Brilio.net - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Tentunya sudah banyak persiapan yang dilakukan orang, baik itu menyiapkan pakaian baru, kue untuk lebaran, hingga THR untuk keluarga dan lain sebagainya.

Menyambut hari kemenangan memang menjadi momen menyenangkan. Terlebih bagi mereka yang bisa berkumpul bersama keluarga. Suasana Lebaran tentunya menjadi semakin bermakna dan meriah.

Selain beberapa persiapan di atas, ada hal yang tidak boleh kamu lupakan, yakni berdoa. Menyambut Idul Fitri, kamu harus menghafalkan bacaan doa menyambut Idul Fitri. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, doa memiliki harapan yang baik bagi yang mendengarkannya.

Doa menyambut Idul Fitri juga merupakan hal baik yang dicontohkan oleh sahabat Nabi. Seperti yang tertuang di dalam kitab Fathul Bari Juz II Halaman 446 sebagai berikut.

Ibnu Hajar Al Asqalani (pengarang kitab Fathul Bari) berkata, "Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia (Jubair bin Nufair) berkata: "Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya:

Loading...

"Taqabbalallahu minnaa wa minka."

Ada beberapa versi doa yang bisa kamu baca menjelang Idul Fitri. Di antaranya:

Taqobalallahu minna wa minkum.

Artinya: "Mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian."

Taqobalallahu minna wa minkum, taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.

Artinya: "Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia."

Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah!"

Jawaban dari Taqobalallahu Minna Wa Minkum

Jika kamu mendengar atau ada seseorang yang memberikan kamu doa "taqobalallahu minna wa minkum", maka kamu bisa membalasnya dengan "minna waminkum taqobbal ya karim."

Segala sesuatu yang disampaikan dengan baik, maka akan mendapatkan yang baik pula. Membaca doa dalam berbagai kesempatan akan membuat seseorang menjadi lebih tenang dan fokus dalam menjalani berbagai aktivitas.

Doa memiliki kekuatan tersendiri, orang yang selalu membaca doa sebelum melakukan aktivitas atau dalam kesempatan apa pun akan membuat dirinya menjadi lebih tenang, karena itu merupakan cara ia bersyukur dan percaya Allah akan selalu menjaganya.