Brilio.net - Guru merupakan salah satu sosok yang sangat berjasa bagi hampir semua orang. Tanpa adanya guru, akan sangat sulit untuk mewujudkan cita-cita atau memajukan sebuah bangsa.

Di sekolah, guru tak hanya mengajarkan materi pelajaran sesuai kurikulum saja, tetapi juga harus mampu mendidik murid-muridnya menjadi pribadi lebih baik. Bahkan, guru pun harus bersabar ketika menghadapi murid yang bandel atau membutuhkan bantuan untuk meningkatkan nilai akademiknya.

Melalui kata-kata mutiara tentang guru, kamu bisa kembali mengingat jasa-jasa guru dalam hidupmu. Terlebih jika impianmu adalah menjadi guru, kata-kata ini juga bisa menjadi renungan dan memberikan gambaran sosok guru yang baik.

Berikut 111 kata-kata mutiara tentang guru yang penuh makna dan menyentuh hati, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (26/1).

Kata-kata mutiara tentang guru yang penuh makna.

Kata-kata mutiara guru © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Jangan mencoba untuk memperbaiki murid atau siswa kita, perbaiki diri kita sendiri terlebih dahulu."

2. "Seorang guru itu adalah orang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar."

3. "Dari semua pekerjaan berat, salah satu yang paling sulit adalah menjadi guru yang baik." - Maggie Gallagher

4. "Pendidikan adalah kunci kesuksesan dalam hidup, dan guru membuat dampak yang langgeng dalam kehidupan siswa mereka." - Solomon Ortiz

5. "Teknologi hanya sebuah alat. Dalam hal membuat siswa bekerja sama dan menjadikan mereka termotivasi, gurulah yang paling utama."

6. "Dengan belajar kamu bisa mengajar, dengan mengajar kamu bisa paham."

7. "Orang yang mendidik anak-anak itu lebih dihormati daripada orang tua, jika orang tua hanya memberikan nafkah hidup, maka pendidik memberikan seni kehidupan dengan baik."

8. "Jalan hidup seorang murid adalah warisan dan estimasi dari sang guru." - Jiraiya, anime Naruto

9. "Seorang guru itu adalah orang yang membuat dirinya sendiri makin tidak berguna."

10. "Mengajar itu bermakna belajar lebih dari dua kali."

11. "Rata-rata guru menjelaskan kerumitan, guru yang berbakat mengajarkan kemudahan."

12. "Yang paling hebat bagi seorang guru adalah mendidik, dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar." - Maimoen Zubair

14. "Jangan setengah hati menjadi guru, karena anak didik kita telah membuka sepenuh hatinya." - Ki Hajar Dewantara

15. "Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tetapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat."

16. "Satu-satunya tanda eksklusif dari pengetahuan yang menyeluruh adalah kekuatan mengajar." - Aristoteles

17. "Seorang guru mempengaruhi keabadian; dia tidak pernah tahu di mana pengaruhnya berhenti." - Henry Adams

19. "Seorang guru hanyalah sang pembuka gerbang, dan berganti kita yang melakukan bagian kita."

20. "Siswa tidak membutuhkan guru yang sempurna. Siswa membutuhkan seorang guru yang bahagia. Siapa yang akan membuat mereka bersemangat untuk datang ke sekolah dan menumbuhkan kecintaan untuk belajar."

21. "Guru adalah ujung tombak generasi tunas bangsa, gurulah yang pertama mengukir akan dijadikan apa generasi muda ini."

22. "Guru itu bukan buruh, guru adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Hargai gurumu, jayalah generasi bangsamu."

23. "Ketinggian akhlak dan kemajuan seseorang dan kemuliaan budi bisa dilihat dengan cara ia bagaimana memperlakukan dan menghargai seorang guru." - Ary Ginanjar ESQ

24. "Pendidikan merupakan pintu peradaban dunia. Pintu tersebut tidak akan terbuka kecuali dengan satu kunci. Yakni, seorang atau sosok guru yang peduli dengan peradaban dunia."

Kata-kata mutiara tentang guru yang baik.

Kata-kata mutiara guru © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

25. "Guru sejati adalah guru yang bisa membuat murid percaya akan kemampuannya sendiri, dan bangga melihat perkembangan muridnya sekecil apa pun."

26. "Guru yang baik tahu bagaimana membawa yang terbaik dalam diri siswa." - Charles Kuralt

27. "Salah satu wujud keagungannya sebagai guru sejati adalah: beliau tak pernah memosisikan orang-orang yang mengikuti ajaran yang dibawanya sebagai murid, tapi sebagai sahabat." - Anis Sholeh B.

28. "Guru yang baik itu mengajar menyentuh kehidupan selama-lamanya."

29. "Seorang guru yang baik yang bisa menerima bayaran nol dan membantu anak-anak berkembang secara fisik, emosional, sosial, secara harfiah adalah malaikat." -Eva Amurri

30. "Guru yang paling pantas mengajar adalah orang yang mendidik keluarganya dengan baik. Kesuksesan seorang guru itu bukan dilihat pada dirinya pribadi, tetapi apabila muridnya jauh lebih sukses dari gurunya."

31. "Guru yang baik itu ibarat lilin, membakar dirinya sendiri demi menerangi orang lain."

32. "Guru yang baik tidak pernah bilang muridnya bodoh, tapi guru yang baik selalu bilang, 'Muridku belum bisa'.

33. "Guru yang baik itu sangat bijaksana dan tahu hari esok pada mata anak-anak didiknya."

34. "Guru yang baik membuat murid yang jahat menjadi baik dan menjadikan murid yang baik menjadi unggul. Ketika murid-murid kita gagal, berarti kita juga telah gagal menjadi seorang guru."

35. "Seorang guru yang baik dapat mengilhami harapan, menyalakan imajinasi, dan menanamkan cinta belajar." - Brad Henry

36. "Guru sejati adalah yang mampu menghidupkan cinta dalam sanubari murid-muridnya untuk mencintai sesama karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala."

37. "Seorang guru yang berusaha mengajarkan tanpa menginspirasi muridnya dengan keinginan untuk belajar adalah seperti memalu besi dingin."

38. "Seorang guru itu adalah orang yang senantiasa memahami seperti apa muridnya dan bagaimana mendidiknya lebih baik"

39. "Seorang guru itu adalah orang yang memengaruhi keabadian serta tidak pernah bisa mengungkapkan dimana pengaruhnya berhenti."

40. "Seorang guru itu adalah orang yang menyentuh masa depan."

Kata-kata mutiara tentang guru dari para tokoh.

guru mutiara kata © berbagai sumber

foto: pixabay.com

41. "Tugas guru bukan menjejalkan pelajaran, guru harus menghidupkan pengetahuan." - Najwa Shihab

42. "Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik. Di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide. Dari belakang, seorang huru harus memberikan dorongan dan arahan." - Ki Hadjar Dewantara

43. "Seni tertinggi guru adalah untuk membangun kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan." - Albert Einstein

44. "Apa yang ingin dipelajari murid sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan guru." - Lois E. LeBar

45. "Guru dan murid semestinya jadi knowledge bulider. Tidak sekadar knowledge provider dan knowledge acquisitor." - J. Sumardianta

46. "Menjadi guru yang aktif dan kreatif harus punya motivasi yang kuat meskipun dengan keterbatasan yang ada." - Andy F. Noya

47. "Guru adalah mereka yang menunjukkan kepada kita apa yang mungkin dalam urutan yang tidak mungkin." - Paul Valéry

48. "Doa guru itu sama kuatnya dengan orang tua." - Dyah Rinni

49. "Seorang guru berpengaruh selamanya. Dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir." - Henry Brooks Adams

50."Guru adalah siapa pun dia yang ajaran dan didikannya bermanfaat bagi orang di sekitarnya." - Harly Umboh

51."Seorang guru bukanlah pemberi kebenaran, dia adalah pemandu, penunjuk jalan menuju kebenaran yang mana harus ditemukan sendiri oleh muridnya." - Bruce Lee

52. "Seorang guru yang baik dapat menginspirasi harapan, membangkitkan imajinasi, dan menanamkan cinta belajar." - Brad Henry

53. "Guru yang baik melindungi muridnya dari pengaruhnya sendiri." - Bruce Lee

54. "Guru medioker kerjanya ngomong. Guru senior kerjanya mendemonstrasikan kewibawaan. Guru terpuji kerjanya menjelaskan perkara rumit dengan cara simpel. Guru hebat kerjanya menginspirasi." - J. Sumardianta

55."Aku selalu bermimpi matahari melahirkan para guru dan guru melahirkan para matahari." - Abdurahman Faiz

56. "Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum." - Ki Hadjar Dewantara

57. "Guru biasa memberitahukan. Guru baik menjelaskan. Guru ulung memeragakan. Guru hebat mengilhami." - William Arthur Ward

58. "Seorang guru yang mencoba mengajar siswanya tanpa memberikan inspirasi agar mereka memiliki hasrat untuk belajar adalah seolah memalu besi yang sudah dingin." - Horace Mann

59. "Kerja seorang guru tidak ubah seperti kerja seorang petani yang senantiasa membuang duri serta mencabut rumput yang tumbuh di celah-celah tanamannya." - Abu Hamid Al Ghazali

60. "Jalan hidup seorang murid adalah warisan dan estimasi dari sang guru." - Jiraiya

Kata-kata mutiara terima kasih untuk guru.

guru mutiara kata © berbagai sumber

foto: pixabay.com

61. "Terima kasih telah menjadi guru kami dan membimbing ke jalan hidup yang benar."

62. "Terima kasih telah sabar mendidikku dan tak pernah lelah membagikan ilmumu kepadaku."

63. "Terima kasih karena engkaulah kami dapat membuka jendela dunia."

64. "Untukmu guruku, kami tidak pernah bisa cukup berterima kasih atas seluruh dedikasi, kebijaksanaan, dan tanggung jawabmu."

65. "Merupakan suatu kehormatan untuk belajar banyak hal dari Anda; terima kasih telah menginspirasi saya! Kami membutuhkan lebih banyak pengajar seperti Anda di sekolah dan universitas kami."

66. "Pesan indah ini untuk pensiunan guru saya yang jasanya di sekolah kami sangat dihargai dan yang telah menjadi salah satu pendukung sekolah kami dengan pengajarannya yang baik. Guru, saya berterima kasih dengan sepenuh hati atas layanan Anda."

67. "Guru terbaik tidak memberi Anda jawaban, tetapi mereka memicu keinginan Anda untuk menemukan jawabannya sendiri."

68. "Pada hari ini kami menghormati guru seperti Anda, yang memberikan diri mereka dalam semua yang mereka lakukan. Jadi terima kasih, guru saya, untuk semua yang Anda berikan. Saya bersyukur menjadi murid Anda."

69. "Guru seperti Anda adalah alasan mengapa siswa biasa seperti kami bermimpi melakukan hal-hal yang luar biasa."

70. "Guru adalah seseorang yang memelihara jiwa anak didiknya seumur hidup. Selamat Hari Guru untuk semua guru!"

71. "Terimalah rasa hormat dan harapan terbaik saya untuk Anda selamanya guruku!"

72. "Semua upaya dan kerja keras yang Anda investasikan untuk menghasilkan yang terbaik dalam diri kami tidak akan pernah terbayar dengan kata-kata. Kami hanya bisa merasa bersyukur memiliki guru seperti Anda!"

73. "Anda adalah sumber inspirasi bagi saya. Anda telah mengajari saya lebih dari buku mana pun. Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa!"

74. "Guru harus memimpin dengan memberi contoh dan Anda selalu menjadi contoh yang sangat baik untuk diikuti. Sebagai seorang siswa, saya merasa sangat bersyukur memiliki mentor yang hebat dalam hidup saya."

75. "Kebijaksanaan, dedikasi, dan kebaikan Anda akan selalu membawa kami ke jalan yang benar dan menginspirasi kami untuk menjadi manusia yang lebih baik."

76. "Guru yang terkasih, saya ucapkan Selamat Hari Guru. Terima kasih telah menjadi cahaya penuntun dan telah menginspirasi saya untuk berhasil dalam studi saya. Anda adalah guru terbaik."

77. "Seorang guru itu adalah orang yang menyentuh masa depan."

78. "Menjadi guru adalah panggilan jiwa. Kita akan sangat kesulitan memajukan pendidikan jika seseorang ingin menjadi guru sekadar untuk mencari nafkah."

79. "Guru yang baik tidak pernah bilang muridnya bodoh, tapi guru yang baik selalu bilang, 'Muridku belum bisa'."

80. "Menjadi pendidik adalah salah satu perbuatan baik tanpa syarat. Terimakasih Guru."

81. "Sepandai apa pun seorang siswa, peran guru tetap sangat penting sebagai pendidik dan pembimbing."

82. "Bukan harta yang harus kita berikan untuk menghormati guru, bukan benda yang harus kita berikan untuk membuat senang hati guru. Tapi sikap kita dan penghormatan kita kepadanya yang bisa membuatnya senang."

83. "Guru yang bijak ialah mereka yang mengajar sesuai dengan apa yang siswa butuhkan. Tidak semata-mata harus berdasarkan kurikulum yang kaku dan membelenggu."

84. "Seorang guru itu adalah orang yang mengajarkan kemudahan, bukan malah menjelaskan kerumitan."

85. "Guru adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah."

Kata-kata mutiara tentang guru dalam bahasa Inggris.

guru mutiara kata © berbagai sumber

foto: pexels.com

86. “Because of you a bright future is within my grasp. Thank you for inspiring me.” (Karena Anda, masa depan yang cerah dapat saya raih. Terima kasih telah menginspirasiku.)

87. “Thank you for your patience, putting up with me, and encouraging me in every way.” (Terima kasih atas kesabaranmu, menghadapiku, dan menyemangatiku dalam segala cara.)

88. “You are caring, enlightening and the greatest teacher I have ever had. I am so fortunate to learn from you.” (Anda penyayang, mencerahkan, dan guru terbaik yang pernah saya miliki. Saya sangat beruntung telah belajar dari Anda.)

89. “I am grateful to be your student. Thank you for challenging me to be my best and instilling in me a passion for learning.” (Saya bersyukur menjadi muridmu. Terima kasih telah menantang saya untuk menjadi yang paling baik dan menanamkan rasa ingin belajar dalam diri.)

90. “The best teachers don’t give you the answer, they spark within you the desire to find the answer yourself.” (Guru terbaik tidak memberikanmu jawaban, mereka menyulut keinginan di dalam dirimu untuk menemukan jawabannya sendiri.)

91.“If I have to grade a teacher like you, I’ll give you and A+ all the way through.” (Jika saya harus menilai guru seperti Anda, saya akan memberikan Anda nilai A+ seluruhnya.)

92. “To the world you may be just a teacher but to me you are simply the best teacher.” (Bagi dunia mungkin Anda hanya seorang guru, namun bagiku Anda adalah guru terbaik.)

93. “I’ll remember and thank you for always being there for me.” (Saya akan mengingat dan berterima kasih padamu atas selalu ada untukku.)

94. “You are the reason why I love learning. Thank you for making education fun and not boring.” (Anda adalah alasan kenapa saya suka belajar. Terima kasih telah membuat pelajaran menyenangkan dan tidak membosankan.)

95. “I appreciate all of your hard work every single day. Thank you for teaching me to be the best I can be.” (Saya menghargai semua kerja keras Anda setiap harinya. Terima kasih telah mengajari saya untuk menjadi sebaik mungkin.)

96. "Thank you dearest teacher for lighting, guiding and showing me the way." (Terima kasih guru tersayang untuk penerangan, bimbingan dan menunjukkan jalan kepada saya.)

97. "Thank you for inspiring me, my teacher." (Terima kasih telah menginspirasi, guruku.)

98. "Thank you for your patience, putting up with me, and encouraging me in every way." (Terima kasih atas kesabaranmu, menghadapiku, dan menyemangatiku dalam segala cara.)

99. "I am so fortunate to learn from you." (Saya sangat beruntung telah belajar dari Anda.)

100. “You are the reason why I love learning. Thank you for making education fun." (Anda adalah alasan kenapa saya suka belajar. Terima kasih telah membuat pelajaran menyenangkan .)

101. "I appreciate all of your hard work every single day. Thank you for teaching me to be the best I can be." (Saya menghargai semua kerja keras Anda setiap harinya. Terima kasih telah mengajari saya untuk menjadi sebaik mungkin.)

102. “Wishing you joy and happiness, you are an amazing teacher, and you only deserve the best.” (Semoga Anda bahagia dan senang selalu, Anda guru yang luar biasa, dan Anda berhak mendapatkan yang terbaik.)

103. “I cherish you dear teacher, you’ve touched my life and I can’t thank you enough!” (Saya sangat menyayangimu, Guru. Anda telah menyentuh hidupku dan saya tidak bisa berhenti berterima kasih.)

104. “Pushing me to reach my potential led me to dream big and do extraordinary things. Thank you my teacher!” (Mendorongku untuk mencapai potensialku mengantarkanku pada bermimpi besar dan melakukan hal-hal luar biasa. Terima kasih, guruku!)

105. “Thank you for lighting, guiding and showing me the way.” (Terima kasih telah menerangkan, menuntun, dan menunjukan jalannya.)

106. "Students need teacher, like a person needs for light in the darkness." (Siswa membutuhkan guru, selayaknya seseorang yang membutuhkan cahaya di kegelapan.)

107. "Dear teacher, without you I’ll never be smarter." (Guruku yang tersayang, tanpa mu aku tak ‘kan menjadi lebih pintar.)

108. "People always think that teachers are heroes, but for me, they are everything." (Orang-orang selalu beranggapan bahwa guru adalah pahlawan, tapi untuk ku, mereka adalah segalanya.)

109. "Thank you my teacher. I’ll never forget all your hard work, forever." (Terima kasih guruku. Aku tak ‘kan melupakan semua jasa-jasamu, selamanya.)

110. "I always remember how my teacher helped me to become greater and greater." (Aku selalu mengingat bagaimana guruku membantuku menjadi lebih hebat dan lebih hebat lagi.)

111. "All the respect and honor I devote to you, teacher. All your kindness I will always remember." (Semua rasa hormat dan kemuliaan aku berikan padamu, guru. Semua jasa-jasa mu ‘kan ku ingat selalu.)