Brilio.net - Di era globalisasi seperti sekarang ini, tak sedikit orang kehilangan rasa nasionalisme dan patriotisme terutama di kalangan generasi muda. Kecanggihan dan kemudahan mengakses informasi memang sedikit banyaknya mempengaruhi pola pikir seseorang. Terlebih kini gaya hidup orang yang kian hari terus berubah mengikuti perkembangan zaman.

Bagaimana sih agar rasa nasionalisme seseorang bisa tetap terjaga? Salah satunya dengan belajar sejarah, Indonesia memiliki sejarah yang cukup menarik untuk dipelajari, tak hanya sekadar bagaimana bangsa ini mampu mengusir penjajah, namun juga sejarah-sejarah yang bahkan dipelajari dunia.

Sekarang ini beragam musik dan aliran telah bermunculan. Sebagai generasi muda tentu sudah tidak asing dengan lagu-lagu kekinian, namun sangat asing dengan lagu-lagu wajib nasional. Tak sedikit yang bahkan tidak hafal dengan lagu-lagu nasional tersebut, ini dikarenakan mereka enggan dan tidak suka mendengarkannya.

Melestarikan budaya daerah juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa nasionalisme seseorang. Indonesia memiliki beragam kebudayaan dan bahasa, sangat menarik jika ingin dipelajari.

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan rasa nasionalisme dengan membaca kata-kata inspirasi perjuangan yang penuh semangat. Seperti berikut ini, beberapa kata-kata kemerdekaan yang bisa membakar semangat kamu untuk lebih mencintai Tanah Air. Seperti apa? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (13/7).

Loading...

1. "Kemerdekaan ini bukanlah hadiah dari Belanda, kemerdekaan ini tidaklah didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa."

2. "Jadikan perbedaan sebagai sebuah keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan banyaknya warna, dan janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai kesombongan akan rasa paling benar dalam berfikir dan bertindak, karena perbedaanlah yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah. Merdeka!"

3. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah. Perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."

4. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."

5. "Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku."

6. "Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, Jasa yang punya tujuan "Merdeka atau Mati", Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta."

7. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita."

8. "Apabila kita tak mampu memberikan yang terbaik bagi negara, agama maupun keluarga. Maka tancapkanlah dengan sifat jujur, peduli dengan rakyat, dan pada diri sendiri. Karena tanpa sebuah kejujuran, negara maupun isinya akan terasa rapuh dan pasti akan mudah kembali terjajah."

9. " Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan."

10. "Hidup ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka bersungguh-sungguhlah dalam berjuang."

11. "Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa adanya kerja keras dan perjuangan. Tidak ada hasil dari perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa."

12. "Merah darahku merupakan ungkapan jika semangat yang terus berkobar tak akan padam sampai pada tetesan darah terakhir. Putih tulangku merupakan mental baja yang tak akan pernah pudar walaupun panasnya peluru menembus tubuh kita yang renta."

13. "Tuhan menciptakan bangsa untuk maju melawan kebohongan elit kalangan atas, hanya bangsanya sendiri yang mampu merubah nasib negerinya sendiri."

14. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."

16. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

17. "Jangan hanya di medsos saja semangat kemerdekaan dirasakan tetapi juga dalam hati kita tentu harus terus berkobar semangat mengisi kemerdekaan "Dirgahayu Republik Indonesia".

18. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah . Dirgahayu, Indonesiaku."

19. "Merah Putih dalam dada berkibar terhempas kibasan sayap burung garuda, untukmu Indonesia tercinta bukti perjuangan para pahlawan bangsa."

20. "Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkan lah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih warna benderamu."

Apa yang kita rasakan sekarang ini tidak lepas dari semua perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Oleh karenanya, sebagai generasi penerus bangsa kita harus selalu menjaga rasa nasionalisme tinggi, agar bangga Tanah Air. Seperti yang sering disampaikan oleh Bung Karno dan pahlawan lainnya, bahwa kita harus senantiasa melindungi bangsa dan negara ini.

Kata-kata kemerdekaan © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@sejarahindonesia_45

21. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - M. Hatta.

22. "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri." - R.A. Kartini

23. "Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka ... Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka" - Bung Tomo.

24. "Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh tuhan memberikan cinta dalam hatimu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri." - Ir. Soekarno.

25. "Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya." - Ir. Soekarno.

26. "Orang tidak bisa mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia. Tuhan bersemayam di gubuknya si miskin. - Ir. Soekarno.

27. "Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang." - Ir. Soekarno.

28. "Bangsa yang terdiri dari kaum buruh belaka dan menjadi buruh antara bangsa-bangsa. Tuan-tuan hakim itu bukan nyaman. Tidaklah karenanya wajib tiap-tiap nasional mencegah keadaan itu dengan seberat-beratnya?" - Ir. Soekarno.

30. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - Mohammad Hatta.

31. "jika ada yang layak disebut pahlawan, maka ribuan rakyat yang gugur itulah yang paling layak menyandang sebutan pahlawan." - Bung Tomo.

32. "Kemerdekaan merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, tetapi juga merupakan sebuah gedung yang kosong. Menjadi tugas pendukung-pendukungnya untuk mengisi kemerdekaan." - Mohammad Hatta.

33. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa." - Ki Hadjar Dewantara.

34. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa." - Buya Hamka.

35. "Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka… Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka."

36. "Jangan kita serang musuh sebelum mereka menyerang kita. Jika musuh menyerang lebih dahulu, maka akan kita balas dengan penuh perjuangan."

37. "“Apakah saudara-saudara siap membela kemerdekaan Indonesia? Dan siap membela tanah air Indonesia dengan jiwa dan raga, bahkan sampai titik darah penghabisan?"

38. "Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri."

39. "Kami tentara Republik Indonesia akan timbul dan tenggelam bersama negara."

40. "Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang."