, tidak mungkin hanya hitam putih saja. Jangan berharap selalu bahagia, jangan juga berpikir kesedihan akan selamanya."

9. "Kunci dari segala kebahagiaan adalah bersyukur. Jika banyak kamu bersyukur, jika sedikit kamu juga bersyukur. Sehingga tak ada celah bagi kesedihan."

10. "Percayalah bahwa Tuhan selalu adil, dalam setiap keburukan pasti ada kebaikan dan setiap kesedihan pasti akan muncul kebahagiaan."

11. "Tak ada gunanya kamu mempunyai mimpi yang tinggi jika tak pernah mencari cara bagaimana untuk mencapainya."

12. "Jika Tuhan menciptakan malam untuk menggantikan siang. Tuhan menciptakan kebahagian untuk menggantikan kesedihan. Jangan pernah biarkan kesedihan di masa lalu membuat kamu takut untuk menerima seseorang yang baru. Percayalah pada kata hatimu."

13. "Bangkit dari segala keterpurukan dan jangan mau kalah dengan keadaan."

14. "Jangan menyerah jika impianmu belum terwujud. Dengan semangat, percaya, dan diiringi dengan doa, semua yang tidak mungkin bisa saja menjadi mungkin."

15. "Seseorang yang mampu bangkit setelah jatuh adalah orang yang lebih kuat daripada seseorang yang tidak pernah jatuh sama sekali."

16. "Tak mengapa, cukup maafkan saja mereka yang rajin menyumbang luka, sebab balas dendam terbaik bukan melukai balik, tapi memaafkan segalanya, walau terasa berat."

17. "Belajarlah menerima keadaan tanpa harus membenci kenyataan."

18. "Jika Allah telah memilihmu, itu tandanya kamu mampu. Maka bersemangatlah karena takdir terbaik sudah menunggumu."

19. "Setiap hari adalah proses untuk kita terus tumbuh. Ada yang gak bisa diubah, tapi banyak yang bisa diubah demi kebaikan."

20. "Tetaplah menjadi kuat karena hidup gak berakhir hanya karena kegagalan, kekecewaan, dan bahkan dibatalkan oleh seseorang."

21. "Allah tahu kamu lelah, Allah tahu kamu pasrah. Hanya saja Allah lebih ingin tahu seberapa besar ikhtiarmu, walau telah dihantam badai berjuta kali. Allah ingin kamu merasakan betapa berharganya nikmat sabar sebelum memetik buah keberhasilan."

22. "Setiap hari adalah lembaran baru untuk kita, maka jangan pernah sesali atas apa yang sudah terjadi."

23. "Kita punya keinginan, tapi takdir memberikan kenyataan. Walaupun begitu, jangan putus harapan."

24. "Kalau hari ini kamu gagal, jangan putus harapan. Jadikan itu sebagai pelajaran agar kamu terus berkembang."

25. "Tak perlu risau perihal takdir, skenario hidupmu sudah diatur sama Yang Maha Adil."

26. "Jika jatuh adalah hujan dan bangkit adalah matahari, maka kita butuh keduanya untuk melihat pelangi."

27. "Berdamailah dengan perasaanmu, maka hidupmu akan tenang. Kelola emosimu dengan baik, maka hidupmu akan selalu sukses membina hubungan yang baik dengan orang lain. Perbaikilah pola pikirmu, maka hidupmu akan selalu mendapat keberkahan."

28. "Pembenci memikirkan yang dibenci, maka hidupnya selalu suram. Pencinta memikirkan yang dicinta, maka hidupnya selalu cerah."

29. "Aku hanya harus percaya di suatu hari nanti, aku akan memiliki semua hal yang telah aku doakan hari ini."

30. "Seberapa jauh batas kemampuan Anda? Tidak akan terjawab hanya dengan berpikir. Segeralah bertindak."

31. "Hidup ini penuh dengan pilihan-pilihan, kamu harus berani memilih untuk meninggalkan hal-hal yang membuatmu bersedih atau menangis."

32. " Tetaplah fokus pada hal-hal yang membuatmu bahagia, jangan pernah meninggalkannya."

33. "Hari-harimu yang panjang, mungkin tak selalu seperti yang kamu harapkan. Memang ada waktu di mana ranting patah, tapi kemudian bisa tumbuh kembali."

34. "Menangislah karena air mata bukan tanda kelemahan, tetapi bukti bahwa kita masih memiliki perasaan."

35. "Kurangin ngeluhnya, kuatin bahunya, kencengin doanya. Semoga segala kesusahan akan berubah menjadi cerita dan kebahagiaan."

36. "Jangan lemah, hidup sedang mengajarimu bagaimana bertahan dengan baik. Ketika kamu jatuh, bangunlah untuk memegang impianmu kembali. Ketika kamu ragu, kuatkan doamu supaya Tuhan menghilangkan keraguanmu."

37. "Memang sekali atau dua kali kita akan tersandung dan jatuh. Tapi kehidupan ini bukan tentang jatuhnya, tapi tentang bangkitnya."

38. "Rencana Tuhan atas hidupmu jauh melebihi keadaan yang engkau hadapi saat ini. Jangan pernah menyerah."

39. "Bisa jadi beban yang kau pikul menjadi sebab keselamatanmu. Oleh karena itu, sebesar apa pun bebanmu, tetaplah bersyukur."

40. "Hidup mencari kesempurnaan akan menjadikan kita tertekan. Hidup melengkapkan kekurangan mendatangkan keikhlasan dan ketenangan dalam jiwa."

Kata-kata semangat hidup ketika down dari para tokoh.

kata semangat ketika down © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@hati.perasaanya

41. "Gapailah ambisi Anda setinggi langit! Mimpikan ambisi Anda itu setinggi langit! Karena jika Anda jatuh, Anda akan jatuh di antara bintang-bintang!!" - Soekarno

42. "Senjata terbesar kamu adalah semangat hidup. Selalu jaga semangat itu jangan sampai padam." - Norman Cousins

43. "Supaya bisa berhasil, keinginanmu untuk sukses harus lebih besar daripada ketakutanmu akan kegagalan." - Bill Cosby

44. "Ingatlah, tidak ada yg dapat membuatmu merasa rendah diri kecuali Anda mengizinkannya." – Eleanor Roosevelt

45. "Kamu harus berjuang untuk mencapai impian. Berkorban dan bekerja keraslah untuk itu." - Lionel Messi

46. "Tentukan tujuanmu dan jangan sampai berhenti sebelum kamu tiba di sana." - Bo Jackson

47. "Kekuatan tidak datang dari kemampuan fisik, tetapi datang dari semangat yang gigih." - Mahatma Gandhi

48. "Aku akan perintahkan diriku dan mengatakan bahwa aku mampu! Aku akan mengalahkan keraguan, rasa takut, perasaan minder, dan menukarnya dengan keberanian." - Merry Riana

49. "Hidupmu adalah tempatmu di dunia, pergi dan lakukan apa yang bisa kamu lakukan. Buatlah hidupmu ini seperti yang kamu inginkan." – Mae Jemison

50. "Masa depan yang cerah tidak pernah dijanjikan pada siapa pun. Kamu harus mengejarnya sendiri." - Wayne Dyer

51. "Penemuan terbesar sepanjang masa adalah bahwa seseorang bisa mengubah masa depannya hanya dengan mengubah sikapnya saat ini." - Oprah Winfrey

52. "Satu-satunya cara melakukan pekerjaan besar adalah dengan mencintai apa yang Anda kerjakan." – Steve Job

53. "Selama bisa diimpikan maka bisa diraih, selama mampu dibayangkan bisa diwujudkan, namun hidup itu kenyataan bukan hanya mimpi dan bayangan." - Johanes Chandra Ekajaya

54. "Jangan pernah menyerah, karena ada tempat dan saat di mana ombak paling tinggi sekalipun akan berbalik arah." - Harriet Beecher Stowe

55. "Kamu tidak pernah terlalu tua untuk menetapkan tujuan lain atau memimpikan impian baru." - C.S. Lewis

56. "Kesabaran itu ada dua macam: Sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

57. "Semua keberhasilan terbaik Anda, datang setelah kekecewaan besar yang Anda hadapi dengan sabar." - Mario Teguh

58. "Tetap sabar, semangat, dan tersenyum. Karena kamu sedang menimba ilmu di Universitas Kehidupan. Allah menaruhmu di tempatmu yang sekarang bukan karena kebetulan." - Dahlan Iskan

59. "Cinta adalah sabar. Orang-orang yang sabar akan memperoleh cinta yang istimewa." - Tere Liye

60. "Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan syukur, sabar, dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian." - Abdullah Gymnastiar

61. "Rahmat sering datang kepada kita dalam bentuk kesakitan, kehilangan, dan kekecewaan; tetapi kalau kita sabar, kita segera akan melihat bentuk aslinya." - Joseph Addison

62. "Siapa yang sabar dia akan meraih apa yang diinginkannya." - Habiburrahman El Shirazy

63. "Jangan khawatir, Tuhan akan beri jalan keluar, asal kita kuat dan sabar." - Asma Nadia

64. "Sabar ketika di-bully itu pahit rasanya. Tapi kadang yang pahit itu justru yang bisa menyembuhkan luka." - Merry Riana

65. "Gunting kalah dengan batu, batu kalah dengan kertas, kertas kalah dengan gunting. Orang cerdas, orang kuat, orang kaya, semua kalah dari orang sabar." - Bong Chandra

66. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu." - Raden Adjeng Kartini

67. "Di tengah kesulitan terdapat kesempatan." - Albert Einstein

68. "Orang hebat tidak dihasilkan dari kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan. Mereka dibentuk melalui kesulitan, tantangan, dan air mata." - Dahlan Iskan

69. "Manusia membutuhkan kesulitan karena mereka perlu menikmati keberhasilan." - Dr. A. P. J. Abdul Kalam

70. "Penderitaan menjadi indah ketika seseorang menghadapi kesulitan besar dengan keceriaan, tidak dengan keterpurukan tapi dengan kebesaran pikiran." - Aristoteles

71. "Harga sebenarnya dari segala sesuatu adalah jerih payah dan kesulitan untuk memperolehnya." - Adam Smith

72. "Manusia yang unggul membuat kesulitan yang harus ia selesaikan sebagai prioritas utama, kesuksesan datang setelahnya." - Konfusius

73. "Bukan kesulitan yang membuat kita takut, tapi sering ketakutanlah yang membuat jadi sulit. Jadi, jangan mudah menyerah." - Joko Widodo

74. "Kesulitan dengan dunia ini adalah orang bodoh yang merasa yakin, sedangkan orang cerdas selalu diliputi rasa ragu-ragu." - Bertrand Russell

75. "Mata pelajaran yang terpenting di kampus kehidupan adalah kesulitan! Makin tinggi tingkat kesulitan yang mampu kita atasi, makin besar nilai yang akan kita dapat!" - Andrie Wongso

76. "Orang-orang pesimis melihat kesulitan dalam setiap kesempatan. Orang-orang optimis melihat kesempatan dalam setiap kesulitan." - Winston Churchill

77. "Kesuksesan dan kebahagiaan terletak pada diri sendiri. Tetaplah berbahagia, dan kebahagiaanmu dan kamu akan membentuk sebuah karakter kuat melawan kesulitan." - Helen Keller

78. "Ketika manusia diuji kesulitan, banyak sekali yang selamat. Namun ketika diuji dengan kemudahan, manusia cenderung jadi lalai sehingga sedikit sekali yang selamat." - Abdullah Gymnastiar

79. "Bagilah setiap kesulitan ke dalam banyak bagian yang sesuai untuk menyelesaikannya." - Rene Descartes

80. "Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan Andalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan." - Jiddu Krishnamurti

81. "Jika kita 'tidak mudah menyerah', maka kita sudah dekat sekali dengan kesuksesan. Karena di dunia ini, ada dua orang yang susah sekali dikalahkan: 1. orang yang sabar; 2. orang yang tidak mudah menyerah." - Tere Liye

82. "Kamu seharusnya tidak menyerah terhadap apa pun yang terjadi padamu. Maksudku, kamu seharusnya menggunakan apa pun yang terjadi padamu sebagai alat untuk naik, bukan turun." - Bob Marley

83. "Gagal hanya terjadi jika kita menyerah." - Bacharuddin Jusuf Habibie

84. "Bukanlah pegunungan di hadapan Anda yang membuat Anda menyerah untuk memanjat. Tetapi kerikil di sepatu Anda itulah yang menyebabkan demikian." - Muhammad Ali

85. "Kami tidak pernah dikalahkan kecuali kita menyerah pada Tuhan." - Ronald Reagan

86. "Modal utama pengusaha adalah jangan cengeng, jangan mudah menyerah." - Chairul Tanjung

87. "Hidup ini bagai skripsi, banyak bab dan revisi yang harus dilewati. Tapi akan selalu berakhir indah, bagi yang pantang menyerah." - Alit Susanto

88. "Banyak kegagalan dalam hidup, mereka tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah." - Thomas Alva Edison

89. "Tidak cukup kita sekadar punya target untuk diraih. Tetapi dibutuhkan tekad baja, mental pantang menyerah, dan terus fokus, fokus, dan fokus dalam memperjuangkannya." - Andrie Wongso

90. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang." - Raden Adjeng Kartini

Kata-kata semangat hidup ketika down agar berpikir positif.

kata semangat ketika down © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mardiah_asp70

91. "Kebahagiaan datang ketika kita berhenti mengeluh tentang masalah yang kita miliki, berterima kasih atas semua masalah yang tidak kita miliki."

92. "Inspirasi datang dari dalam diri sendiri. Kita harus berpikir positif. Ketika pikiran positif, hal-hal baik akan terjadi."

93. "Mereka bilang impian saya terlalu besar, saya bilang mereka berpikir terlalu kecil."

94. "Kesuksesan tidak datang dari apa yang Anda lakukan sesekali. Itu berasal dari apa yang Anda lakukan secara konsisten."

95. "Tinggalkan pikiran yang membuatmu lemah, dan peganglah pikiran yang memberi kekuatan bagimu."

96. "Sukses adalah jumlah dari usaha kecil, berulang hari demi hari." - Robert Collier

97. "Salah satu momen paling bahagia dalam hidup adalah ketika kamu menemukan opera keberanian untuk melepaskan apa yang tidak dapat kamu ubah."

98. "Jika saya tidak bisa melakukan hal-hal besar, saya bisa melakukan hal-hal kecil dengan cara yang hebat." - Martin Luther King Jr.

99. "Rahasia kesuksesan adalah keteguhan pada tujuan." - Benjamin Disraeli

100. "Orang pesimis melihat kesulitan dalam setiap peluang. Orang optimis melihat peluang dalam setiap kesulitan." - Winston Churchill

Kata-kata semangat hidup ketika down dan sakit hati.

kata semangat ketika down © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sepatah.kata29

101. "Tidak perlu berusaha membuat orang lain mencintai kita. Jika kalian berjodoh, apa pun akan terjadi."

102. "Air mata dan hatimu itu terlalu berharga untuk menangisinya. Masih ada kebahagiaan lain yang menunggumu."

103. "Hidup adalah keberanian menghadapi tanda tanya, terimalah, hadapilah. " -Soe Hok Gie

104. " Jangan menyesali kepergian seseorang yang berarti. Ingatlah bahwa engkau memiliki hidup yang jauh lebih berarti."

105. "Bukan rasa sakit yang perlu dikhawatirkan tapi kemampuan bangkit dari rasa sakitlah yang perlu difokuskan: Seberapa cepat Anda bisa bangkit dari rasa sakit adalah hal terpenting dalam hidup."

106. "Tuhan mematahkan hatimu saat ini agar terhindar dari rasa sakit yang lebih."

107. "Berasumsi dengan perasaan, sama saja dengan membiarkan hatimu diracuni harapan baik, padahal boleh jadi kenyataan tidak seperti itu, menyakitkan." - Tere Liye

108. "Beryukurlah akan adanya lara karena dengan dialah kita belajar menjadi sosok yang tegar dan jauh lebih baik."

109. "Hidup itu bukan tentang menyesali apa yang telah pergi tapi tentang menghargai apa yang kamu miliki dan sabar menanti apa yang akan menghampiri."

110. "Saat seseorang bersedih, maka sepatah kata pun akan terasa sulit diucapkan. Maka cara terbaik untuk mengucapkan sesuatu adalah dengan air mata."

111. "Tidak ada yang bisa mengganggu emosimu kecuali kamu mengizinkan. Belajarlah untuk menjadi lebih tenang, apa pun yang terjadi di sekelilingmu."

112. "Tidak perlu membalas orang yang menjelekkan dan merendahkanmu. Berlian tidak turun nilainya walau tertimbun kotoran. Nilai dirimu tidak turun walau banyak perkataan buruk tentangmu. Bukan nilaimu yang rendah, tapi hati mereka yang kotor."

113. "Salah satu orang yang paling berbahaya adalah orang yang cemburu dengan kebahagiaan orang lain dan merasa puas jika bisa memusnahkan kebahagiaan itu."

114. "Kamu akan tiba pada satu hari di mana keadaan hidupmu membuatmu kehabisan kata-kata kecuali bersyukur, bersyukur, dan bersyukur."

115. "Tetaplah bersyukur, Tuhan memberi tidak lebih dan tidak kurang, tetapi dicukupkan."

116. "Stres bukan datang karena sebuah kejadian, tapi dari arti negatif yang kita berikan pada kejadian tersebut. Always be positive."

117. "Bekerja keras adalah bagian dari fisik. Bekerja cerdas adalah bagian dari otak. Bekerja ikhlas adalah bagian dari hati."

118. "Jika tidak dihargai, berpindahlah."

119. "Nggak usah malu pada pekerjaan dan usahamu. Ingat, nggak ada orang yang memberimu makan di saat dirimu susah. Hidupmu, tanggung jawabmu sendiri."

120. "Penjara paling kelam adalah akal pikiranmu. Sukses atau gagal hidupmu tergantung kepadanya. Hati-hati saat kamu menggunakannya."

121. "Lautan yang tenang tidak akan menghasilkan pelaut yang andal. Begitu juga hidup tanpa masalah, tak akan membuat iman bertumbuh."

(brl/tin)