Brilio.net - Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang paling ditunggu seluruh umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Bagaimana tidak, setelah satu bulan lamanya berpuasa umat muslim akan merayakan hari kemenangan bersama keluarga.

Idul Fitri diartikan sebagai hari suci atau hari dimana umat islam seperti terlahir kembali dan bersih dari dosa. Setelah melatih kesabaran dan hawa nafsu selama sebulan, tentu akan ada nilai penting yang bisa diterapkan setelah berakhirnya bulan Ramadhan.

Idul Fitri atau yang biasa disebut dengan lebaran dirayakan pada tanggal 1 Syawal. Saat Idul Fitri kita melakukan satu ibadah yang hanya dilaksanakan pada Hari Raya Idul Fitri saja yakni shalat Idul Fitri atau yang biasa disebut sebagai sholat ied.

Saat pagi, kita mempersiapkan diri untuk bergegas melaksanakan sholat Idul Fitri. Terdapat satu hal yang disunnahkan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri yaitu melakukan mandi, yang bertujuan untuk mensucikan diri, membersihkan diri dari hadas atau pun najis agar kita bersih saat melakukan sholat Idul Fitri di hadapan Allah.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (19/5), melakukan mandi sunnah di Hari Raya Idul Fitri merupakan satu amalan yang di anjurkan, sebagaimana dijelaskan Imam al-Ghazali dalam risalahnya berjudul al-Adab fid Din, "Mandi pagi di hari itu (Hari Id)."

Perintah tersebut bukan perintah untuk melaksanakan mandi seperti hari biasa, namun melakukan mandi sunnah di pagi hari dengan mengguyur seluruh tubuh dan anggota badan, yakni dari rambut di kepala hingga telapak kaki dengan air dan membaca niat.

 

- Tata cara dan niat mandi saat Idul Fitri.

Sebelum melakukan mandi, hendaknya kita membaca niat sebagai berikut:
Bacaan niat mandi Idul Fitri beserta tata caranya © 2020 brilio.net

"Nawaitul ghusla li 'îdil fithri sunnatan lillahi ta’aalaa."

Artinya:
"Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah ta'aalaa."

 

- Tata cara mandi untuk pria.

1. Membaca niat sholat mandi sunnah Idul Fitri.

Yang membedakan mandi sunnah dengan mandi seperti hari biasa yaitu membaca niat. Niat ini kita tujukan kepada Allah untuk mensucikan diri dan menghilangkan hadas besar.

2. Membasuh tangan sebanyak tiga kali dengan air yang mengalir.

Setelah membaca niat, basuhlah tangan sebanyak tiga kali dengan air yang mengalir.

3. Membersihkan semua najis atau kotoran yang masih menempel pada tubuh.

Bersihkan semua najis atau kotoran yang masih menempel pada tubuh, terutama pada sela-sela dubur dan kemaluan.

4. Melakukan wudhu.

Setelah bersih, berwudhu lah untuk mensucikan tubuh.

5. Mengguyur kepala.

Setelah berwudhu, langkah selanjutnya adalah mengguyur kepala sebanyak tiga kali

6. Siram anggota badan.

Mulai lah menyiram anggota badan dari sebelah kanan terlebih dahulu, kemudian menyiram anggota badan sebelah kiri. Masing-masing anggota tubuh lakukan sebanyak tiga kali siraman.

7. Membasuh rambut.

Bersihkan kepala dan rambut dengan cara memasukkan kedua tangan ke air lalu gosokkan ke kepala melalui sela-sela rambut, kemudian bilas sebanyak tiga kali.

8. Menggosok tubuh.

Gosokklah bagian tubuh dari atas hingga bawah, depan dan belakang tubuh sebanyak tiga kali.

9. Membilas tubuh.

Langkah terakhir, bilas seluruh tubuh menggunakan air mengalir di mulai dengan sisi kanan terlebih dahulu kemudian ke bagian tubuh sisi kiri.

 

- Tata cara mandi untuk wanita.

1. Membaca niat sholat mandi sunnah Idul Fitri.

Sama seperti melakukan niat mandi haid dan nifas, bacalah niat mandi sunnah Idul Fitri terlebih dahulu. Niat ini kita tujukan kepada Allah untuk mensucikan diri dan menghilangkan hadats besar.

2. Mencuci tangan.

Sama seperti pria, lakukan cuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum tangan tersebut dimasukkan dalam ember atau bak air sebelum mandi.

3. Membersihkan kemaluan.

Bersihkan kemaluan dengan tangan menggunakan tangan kiri, bersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang agar tidak ada kotoran atau bakteri dari anus yang masuk ke vagina.

4. Mencuci tangan kembali.

Setelah membersihkan kemaluan, bersihkan tangan kembali dengan menggosokkan tangan ke lantai atau dengan menggunakan sabun.

5. Berwudhu.

Setelah tangan bersih, berwudhulah dengan sempurna seperti ketika hendak sholat.

6. Menyiramkan kepala.

Sama seperti pria setelah berwudhu, langkah selanjutnya adalah mengguyur kepala sebanyak tiga kali.

7. Membasuh rambut.

Bersihkan kepala dan rambut dengan cara memasukkan kedua tangan ke air lalu gosokkan ke kepala melalui sela-sela rambut, kemudian bilas sebanyak tiga kali.

8. Menggosok tubuh.

Gosokklah bagian tubuh dari atas hingga bawah, depan dan belakang tubuh sebanyak tiga kali.

9. Membilas tubuh.

Langkah terakhir, bilas seluruh tubuh menggunakan air mengalir dimulai dengan sisi kanan terlebih dahulu kemudian ke bagian tubuh sisi kiri.

 

- Hukum Mandi Sunnah Idul Fitri.

Mandi sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri hukumnya sunnah dengan artian tidak diwajibkan untuk dilakukan. Namun, hal ini akan menjadi tambahan pahala apabila dilaksanakan dengan niat yang sungguh-sungguh. Namun apabila tidak melakukannya juga tidak akan mendapatkan dosa.

Telah diijelaskan dalam suatu hadits bahwa Rasulullah melakukan mandi terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat dua rakaat pada Hari Raya Idul Fitri sebagaimana berikut ini.

"Bahwasannya Nabi Sallallahu 'Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Ibnu Majah)

Sementara itu, waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan mandi sunnah Idul Fitri adalah sebelum ataupun setelah dikerjakannya shalat Subuh di pagi hari. Namun sesuai ajaran agama Islam, mandi sunnah sebelum sholat Idul Fitri ini dapat dikerjakan mulai tengah malam. Hal tersebut sesuai dengan penjelasan Syekh al-Baijuri berikut ini.

"Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) pada tengah malam." (Hasyiyatu Asy-Syaikh Ibrahim al-Baijuri ala Syarh al-Allamah Ibn al-Qasim al-Ghazi 'ala Matn asy-Syaikh Abi Syuja dalam al-Ilmiyyah, 1999).

Bacaan niat mandi Idul Fitri beserta tata caranya © 2020 brilio.net

"Wayadhulu waqtihadzal gusla binishfi lailli."

Artinya:
"Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) adalah pada tengah malam."

Nah setelah mengetahui hukum, niat dan tata cara melakukan mandi sunnah Idul Fitri, mari kita meryarakan hari kemenangan dengan cara terbaik, dengan cara mandi sunnah sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri.

KEYWORD: Bacaan niat mandi Idul Fitri beserta tata caranya