Brilio.net - Menyambut Idul Fitri 1441 H, tak sedikit umat Muslim yang mempersiapkan diri. Hari Idul Fitri identik dengan momen untuk saling memaafkan. Masyarakat biasa mengucapkan selamat hari raya secara langsung melalui pertemuan 'syawalan'. Ucapan tersebut guna meminta maaf kepada sesama sekaligus saling bersilaturahmi. Meminta keikhlasan untuk membersihkan diri di Hari Raya Lebaran.

Sayangnya tidak semua orang bisa menghadiri acara tersebut. Tapi kini berkat kemajuan teknologi, ucapan mohon lahir batin bisa terjalin tanpa tatap muka. Bisa dari telepon, video call, pesan singkat SMS atau WhatsApp. Dengan begitu kamu tetap bisa meminta maaf kepada yang terkasih.

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah berkirim ucapan mohon maaf lahir batin. Meski sekadar lewat tulisan, momen ucapan Idul Fitri tetap terasa dekat. Rangkailah kata-kata jadi menarik untuk dibaca dan mudah dipahami. Kamu juga bisa menyelipkan doa terbaik untuknya.

Nah, buat kamu yang masih bingung merangkai kata permintaan maaf lahir batin, simak deretan rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (14/5) berikut ini.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ucapan mohon maaf lahir batin untuk rekan, kerabat, dan saudara.

ucapan mohon maaf lahir batin freepik

foto: freepik.com

Jadikan kumpulan kata-kata ucapan berikut ini sebagai inspirasimu. Pilihlah yang menurutmu paling sesuai.

1. "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Semoga Allah SWT menjadikan kita semua sebagai hamba-hambaNya yang kembali ke fitrah."

2. "Ada tikus makan serabi, dimakannya di pagi hari. Saat semua sudah tersusun rapi, izinkan untuk memohon diri. Sekadar mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin."

3. "Tidak ada pemberian paling indah dan perilaku yang mulia, selain meminta maaf dan memaafkan di hari yang suci ini."

4. "Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin."

5. "Seiring surya berseri indah dipagi penuh hikmat ini,

Kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan dihati."

6. "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin."

7. "Ramadhan telah berlalu, fajar kemenangan telah menyambut. Membawa sinar terang kedamaian dan kesucian. Menebarkan berkah di idul fitri yang suci. Selamat Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin."

8. "Satukan tangan dan teguhkan hati di hari penuh kemenangan ini untuk saling memaafkan dengan ikhlas. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H."

9. "Jika ada ucap yang membekas lara, ada tingkah merangkai duka, ada kata merangkai dusta, mohon maafkan daku lahir dan batin."

10. "Terlambat bukan berarti lupa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, selamat berlebaran dan berkumpul dengan keluarga besar."

11. "Di beningnya hati ada keruhnya prasangka, di santunnya sapa ada celanya kata. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H."

12. "Selamat hari raya Idul Fitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan saling memaafkan. Semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya."

13. "Semoga hati kita terlahir kembali dengan suci dan bersih. Hindari perbuatan cela agar bisa menggugurkan dosa."

14. "Agungkan kebesaran-Nya, syukuri ampunan-Nya, lapangkan hati di hari nan fitri."

15. "Kata-kata seindah zikir teralun bagaikan adzan, berbaris rapi dalam shaf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idul Fitri 1441 H."

16. "Berlalunya bulan Ramadhan, Datanglah hari kemenangan. Mohon maaf atas kesalahanku. Selamat Idul Fitri."

17. "Idul Fitri telah tiba di tahun 2020. Kita kembali menjadi suci setelah berperang melawan diri sendiri. Taqobballahuminna wa minkum, taqobbal ya Kariim. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal Aidil Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin."

18. "Meski wajah tak dapat berjumpa. Tangan tak bisa saling menjabat. Semoga coretan kata ini dapat menjadi jembatan di hari penuh kemenangan ini. Minal Aidzin Wal Fa’idzin, mohon maaf lahir dan batin."

19. "Hati yang seputih kertas jangan dinodai dengan enggan saling memberi maaf. Mari buka hati, julurkan tangan, jabat jemari, saling memberikan maaf di hari nan fitri."

20. "Janganlah memberi dan menerima sebuah ucapan maaf hanya terucap di mulut saja, lakukanlah dengan segenap hati. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H."

Ucapan mohon maaf lahir batin, terbaru dan penuh makna.

ucapan mohon maaf lahir batin freepik

foto: freepik.com

Saat ponsel masih langka, ucapan mohon maaf lahir batin biasa ditulis di selembar kertas atau kartu.

21. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka, semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idul Fitri 1441 H."

22. "Berbuat khilaf adalah sifat, meminta maaf adalah kewajiban, dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Mohon maaf lahir dan batin."

23. "Harta paling berharga adalah sabar. Teman paling setiap adalah amal. Ibadah paling indah adalah ikhlas. Identitas paling tinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf atas khilaf dan salah."

24. "Jiwa-jiwa kembali putih seakan lahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan hakiki. Selamat Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin."

25. "Salah tak bisa dicegah, dendam tak akan menyelesaikan masalah, izinkan aku memohon maaf, agar langkah ke depan menjadi mudah. Selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin."

26. "Terkadang mata salah dalam melihat. Hati salah ketika menggugat. Mulut salah ucap hingga menyayat. Di Bulan yang Suci ini, dengan niat setulus hati, saya ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya. Minal Aidil Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir batin."

27. "Berharap malam segera tiba, berganti pagi penuh doa, menyambut lebaran bersama keluarga. Izinkan kami memohon maaf atas segala dosa, minal aidin walfaizin mohon maaf lahir batin dari kami sekeluarga."

28. "Bila salah kata terucap, bila hati tergores sikap, maaf dari hati terdalam."

29. "Mawar indah harum mewangi, aromanya menyentuh nurani, pesan Ini sebagai pengganti diri, selamat Hari Raya Idul Fitri."

30. "Tiada teman tanpa salah, tiada sahabat tanpa khilaf, tiada sabar tanpa syukur, tiada kasih sayang tanpa kata maaf. Lebaran telah tiba, jangan lupa bersyukur karena hari ini masih diberikan kesempatan untuk hidup, dan tentunya mohon maaf lahir batin."

31. "Orang yang paling mulia adalah orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain. Bersihkan diri, sucikan hati di hari yang Fitri ini. Mohon maaf lahir dan batin."

32. "Sifat sejatinya adalah untuk mengkhotbahkan Allah dan Syariah-Nya di dalam jiwa, di dunia nyata, dalam semua gerakan, sepanjang nafas dan langkah, semoga kita berada pada hari kemenangan itu. Selamat untuk Idul Fitri."

33. "Bagi hati yang pernah terluka karena lidah yang tajam, bagi hati yang perih karena buruknya laku, bagi perasaan yang hancur karena ego, mohon maaf lahir dan batin."

34. "Takbir, tahmid, tahlil telah berkumandang. Memecah keheningan malam. Mengantar rasa syukur kepada-Nya. Esok pagi menyambut hari yang fitri. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum."

35. "Jika ada ucap yang membekas lara. Ada tingkah merangkai duka. Ada kata merangkai dusta. Mohon maafkan daku lahir dan batin. Selamat lebaran."

36. "Berbuat khilaf adalah sifat, meminta maaf adalah kewajiban, dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin."

37. "Untuk lisan yang tak terjaga, janji yang tak terpenuhi, hati yang kerap berprasangka. Dengan penuh keikhlasan mohon maaf lahir dan batin."

38. "Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H."

39. "Bila ada kata merangkai dusta, ada ucap berbunga lara, dan ada langkah berbuah dosa, aku mohon maaf yang sebesar-besarnya."

40. "Bulan Syawal yang indah dan suci akan segera tiba. Tidak ada kata yang bisa diucapkan untuk menyambutnya. Kecuali sebuah permohonan maaf dan sebuah doa. Agar kita semua senantiasa dijaga kesehatannya. Stay Safe and Healthy. Minal Aidil Wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan batin."