Manusia merupakan makhluk sosial, karena itulah kita selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Namun tak semua orang memiliki kepekaan sosial terhadap hal-hal di sekelilingnya.

Kemampuan seseorang untuk membantu juga didasarkan pada niat dalam hati dan kemauan. Oleh sebab itu, pentingnya empati dan kepedulian adalah kunci utama yang harus senantiasa digenggam. Jangan sampai menjadi pribadi yang apatis atau tak punya rasa peduli.

Nah, beberapa kata sindiran tentang rasa peduli ini bisa menjadi bahan introspeksi diri. Kamu juga bisa mengingatkan orang lain dengan rangkaian kata ini.

Jika masih sungkan untuk mengingatkan secara langsung, kata-kata sindiran ini juga bisa kamu kutip untuk caption di Instagram atau media sosial lainnya. Siapa tahu, kata-kata ini bisa 'menyentil' perasaan pembacanya.

Tunggu apa lagi? Berikut 111 kata-kata sindiran tentang rasa peduli yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (30/1).

Kata-kata sindiran bijak tentang rasa peduli.

Kata-kata sindiran tentang rasa peduli berbagai sumber

Kata-kata sindiran tentang rasa peduli
Twitter/Program Peduli

Sudah banyak para tokoh yang menggaungkan kata-kata untuk meningkatkan kepedulian. Karena itulah, kata-kata sindiran ini dinilai bijak dan penuh makna.

Selain dirangkai dengan indah, kata-kata ini juga sangat relate dengan kondisi saat ini. Berikut kata-kata sindiran bijak tentang rasa peduli.

1. "Kamu tidak butuh uang untuk membantu orang lain, kamu hanya butuh hati untuk membantu mereka.

2. "Kedalaman makna hidup manusia ditentukan oleh kemampuan mereka untuk peduli kepada sesama." (Pablo Casals)

3. "Kami mungkin telah menemukan obat untuk sebagian besar kejahatan; tetapi tidak menemukan obat untuk yang terburuk dari mereka semua - sikap apatis dari manusia. (Helen Keller)

4. "Jangan menjatuhkan orang lain saat kamu sedang berjaya. Justru sebaliknya, raih tangan mereka dan bantu mereka yang sedang jatuh di saat kamu berjaya."

5. "Jangan pernah melupakan mereka yang peduli dengan kita ketika mereka membutuhkan mereka, serta jangan melupakan orang yang sudah membantumu bahkan ketika kamu belum meminta bantuan sekalipun."

6. "Kepedulian kita hari ini akan memberikan perbedaan berarti pada masa depan." (Morrie Schwartz)

7. "Orang lebih memerlukan kehadiran, perhatian dan kepedulian." (Deassy M)

8. "Orang-orang yang membuat Anda tertawa, yang membantu Anda ketika Anda membutuhkan. Orang-orang yang benar-benar peduli. Mereka adalah orang-orang layak di simpan dalam hidup Anda. Orang lain hanya lewat." (Karl Marx)

9. "Kemampuan manusia untuk peduli adalah sesuatu yang menjadikan hidup lebih bermakna."

10. "Yang harus dibabat adalah egoisme dan kebencian, yang mesti dirajut ialah solidaritas dan kepedulian." (Najwa Shihab)

11. "Anda bisa memperoleh segala hal yang anda inginkan dalam hidup, kalau anda cukup banyak membantu orang lain mendapatkan yang mereka inginkan." (Zig Ziglar)

12. "Kehidupan adalah tentang saling mempedulikan. Semakin banyak diri anda sendiri akan terbantu."

13. "Kepedulian adalah sumber kebahagiaan. Membahagiakan dirimu sendiri dan membahagiakan orang lain."