Menyatukan dua insan dengan karakter yang berbeda dalam suatu ikatan pernikahan memanglah tidak mudah. Pasalnya masing-masing memiliki perbedaan dari segala aspek. Bukan segi fisik, yaitu laki-laki maupun perempuan, melainkan dari segi cara memperlakukan 'hidupnya' sendiri.

Belasan atau bahkan puluhan tahun hidup di lingkup yang berbeda, pola asuh yang tidak sama, lalu tiba-tiba bertemu dan tiba-tiba saling mengucap rindu. Apalagi menikah bukan hanya soal satu hingga dua tahun tinggal bersama.

Jodoh yang ditemui dan akhirnya melenggang ke arah lebih serius atau pernikahan, tentunya perlu persiapan yang matang. Tahapan menuju mahligai rumah tangga adalah sebuah proses yang harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya hanya terjadi sekali seumur hidup. Jika tidak dipikirkan dengan matang dan menimbang beragam aspek, pernikahan bisa saja kandas di tengah jalan.

Kata mutiara pernikahan seolah memantapkan niat seseorang untuk membawa hubungannya ke arah yang lebih serius. Bermodal kemapanan baik hati maupun materi, dua orang berencana membina rumah tangga. Pernikahan sebagai pengikat janji suci dua orang untuk bersama membangun rumah tangga yang harmonis.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/9), inilah kata-kata mutiara pernikahan yang romantis dan penuh makna.

Kata-kata mutiara pernikahan menyentuh hati.

kata mutiara pernikahan romantis © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

1. "Pernikahan adalah ibadah, dan setiap ibadah bermuara pada cinta-Nya sebagai tujuan. Sudah sewajarnya setiap upaya meraih cinta-Nya dilakukan dengan sukacita."

2. "Pernikahan yang sukses adalah jatuh cinta sering kali dan selalu terhadap orang yang sama."

3. "Pernikahan itu sekali seumur hidup. Pasangan yang kamu pilih adalah pasanganmu sampai mati. Salah atau benar, itulah pasanganmu." – Anggun Prameswari

4. "Pernikahan bagaikan rantai dari cincin emas, diawali dengan secercah sinar terang dan diakhiri oleh keabadian."

5. "Pernikahan seperti mosaik yang kita buat dengan pasangan kita, jutaan momen kecil yang menjadi kisah cinta.”

6. "Ada empat persyaratan dalam setiap pernikahan yang membahagiakan. Yang pertama adalah iman, dan sisanya adalah kepercayaan." - Elbert Hubbard

7. "Dua jiwa namun satu pikiran, dua hati namun satu perasaan."

8. "Cinta tidak menciptakan pernikahan. Pernikahan yang sadar, terencana, menciptakan cinta. Hal yang sama terjadi dalam semua hubungan."

9. "Kenali masalahnya, ketahui risikonya, dan pelajari solusinya. Ini modal kamu untuk bisa punya pernikahan yang bahagia nanti."

10. "Bukan karena kurangnya cinta, tapi kurangnya persahabatan yang membuat pernikahan tidak bahagia. – Friedrich Nietzsche

11. "Aku tak pernah menunggumu. Kamu tak pernah sengaja datang. Tapi kita sengaja dipertemukan Tuhan. Entah untuk saling duduk berdampingan atau saling memberi pelajaran. Entah untuk saling mengirim undangan pernikahan, atau duduk bersama di pelaminan." - Rohmatikal Maskur

12. "Pernikahan bagaikan melihat daun yang jatuh di musim gugur: Selalu berubah dan semakin indah setiap hari."

13. "Pernikahan adalah latihan untuk menjadi sahabat yang antusias dan penuh semangat.”

14. "Seperti sepasang sepatu, berdua namun tetap satu. Karena satu saja tidak akan berguna."

15. "Kita jatuh cinta bukan karena menemukan orang yang sempurna, melainkan karena melihat kesempurnaan pada orang yang tidak sempurna."

16. "Dalam perhitungan cinta, satu tambah satu sama dengan tak terhingga. Sedangkan dua kurang satu sama dengan nol."

17. "Salah satu sumber kebahagiaan yang terbesar adalah bangun pagi dan melihat wajahmu.”

18. "Bukalah matamu lebar-lebar sebelum pernikahan, dan setengah tertutup sesudahnya." – Benjamin Franklin

19. "Tidak ada persahabatan yang lebih indah, bersahabat, dan menyenangkan selain pernikahan yang baik.”

20. "Mencintai seseorang memberikan kita kekuatan, dicintai memberikan kita keberanian."

21. "Apa yang membuat pernikahan orang tua dulu langgeng berpuluh-puluh tahun? Karena mereka jatuh cinta setiap hari pada orang yang sama. Itulah yang terjadi. Maka, kesedihan apa pun, ujian seberat apa pun bisa dilewati dengan baik." – Tere Liye

22. "Pernikahan bagaikan sidik jari, keduanya berbeda namun sama-sama indah."

23. "Pasanganmu adalah rezekimu, pilihan adalah takdirmu. Maka janganlah memandang kepada selain milikmu dan janganlah membanding-bandingkan dengan yang bukan milikmu."

24. "Jatuh cintalah kepada dia yang bisa membuat kamu menjadi diri sendiri. Dia yang membuat kamu merasa nyaman setiap saat. Dia yang mampu membuatmu sadar bahwa kamu berhak bahagia."

25. "Suami istri adalah partner dalam pernikahan, bukan seperti pembantu dan majikan. Keduanya harus ikhlas berbagi peran agar rumah tangga bisa seiring sejalan."

26. "Tinggal bersama orang tua ataupun mertua, keduanya punya ujian yang sama, yaitu bagaimana berusaha untuk tetap menghormati orang tua atau mertua di saat hati dan pikiran tak sejalan dengan mereka."

27. "Adalah kemustahilan bila berharap sebuah hubungan selamanya diisi sama yang manis-manis doang. Sebuah hubungan pun perlu yang namanya ujian."

28. "Dalam pernikahan, yang terpenting adalah sah, bukan wah. Yang wajib adalah mahar, bukan mahal."

29. "Pernikahan adalah pelangi antara dua hari dari berbagai perasaan, cinta, kesedihan, kebahagiaan, kejujuran, kepercayaan, rahasia, rasa hormat, dan bekerja sama untuk mencapai surga."

30. "Jangan menjadi istri yang baktinya hanya ketika suami sedang banyak uang, namun harus hadir pula ketika suami sedang banyak masalah dan berada di titik terendahnya."

31. "Pernikahan itu seperti menentukan sepatu, kamu yang lebih tahu sepatu mana yang pas tempat kamu berpijak untuk melanjutkan hidup."

32. "Jangan bandingkan pernikahanmu dengan orang lain, setiap rumah tangga pasti ada kesulitannya masing-masing."

33. "Tidak ada keluarga sempurna, terkadang ribut, berdebat, bahkan tidak saling sapa dan bicara. Namun keluarga tetaplah keluarga, tempat pulang, dan keluarga adalah orang yang tahu baik buruknya kita."

34. "Jika engkau ingin istrimu jadi guru bagi anakmu, maka engkau pun harus jadi guru bagi anakmu."

35. "Lelaki harus bekerja keras karena harus membahagiakan dua ibu, yakni ibunya dan ibu dari anak-anaknya."

36. "Pernikahan adalah selalu bersama dan tetap dalam satu tujuan, meski dengan cara yang terkadang berbeda."

37. "Bongkahan es itu akan meleleh tatkala sinar mentari selalu menyinarinya tanpa lelah. Begitu pula dengan hati ini, yang akan selalu berbunga ketika kau sirami dengan cinta dan perhatian."

38. "Kecup kening istrimu dan cium tangan suamimu, nyatakan pernyataan lahir batin dengan tulus. Lalu katakan semoga rumah tangga kita semakin solid, hubungan kita semakin hangat dan dianugerahi rezeki yang berkah."

39. "Ini bukan akhir pencarian. Ke depan, akan banyak sekali hal baru yang akan kamu temui. Salah satunya, mencari celah untuk bisa menerima perbedaan. Ini tidak mudah, tapi kita mesti lebih bijak."

40. "Kebanyakan orang-orang habis menikah itu lupa, sebenarnya esensi pernikahan itu kalau mau didalami yang pasti nggak ada bosannya. Karena ada rasa ketakutan, rasa selalu ingin memiliki, dan ada berbagai macam perasaan yang cuma bisa kita rasain sama pasangan kita."

41. "Menikah ternyata bukan perkara sah saja karena harus belajar seni bersabar terhadap pasangan. Harus belajar seni ikhlas untuk menerima kondisi pasangan dan seni menahan ego demi pasangan."

42. "Pria sejati tak habiskan waktunya untuk mencari wanita lain karena dia terlalu sibuk mencari cara baru untuk mencintai wanitanya."

43. "Menikah atau membangung rumah tangga bukanlah suatu yang mudah. Dalam berumah tangga tentunya akan banyak permasalahan baik dari dalam maupun dari luar."

44. "Saling terbuka antara suami dan istri merupakan salah satu hal yang penting dalam membangun rumah tangga harmonis supaya tidak ada kecurigaan antara satu sama lain."

45. "Jangan harap ada yang maksimal dari sesuatu yang tegesa-gesa, termasuk tergesa-gesa dalam hal memilih pasangan hidup."

46. "Cinta bukan hanya sesuatu yang kamu rasakan, tapi juga sesuatu yang kamu lakukan."

47. "Tidak semua orang beruntung menikah dengan cinta sejatinya. Tapi semua orang bisa beruntung menjadikan orang yang dinikahi sebagai cinta sejatinya." - Tere Liye

48. "Menikah membuatku mengerti bahwa pada titik tertentu manusia membutuhkan seseorang yang lebih dari keluarga." - Aisha Blackwell

49. "Nasihatilah istrimu dengan mewakilinya dengan pujian. Mulailah dengan perkataan yang baik dan lembut, kemudian barulah menasihatinya dengan bijaksana."

50. "Kutitipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan rida-Mu."

Kata-kata mutiara islami pernikahan, bikin adem.

kata mutiara pernikahan romantis © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

51. "Suami perlu belajar Islam untuk menjaga keluarga dari siksa api neraka. Istri perlu belajar Islam untuk mendidik anak-anaknya. Anak perlu belajar Islam untuk mendoakan kedua orang tuanya."

52. "Menikah itu bukan tentang 1 atau 2 hari. Tapi untuk sehidup sesurga. Oleh karena itu yuk persiapkan bekal yang cukup, baik lahir maupun batin, agar pernikahan menjadi pernikahan yang sakinah, mawaddah, warahmah."

53. "Jangan pilih suami hanya karena tampan atau mapan, tapi pilihlah yang baik agamanya karena jika ia cinta, ia akan memuliakanmu, dan jika ia marah tidak akan menghinamu."

54. "Istri yang paling beruntung adalah dia yang dikaruniai Allah seorang suami yang penyabar dan penyayang, penuh kehangatan dan kelembutan, suka menolong dan berhati tulus. Jika dia pergi, istri merindukan dan ingin terus berdekatan."

55. "Penuhilah rumahmu dengan kelembutan dan rasa cinta, maka suamimu akan memberikan kecintaan, penghormatan, dan kasih sayang." - Syaikh Muhammad Umar Bazmul Hafidzahullah

56. "Kenikmatan Allah kepada suami adalah memiliki istri yang mencintainya."

57. "Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik bagi istrinya dan aku adalah orang yang terbaik di antara kalian terhadap istriku." - HR. At-Tirmidzi

58. "Wahai suami perhatikan perangaimu terhadap istri dan keluargamu. Karena kebahagiaan seorang wanita adalah ketika mendapatkan seorang pasangan yang memperlakukan dia dengan sangat baik dan hal itu tidak dapat dibantah."

59. "Allah bisa mengambil suami kita kapan saja, Allah bisa membolak-balikkan hati suami kita kapan saja. Maka kalau ingin suami baik, hubungan rumah tangga baik, mendekatlah dulu kepada Allah sang pemilik segalanya."

60. "Jangan menikah hanya karena didesak umur. Menikahlah kalau kamu sudah yakin bahwa dengannya surga akan lebih dekat kepadamu."

61. "Menikah itu cinta yang diberkahi. Awalnya janji, selanjutnya adalah ibadah, penghujungnya insyaallah rida Ilahi."

62. "Wanita shalihah tidak pernah takut menikah dengan lelaki yang miskin harta. Melainkan yang ditakutkan adalah menikah dengan lelaki yang miskin ilmu dan miskin tanggung jawab."

63. "Pernikahan yang bahagia adalah menyatunya dua insan yang bersedia saling mengerti, memahami, dan saling memaafkan."

64. "Sebaik-baik cinta adalah pernikahan. Dan sebaik-baik mencintai adalah saling mendoakan."

65. "Carilah lelaki yang bisa mengubah hidupmu menjadi shalihah. Bukan ia yang hanya mampu mengubah statusmu dari single menjadi menikah."

66. "Walau dengan siapa pun Allah menjodohkan kita, bersyukurlah dengan kelebihannya dan bersabarlah dengan kekurangannya."

67. "Tujuan dalam pernikahan bukan untuk berpikir sama, tapi untuk berpikir bersama."

Kata-kata mutiara pernikahan dalam bahasa Inggris.

kata mutiara pernikahan romantis © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

68. "A great marriage isn’t something that just happens; it’s something that must be created." — Fawn Weaver

(Pernikahan yang indah bukanlah sesuatu yang terjadi begitu saja; itu adalah sesuatu yang harus diciptakan.)

69. "The beauty of marriage is not always seen from the very beginning but rather as love grows and develops over time." — Fawn Weaver

(Keindahan pernikahan tidak selalu terlihat dari awal tetapi lebih sebagai cinta yang tumbuh dan berkembang dari seiring waktu.)

70. "When you make the sacrifice in marriage, you’re sacrificing not to each other but to unity in a relationship." — Joseph Campbell

(Ketika kamu berkorban dalam pernikahan, kamu berkorban bukan untuk satu sama lain tetapi untuk kesatuan dalam suatu hubungan.)

71. "Many marriages would be better if the husband and the wife clearly understood that they are on the same side." — Zig Ziglar

(Banyak pernikahan akan lebih baik jika suami dan istri mengerti dengan jelas bahwa mereka berada di pihak yang sama.)

72. "A long marriage is two people trying to dance a duet and two solos at the same time." — Anne Taylor Fleming

(Pernikahan yang langgeng adalah dua orang yang mencoba menari duet dan solo pada saat yang sama.)

73. "Marriage is more than finding the right person. It is being the right person." — Unknown

(Pernikahan lebih dari sekadar menemukan orang yang tepat. Hal itu tentang menjadi orang yang tepat.)

74. "A happy marriage is a long conversation which always seems too short." — Andre Maurois

(Pernikahan yang bahagia adalah percakapan panjang yang selalu terasa terlalu singkat.)

75. "A good husband is never the first to go to sleep at night or the last to awake in the morning." — Honore de Balzac

(Suami yang baik tidak pernah menjadi yang pertama tidur di malam hari atau yang terakhir bangun di pagi hari.)

76. "Marriage is not about age; it’s about finding the right person." — Sophia Bush

(Pernikahan bukan tentang usia; hal itu tentang menemukan orang yang tepat.)

77. "What counts in making a happy marriage is not so much how compatible you are, but how you deal with incompatibility." — Leo Tolstoy

(Yang penting dalam menciptakan pernikahan yang bahagia bukanlah seberapa cocok dirimu, tetapi bagaimana kamu menghadapi ketidakcocokan.)

Kata-kata mutiara pernikahan dari orang terkenal.

kata mutiara pernikahan romantis © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

78. "Ada empat persyaratan dala setiap pernikahan yang membahagiakan. Yang pertama adalah iman, dan sisanya adalah kepercayaan." - Elbert Hubbard

79. "Komitmen, kesetiaan, nafsu, dan cinta adalah bagian dari pernikahan." - Lala Purwono

80. "Pernikahan yang memuaskan adalah pernikahan yang diisi dengan lima kali lebih banyak percakapan yang positif daripada yang negatif." - Paus Yohanes Paulus II

81. "Pernikahan yang sukses selalu segitiga: Seorang pria, seorang wanita dan Allah." - Cecil Myers

82. "Pernikahan tidak saja berisi pelukan tapi juga perkelahian." - Gede Prama

83. "Apa yang membuat pernikahan orang tua dulu langgeng berpuluh-puluh tahun? Karena mereka jatuh cinta setiap hari pada orang yang sama. Itulah yang terjadi. Maka, kesedihan apa pun, ujian seberat apa pun bisa dilewati dengan baik." - Tere Liye

84. "Pernikahan itu sekali seumur hidup. Pasangan yang kamu pilih adalah pasanganmu sampai mati. Salah atau benar, itulah pasanganmu." - Anggun Prameswari

85. "Pernikahan adalah ibadah, dan setiap ibadah bermuara pada cinta-Nya sebagai tujuan. Sudah sewajarnya setiap upaya meraih cinta-Nya dilakukan dengan sukacita." - Asma Nadia

86. "Ketika Anda membuat pengorbanan dalam pernikahan, Anda tidak hanya mengorbankan satu sama lain tetapi kesatuan dalam suatu hubungan." - Joseph Campbell

87. "Pernikahan yang sukses adalah jatuh cinta sering kali dan selalu terhadap orang yang sama." - Mignon McLaughlin

88. "Cinta tidak menciptakan pernikahan. Pernikahan yang sadar, terencana, menciptakan cinta. Hal yang sama terjadi dalam semua hubungan." - Harville Hendrix

89. "Hakikat pernikahan adalah menggenapkan yang belum genap dan menyempurnakan yang kurang sempurna." - Merry Maeta Sari

90. "Pernikahan bukanlah surga atau neraka, tetapi hanyalah penyucian." - Abraham Lincoln

91. "Tersembunyi atau terlihat, ada sebuah pemisah antara laki laki dan perempuan sampai sebuah pernikahan menyatukan mereka." - C. S. Lewis

92. "Pernikahan yang bahagia selalu menikmati kesenangan-kesenangan persahabatan. Semua keindahan dan kemanisan bercampur dalam bahagianya hidup." - Joseph Addison

93. "Sukses dalam pernikahan bukanlah dicapai sekadar melalui menemukan pasangan yang tepat, melainkan juga melalui menjadi pasangan yang tepat. - Barnett Brickner

94. "Wahai Yang Maha Lembut, manjakanlah hatiku yang sendiri ini, bahagiakanlah aku dalam pernikahan yang penuh cinta, yang mesra, yang setia." - Mario Teguh

95. "Pernikahan adalah sekolah itu sendiri. Memiliki anak juga. Menjadi seorang ayah mengubah seluruh hidupku. Itu mengajari saya seolah-olah melalui ilham." - Abraham H. Maslow

96. "Pernikahan itu butuh usaha dari kedua pihak. Harus saling terbuka. Jujur. Masalah akan selalu ada. Jangan lari!" - Wuwun Wiati

97. "Pernikahan adalah keputusan besar dalam hidup. Ingatlah, restu orang tua dan dukungan keluarga adalah modal utamanya." - Ayudia Bing Slamet

98. "Jika seseorang dapat memperpanjang kebahagiaan cinta dalam pernikahan, itu akan menjadi surga di bumi." - Jean-Jacques Rousseau

99. "Dalam setiap pernikahan lebih dari seminggu yang lalu, ada alasan untuk perceraian. Triknya adalah menemukan, dan terus menemukan, alasan untuk menikah." - Sir Robert Anderson

100. "Sahabat terbaik cenderung mendapatkan istri terbaik, karena pernikahan yang baik didasarkan pada bakat untuk persahabatan." - Friedrich Nietzsche

101. "Ingat bahwa menciptakan pernikahan yang sukses itu seperti bertani: Anda harus memulainya lagi setiap pagi." - H. Jackson Brown Jr

102. "Kebahagiaan dalam pernikahan adalah masalah kebetulan." - Jane Austen

103. "Saya percaya pada pernikahan. Saya percaya pernikahan adalah institusi yang sangat penting, ini adalah salah satu institusi terpenting yang kita miliki." - Theresa May

(brl/vin)

(brl/vin)