Brilio.net - Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan itu adalah sesuatu yang tak bisa dilepaskan dalam kehidupan. Namun terus menerus melakukan kesalahan adalah tindakan yang tidak terpuji. Karena itulah, setiap melakukan kesalahan kita harus senantiasa menyadari dan segera meminta maaf.

Permintaan maaf bisa menunjukkan bahwa kamu menyesal telah melakukan sesuatu hal. Dengan minta maaf, kamu juga bisa mengingat perbuatan yang tak boleh lagi kamu lakukan. Jika perbuatanmu ternyata menyakiti orang lain, kamu pun harus segera meminta maaf agar hubunganmu tak sampai renggang.

Meminta maaf juga menjadikan kamu manusia yang bijaksana dan bertanggung jawab. Untuk itu, permintaan maaf yang diutarakan pun harus tulus sepenuh hati. Jika tak mampu merangkai kata, ada beberapa contoh kata-kata minta maaf yang bisa kamu gunakan. Kata-kata minta maaf ini juga bisa ditujukan untuk orangtua, sahabat, hingga orang kekasih.

Tunggu apa lagi? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (9/6), berikut lima puluh kata-kata minta maaf yang tulus yang ungkap penyesalan dan menyentuh hati.


Kata-kata minta maaf untuk orangtua.

foto: freepik.com



1. "Air mata mengalir hingga landasan bumi, pedih menusuk kalbu yang kerang, ketidakmampuanku kusadari kini seperti saat di kala aku yang tak mampu kau beri, aku tahu semua ini tak akan cukup untuk mu, maafkan diriku ibu, belum bisa membahagiakanmu dengan seluruh jiwa ragaku."
2. "Ayah dan ibu izinkan anakmu ini memohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang diperbuat. Semoga ayah dan ibu diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT."
3. "Hatimu sejernih air. Maafmu seluas samudera. Meski banyak kesalahan dan dosaku yang menyakiti hati, Bunda dan Ayah selalu memberi maaf. Untuk kesekian kalinya, aku meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan diri ini."
4. "Ibu, maafkan aku yang sampai saat ini masih belum bisa untuk membahagiakanmu sepenuhnya, masih saja ada kesedihan yang aku torehkan dalam setiap hari-harimu, maafkan aku, kesuksesan belum ada di tanganku, tetapi aku yakin doamu untukku dalam meraih cita-cita dan kesuksesan selalu kau panjatkan untukku."
5. "Jika ucapan membuat lara jika tindakan menjadikan luka. Wahai Ayah dan Ibu mohon maaf sebesar-besarnya."
6. "Maafkan aku bila aku telah banyak mengukir luka di hatimu ayah dan ibu.  Maaf pula jika aku telah banyak meneteskan air mata yang keluar dari mata ayah dan ibu. Sungguh aku minta maaf, aku akan berusaha menjadi anak yang mampu kalian banggakan."
7. "Tajamnya lidah ini mungkin membuat luka, angkuhnya sikap membuat kalian tersakiti. Buruknya perilaku dan sikap ini sering membuat gelisah.  Ibu ayah maafkan aku."
8. "Tiada kata paling indah bila belum memohon maaf langsung kepada orang yang telah berjasa kepadaku dari lahir. Ibu Ayah maafkan diriku bila banyak dosa kepadamu."
9. "Tidak ada kemenangan tanpa di iringi dzikrullah. Tidak ada amal tanpa keikhlasan. Tak ada ampunan tanpa saling memaafkan antar sesama. Ayah dan ibu, anakmu mohon maaf lahir dan batin."

Loading...
2 dari 3 halaman



Kata-kata minta maaf untuk sahabat.

foto: freepik.com



10. "Aku benar-benar minta maaf. Aku sudah terlalu banyak salah padamu. Ingat kan, kita pernah jadi sahabat?" (Alvi Syahrin, Little Snow in Zurich)
11. "Aku minta maaf untuk hal-hal seperti ini. Kuharap aku tahu kata-kata yang perlu diungkapkan. Tapi aku dan kamu sepertinya tak pernah melihat dari mata ke mata. Tapi aku yakin kita bisa akur." (Save Ferris, Sorry My Friend)
12. "Maafkan aku karena kekhilafanku, hanya kaulah yang dapat mengerti perasaanku, kawan."
13. "Sahabat, maafkan aku karena membutakan mata. Maafkan aku karena telah membisu kan kata-kata. Maafkan aku karena tiada berdaya."
14. "Aku bertengkar denganmu, berteriak padamu, berlaku mengesalkan, menyakitimu, tapi aku tak bisa hidup tanpamu. Maafkan aku, sahabat."
15. "Aku hanya ingin kamu ingat kalau aku menyayangimu dan kamu adalah bagian dari hidupku. Tolong abaikan perubahan suasana hatiku, peluk aku ketika terlihat kesal, beritahukan kalau segalanya akan baik-baik saja ketika aku sedih, dan jangan menganggap serius semua ucapan kasarku. Jika aku pernah menyakitimu, maafkan aku."
16. "Aku merasa bersalah karena sudah menyakitimu. Kau adalah sahabat sejatiku. Aku berhutang maaf padamu dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengucapkannya. Maafkan aku atas segala kesalahanku, sahabat."
17. "Aku merasa malu atas apa yang telah kulakukan. Aku tidak memiliki alasan. Aku telah melakukan kesalahan dan aku bertanggung jawab penuh atas tindakan itu. Aku tidak akan menyalahkan orang lain atas kesalahanku. Maafkan aku telah menyakitimu." (Louie Anderson)
18. "Aku sudah memahami kalau terkadang kata maaf saja tidak akan cukup. Terkadang aku harus benar-benar berubah." (Claire London)
19. "Aku tahu mengucapkan maaf tak akan cukup untuk segala hal yang sudah menyakitimu, tapi aku akan terus mengucapkannya jutaan kali hingga kamu memaafkanku. Maafkan aku."
20. "Aku tak akan membiarkan apa pun di dunia ini bisa menghancurkan persahabatan kita, tak juga kesalahan yang telah kulakukan. Maafkan aku atas apa yang sudah kulakukan."
21. "Aku tidak yakin berapa banyak orang yang bisa mentoleransi perubahan suasana hatiku, tapi aku yakin hanya kamu yang bisa. Maafkan aku karena sudah menyebalkan padamu."
22. "Jika aku sudah mengucapkan kebohongan, jika aku sudah membuatmu menangis, maafkan aku dari lubuk hatiku yang terdalam." (Bobby Vinton, I Apologize0
23. "Jika aku tahu tindakanku akan menyakitimu, aku akan berpikir ribuan kali sebelum melakukannya. Kau jauh lebih berharga dari yang kau kira. Maafkan aku, sahabat."
24. "Kesalahan terbesar dalam hidup adalah ketika aku menghancurkan hati teman dekatku. Aku tak akan bisa menjelaskan apa yang kurasakan. Aku benar-benar menyesali segalanya."

3 dari 3 halaman



Kata-kata minta maaf untuk kekasih.

foto: freepik.com



25. "Aku berjanji kepadamu bahwa mulai sekarang hubungan kita akan bebas dari air mata, kebohongan, dan penghinaan. Maafkan aku. Aku mencintaimu, mari kita tetap bersama."
26.  "Aku berkata "Aku mencintaimu" dan aku bersungguh-sungguh. Tapi aku menyakitimu, sekarang "Aku minta maaf" dan aku juga bersungguh-sungguh."
27. "Aku masih belum bisa memahami maksud amarah kamu, maafin aku. Aku sayang kamu."
28. "Aku percaya pada takdir dan aku percaya pada cinta, itulah sebabnya aku tahu kamu akan menerima permintaan maafku.
29. "Apapun yang terjadi, kamu tetap menjadi nomor satu bagiku. Bisakah kamu memaafkanku atas apa yang telah aku lakukan?"
30. "Bagaimana aku mengucapkan kata-kata, "Maafkan aku" ketika aku tahu bahwa kata-kata itu tidak cukup? Dan bagaimana aku bisa memintamu untuk memaafkanku ketika aku tahu aku tidak bisa memaafkan diri sendiri?"
31. "Cinta kita kuat dan tak terbatas, jangan biarkan keluhan kecil menghancurkan dunia, pengertian dan kelembutan yang indah ini. Aku mencintaimu dan aku meminta maafmu."
32. "Dengan hati yang memar dan ego yang kempes, dengan jiwa yang sedih dan kepala yang menunduk. Aku minta maaf kepadamu tanpa syarat."
33. "Homepage hubungan kita saat ini tidak dapat ditampilkan karena kesalahan server. Bisakah kita klik tombol refresh dan mulai lagi? Aku minta maaf."
34. "Jika aku tau apa yang aku lakukan ini salah, aku tidak akan melakukannya. Tolong maafkan aku, sayang."
35. "Lihatlah bintang-bintang malam ini, mereka akan berbisik: "aku minta maaf atas apa yang telah aku lakukan". Aku cinta kamu."
36. "Maaf ya jika telah membuat kamu marah. Aku yang tidak bisa mengerti keinginanmu. Tapi aku lagi belajar untuk selalu mengerti kamu."
37. "Maafkan aku yang udah bikin kamu kecewa dan sedih. Aku nggak bermaksud buat kamu marah, sayang."
38. "Permintaan maaf adalah parfum yang indah, itu dapat mengubah momen paling menyenangkan menjadi hadiah yang ramah."
39. "Permintaan memang maaf tidak ada artinya, dibandingkan dengan apa yang telah aku lakukan, tapi tetap saja, aku tahu bahwa kamu memiliki hati yang pemaaf, pengertian dan kamu tidak akan membiarkan kebencian menghancurkan cinta kita."
40. "Sayang, aku minta maaf atas sikap egoisku. Kamu telah berkorban banyak untuk aku. Aku bersyukur Tuhan mempertemukan aku dengan kamu."
41. "Sayang, aku telah mengkhianati kepercayaanmu, aku tidak berhak bertanya padamu tentang sesuatu, tapi aku ingin mengatakan bahwa cintaku padamu akan hidup selamanya. Aku mohon, maafkan aku."
42. "Sayang, yang aku inginkan hanyalah bersamamu selama sisa hidupku. Maafkan aku, aku mencintaimu.
43."Tanpamu, aku merasa kesepian, jangan sembunyikan kebencian, sayang, Ceritakan semua yang kamu rasakan. Aku akan berusaha untuk mengubah perilaku ku."
44 . "Maaf ya kalau aku belum bisa jadi yang terbaik dan hanya bisa membuatmu marah. Sekali lagi maafkan aku, sayang. Aku akan berusaha lagi untuk menjadi yang lebih baik untukmu."
45.  "Aku masih tidak mengerti bagaimana aku bisa menyakitimu, dengan sepenuh hati aku memohon padamu untuk memaafkanku, kamu adalah semua yang aku miliki."
46.  "Aku tahu kata maaf ini nggak mampu untuk menebus kesalahanku. Tapi satu hal yang perlu kamu tahu, kalau apa yang aku lakukan ke kamu itu tulus. Maafin aku."
47.  "Aku akan berusaha membuatmu bahagia. Maaf jika ada sesuatu yang salah disaat aku berusaha membuatmu senang. Maafkan aku, sayang."
48. "Aku minta maaf kepadamu. Aku nggak mau bertengkar hanya karena masalah ini dan kamu perlu tahu kalau aku sayang banget sama kamu."
49.  "Aku minta maaf untuk segala-galanya. Maaf karena membuat kamu menangis. Maaf karena membuat kamu kecewa dan sedih. Maafin aku. Aku sayang kamu."
50. "Sebesar apa pun kamu marah atas kesalahanku. Satu hal yang perlu kamu tahu kalau hatiku tetap untuk kamu. Maafin aku, ya."