Brilio.net - Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang paling ditunggu seluruh umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia. Bagaimana tidak, setelah satu bulan lamanya berpuasa umat muslim akan merayakan hari kemenangan.

Idul Fitri diartikan sebagai hari suci atau hari di mana umat Islam seperti terlahir kembali dan bersih dari dosa. Setelah melatih kesabaran dan hawa nafsu selama sebulan, tentu akan ada nilai penting yang bisa diterapkan setelah berakhirnya bulan Ramadhan.

Idul Fitri atau Lebaran dirayakan pada tanggal 1 Syawal. Saat Idul Fitri, umat Islam melakukan satu ibadah sholat Idul Fitri atau sholat Ied.

Sholat Idul Fitri dilaksanakan pada pagi hari, bisa secara berjamaah maupun sendiri.

Waktu sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri dilakukan saat hari Idul Fitri tiba. Waktu pelaksanaan sholat Idul Fitri adalah saat matahari seukuran satu tombak hingga tergelincir.

Loading...

Syaikh Abu Bakar Al Jazairi mengatakan, Rasulullah mengawalkan sholat Idul Adha sedangkan sholat Idul Fitri adalah diakhirkan.

Sholat Idul Fitri selain di masjid juga bisa digelar di tanah lapang. Hal tersebut sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad dalam suatu hadits yang menyatakan bahwa sholat Idul Fitri di sebuah tanah lapang lebih afdhol daripada di dalam masjid.

Keutamaan Sholat Idul Fitri beserta hukum melaksanakannya © 2020 brilio.net

Rasulullahi Sholalallahu Alaihi Wasalam, yuhruju yaumal fitri wal adha ilal musholla

Artinya:

"Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya 'Idul Fitri dan 'Idul Adha menuju tanah lapang." (HR Abu Said)

Hukum sholat Idul Fitri

Ulama memiliki perbedaan pendapat soal hukum sholat Idul Fitri. Hal ini dapat dibagi dalam beberapa pendapat mengenai hukumnya tersebut, di antaranya adalah:

1. Sunah muakad

Pendapat dari mayoritas ulama, hukum melaksanakan sholat Idul Fitri adalah sunah muakad. Sunah muakad adalah sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat muslim. Sebab, sholat Idul Fitri hanya dilaksanakan setahun sekali dan merupakan bagian dari serangkaian ibadah di bulan Ramadhan.

2. Fardhu kifayah

Pendapat ini dikemukakan mahdzab Imam Hambali. Fardhu kifayah adalah hukum yang bersifat wajib bagi umat muslim secara kesatuan. Maka dari itu, hukumnya adalah pada kesatuan umat Islam. Karena sifat fardhu kifayah maka jika sebagian besar umat Islam sudah melaksanakannya, maka sudah cukup.

3. Fardhu 'ain

Pendapat ini datang dari mahzab Imam Hanafi. Hukum fardhu 'ain berarti ibadah yang wajib bagi setiap muslim atau muslimah. Untuk itu jika tidak dilakukan maka akan berdosa.

Keutamaan sholat Idul Fitri

Sama dengan melakukan ibadah-ibadah lainnya, melakukan sholat Idul Fitri juga memiliki beberapa keutamaan. Berikut keutamaan-keutamaan yang akan didapatkan dari melaksanakan sholat Idul Fitri:

1. Mengagungkan asma Allah

Dengan melaksanakan sholat Idul Fitri, pasti akan mengucapkan asma Allah berkali-kali terutama kalimat takbiratul ikhram "Allahu Akbar" sebanyak 7 kali. Dan di antara seruan takbir tersebut hendaknya membaca kalimat sebagai berikut;

Keutamaan Sholat Idul Fitri beserta hukum melaksanakannya © 2020 brilio.net

Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii

Artinya:

"Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku."

Dengan begitu akan mendapatkan pahala dari mengagungkan dan mengucapkan atau berdzikir atas nama Allah.

2. Sholat berjamaah

Sholat Idul Fitri umumnya dilaksanakan secara berjamaah. Karenanya, para pelakunya akan mendapatkan pahala sholat berjamaah yang besar.

Hal ini terdapat dalam firman Allah pada surat Al Baqarah ayat 43 yang menganjurkan untuk mengerjakan sholat berjamaah.

Keutamaan Sholat Idul Fitri beserta hukum melaksanakannya © 2020 brilio.net

Wa aqiimus-salaata wa aatuz-zakaata warka'u ma'ar raaki'iin

Artinya:

"Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang rukuk."

Saat sholat berjamaah, tidak akan memandang bulu, suku, jabatan, rupa, dan hal-hal lainnya. Selagi mereka bersujud kepada Allah dan membesarkan Allah, melaksanakan sholat, maka ia adalah saudara semuslim yang harus dijaga.

3. Silaturahmi sesama muslim

Saat Idul Fitri semua orang Islam ke luar rumah dan menyempatkan diri untuk bisa mengikuti sholat Idul Fitri. Karena itu sholat Idul Fitri memiliki dampak terhadap hubungan manusia dan manusia dalam menjalin silaturahmi.

4. Bersama merayakan hari kemenangan umat Islam

Dengan melaksanakan sholat Idul Fitri, juga dapat merayakan hari kemenangan secara bersama.

5. Menunjukkan ukhuwah islamiah dan kekuataan umat Islam

Karena hukumnya yang sunah muakad atau fardhu kifayah, maka sholat Idul Fitri ini membuat orang-orang Islam akan terdorong untuk melaksanakannya.

Pengertian ukhuwah islamiyah, insaniyah, dan wathaniyah tentunya sangat penting untuk dipahami dan dilakukan oleh umat Islam. Dengan berkumpulnya umat Islam, maka akan berefek kepada ukhuwah islamiah.

Hal ini juga akan sekaligus menunjukkan bahwa umat islam adalah umat yang besar. Hendaknya juga menjadi motivasi agar saling membantu dalam kebaikan dan juga memberikan dorongan agar memajukan islam bersama.