Brilio.net - Lebaran Idul Fitri 1443 sudah didepan mata. Dapat dipastikan bahwa seluruh umat muslim di dunia tengah mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Mulai dari membeli pakaian baru, membuat kue kering dan juga mudik ke kampung halaman.

Tradisi maaf memaafkan pun tidak boleh sampai ketinggalan dalam Lebaran 1443 Hijriah kali ini. Dengan meminta maaf maka kita sudah dikatakan telah meraih kemenangan. Karena mampu melapangkan hati memaafkan atau meminta maaf dengan tulus.

Ucapan maaf tidak mesti harus berjabat tangan langsung. Lantaran terpisah jarak dengan sanak saudara, ucapan Lebaran tetap bisa disampaikan lewat pesan teks, whatsapp, atau media sosial lainnya.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/4) berikut ucapannya.

1. "Sunset Ramadhan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari, membawa cahaya kedamaian di penghujung Ramadhan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidzin walfaizin."

2. "Jiwa-jiwa kembali putih seakan terlahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit Ilahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki. Selamat Idul Fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin."

3. "Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin."

4. "Waktu mengalir deras bagaikan air. Ramadhan yang suci akan segera berakhir. Untuk salah yang pernah kubuat, khilaf yang pernah terucap, pintu maaf selalu kuharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri."

5. "Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang tersakiti oleh buruknya sikap dan perilaku. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin."

6. "Aku memang bukan matahari yang bisa membuatmu membedakan siang dan malam. Tapi setidaknya cahaya kecilku ini bisa berarti di hari raya ini. Minal aidzin walfaidzin."

7. "Kalbu tak pernah memberhala atau menghantui dan dari sanalah maaf berada secara asli. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin."

8. "Senang memaafkan dengan sesadar-sadarnya. Sadar pula kita sering berbuat khilaf. Selamat hari Raya Idul Fitri 1443 H. Mohon untuk kita saling memaafkan. Barakallah."

9. "Sucikan hati dengan dzikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman, dengan kerendahan hati saya mengucapkan selamat Lebaran 1443 H."

10. "Ramadhan telah berlalu namun kerinduan kepadanya tak juga hilang. Ya Rabb pertemukanlah kami kembali dengannnya. Selamat Idul Fitri 1443 H."