Brilio.net - Saat ini, industri game di Indonesia memang sedang naik daun. Apalagi adanya Covid-19, membuat masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Bermain game jadi salah satu cara membunuh kebosanan selama di rumah.

Kabar bahagia bagi pencinta game online, pasalnya salah satu event game terbesar di Indonesia Baparekraf Game Prime 2020 Online akan segeral digelar. Sepertinya namanya, event game ini akan digelar secara online pada 1 sampai 5 Agustus 2020 mendatang.

Acara tahunan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID. Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2016 dengan tajuk BEKRAF Game Prime dan pada tahun kelimanya ini berevolusi menjadi Baparekraf Game Prime.

Hadir dengan tajuk baru, event Baparekraf Game Prime 2020 Online juga akan mengusung konsep pelaksanaan yang baru, yaitu penonton bisa menyaksikan secara langsung melalui penayangan online.

“Baparekraf Game Prime (BGP) bertujuan untuk meningkatkan kualitas developer gim Indonesia melalui pertukaran ilmu dengan developer dan pelaku industri gim internasional, serta meningkatkan exposure dari gim-gim lokal agar bisa diketahui lebih banyak oleh masyarakat luas,” ujar Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Joshua Puji Mulia Simanjuntak kepada media dalam konfrensi pers virtual, Kamis (30/7).

Loading...

Sementara itu, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Yuana Rochma Astuti menjelaskan acaranya sendiri tak hanya sekedar kompetisi online, tapi banyak juga keseruan lain.

“Event ini bertujuan untuk memajukan industri game nasional agar bisa dibawa ke Internasional. Kita mau lihat bakat dari gamer di Indonesia lewat event ini,” ucap Yuana.

Berikut keseruan yang akan didapatkan ketika mengikuti event game ini.

1. Indie Game Exhibition.

Banyak game yang sudah dikembangkan oleh developer game di Indonesia, namun masih banyak gamer maupun masyarakat umum yang tidak memainkan atau bahkan tidak mengetahuinya.

Akan ada online exhibition di gameprime.org yang menampilkan banyak game karya anak bangsa dari berbagai developer Indonesia yang hadir di Baparekraf Game Prime 2020 Online.

2. Masterclass and Webinar.

Untuk para pengembang atau ingin berkecimpung pada pengembangan game Indonesia? Maka masterclass dan webinar yang diadakan Baparekraf Game Prime 2020 Online!

Akan ada berbagai topik yang hadir seperti bagaimana membuat game yang diawali dari coretan ringan, bagaimana membuat desain karakter game, hingga cara meningkatkan karier ketika berkecimpung di pengembangan game.

Ada pula werewolf dan tebak gambar bersama influencer. Momen ini terbilang sangat langka dan pasti menghibur di acara Baparekraf Game Prime 2020 Online!

3. Baparekraf Game Prime 2020 PUBG Mobile Online Tournament.

Ada 16 tim PUBG Mobile yang terdiri dari 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online akan bertanding memperebutkan total hadiah 100 juta rupiah pada tanggal 4-5 Agustus 2020!

Turnamen esports PUBG Mobile Online Tournament dengan total hadiah Rp100 juta yang akan mengundang 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online!