Brilio.net - Lebaran tinggal menghitung hari, biasanya malam 1 Syawal akan diramaikan dengan takbir dan tahmid yang dilantunkan sepanjang malam. Suasana begitu riuh dan menyenangkan. Bahkan suasana hatipun terasa begitu tenang.

Ada dari mereka yang mengatakan, saat mendengar malam takbiran, rasanya begitu tenang dan ada pula yang sedih karena rindu akan kampung halaman. Namun tak hanya itu saja, ketika hari kemenangan di kumandangkan, tandanya kita akan merayakan hari kemenangan, di mana sanak saudara berkumpul untuk saling memaafkan.

Malam takbiran biasanya menjadi malam yang sangat dinanti oleh siapapun, tak hanya anak-anak saja yang bersuka ria dengan lilin dan kembang api, namun juga orang dewasa turun bahagia di malam 1 syawal tersebut.

Suasana Lebaran kali ini memang akan sedikit berbeda, di mana salat Idul Fitri mungkin tak bisa dilaksanakan secara bersamaan, karena demi mengantisipasi penyebaran Covid-19. Acara kumpul bersama mungkin juga tidak akan ada di tahun ini.

Semua orang tentu sedih harus merayakan kemenangan seperti ini, namun tak ada yang bisa kita lakukan selain mendengarkan apa kata pemerintah. Agar malam takbiran tidak terlalu membosankan, kamu bisa melakukan hal-hal menarik lainnya, seru dan lebih bermanfaat tentunya.

Apa saja kegiatan seru di malam takbiran? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/5).

1. Membuat kue Lebaran.

Kegiatan seru di malam takbiran Istimewa

foto: freepik.com

Kue Lebaran merupakan sajian yang harus ada saat Lebaran. Nah untuk mengisi malam takbiran, kamu bisa membuat kue bersama keluarga di rumah. Selain bisa mengusir kebosanan, kegiatan ini juga dapat mempererat kedekatan dengan anggotan keluarga.

2. Menata ruang tamu.

Kegiatan seru di malam takbiran Istimewa

foto: freepik.com

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di malam takbiran adalah menata ruang tamu. Kamu bisa mendesain atau merapikan ruang tamu bersama keluarga. Kegiatan akan menjadi begitu menyenangkan, karena bisa bersama-sama memberikan ide menarik dalam menata ruangan.

3. Menyiapkan pakaian untuk keesokan harinya.

Kegiatan seru di malam takbiran Istimewa

foto: jesshunt.typepad.com

Meski belum tahu besok akan ke mana, tetap saja seru jik kamu menata pakaian apa yang akan kamu dan keluarga kenakan. Terlebih anak-anak akan sangat senang jika diajak untuk menata pakaian baru yang akan mereka kenakan keesokan harinya.

4. Membuat ketupat.

Kegiatan seru di malam takbiran Istimewa

foto: Instagram/@hergi.a.i.p

Hal seru lainnya yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di malam takbiran adalah membuat ketupat atai mengisi beras ke dalam ketupat. Hal ini menjadi cukup menyenangkan, terlebih melibatkan anggota keluarga untuk melakukannya bersama-sama.

5. Bermain kembang api di pekarangan rumah.

Kegiatan seru di malam takbiran Istimewa

foto: freepik.com

Kembang api dan lilin menjadi yang sangat akrab ketika malam takbiran. Kegiatan ini sangat disukai anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan pula orang dewasa juga menyukainya. Menemani si kecil bermain, kamu bisa sekalian ikut bersenang-senang bersama mereka.