Brilio.net - Buat kamu yang kini sudah memasuki bangku SMP, pasti akan menemukan materi teks eksposisi. Biasanya materi ini akan kamu jumpai dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8. Teks eksposisi yaitu teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang disampaikan secara singkat, padat, dan disertai pendapat (argumen) dari penulisnya.

Gampangnya begini, ketika kamu sedang berdiskusi membahas suatu topik, maka biasanya akan mengungkapkan pendapat masing-masing beserta informasi bukan? Nah secara nggak sadar, informasi dan pendapat yang kamu sampaikan itu masuk ke dalam teks eksposisi.

Lalu dalam penyusunannya, teks eksposisi memiliki tiga struktur teks yakni pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, penegasan ulang pendapat. Jika kamu masih bingung, berikut brilio.net sajikan 20 contoh teks eksposisi yang singkat dan mudah dipelajari dengan beragam tema. Ulasan contoh teks eksposisi ini dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (14/9).

 

1. Contoh teks eksposisi tentang bahaya membuang sampah sembarangan.

Contoh teks eksposisi singkat dengan beragam tema dan mudah dipelajari © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

Tesis:

Di era globalisasi sekarang ini, kegiatan membuang sampah sembarangan seperti di sungai seolah telah dijadikan sebagai hal yang lazim.

Bahkan jumlah orang yang membuang sampah sembarangan di kota makin bertambah. Hal tersebut membuat aliran sungai tersumbat dengan sampah sehingga pada saat hujan turun dengan intensitas yang terus–menerus, membuat sungai meluap serta menimbulkan bencana banjir.

Argumentasi:

Dari waktu ke waktu, jumlah individu yang membuang sampah sembarangan terutama di sungai terus meningkat, hal tersebut kesimpulan dari banyak pengamat.

Manusia masih belum merasa kapok membuang sampah di sungai yang dapat membuat banjir. Padahal, korban dari bencana banjir itu sendiri tidak sedikit. Telah banyak korban luka-luka maupun meninggal dunia akibat banjir.

Namun, hal tersebut tersebut masih belum cukup guna memberi kesadaran pada orang-orang yang masih saja membuang sampah sembarangan.

Penegasan ulang:

Seharusnya jika sudah mengetahui efek tersebut, orang–orang akan sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi agar tidak merugikan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan sekitar.

Apabila tidak ada sampah di sungai maka air sungai pun tak akan tersumbat serta menjadikan banjir dapat diminimalisasi, walau hujan deras terus- menerus.

2. Contoh teks eksposisi tentang manfaat sarapan di pagi hari.

Contoh teks eksposisi singkat dengan beragam tema dan mudah dipelajari © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Tesis:

Bukan tanpa sebab, sarapan pagi mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh. Menurut beberapa studi penelitian, sarapan dapat memberikan energi untuk kalian dalam memulai hari, untuk mengendalikan berat badan, dan guna meningkatkan kinerja serta konsentrasi.

Selain itu, sarapan bermanfaat untuk keterampilan kognitif otak yang dapat meningkatkan memori dalam menghasilkan konsentrasi tinggi.

Argumentasi:

Dengan begitu banyaknya manfaat dari asupan sarapan, sebaiknya kalian jangan melewatkan sarapan di setiap harinya, ya!

Dengan kalian mau membiasakan diri untuk menyantap sarapan yang sehat pada setiap harinya maka hari-hari kalian akan terasa lebih baik.

Penegasan ulang:

Ketika tubuh tidur, kalian akan kehilangan asupan di dalam tubuh selama waktu beberapa jam. Maka itu, tubuh memerlukan untuk diisi kembali dengan asupan makanan bergizi dan sehat.

Dapat kalian bayangkan, apabila kalian melewatkan sarapan pagi maka perut kosong tersebut dapat terserang berbagai jenis penyakit.

3. Contoh teks eksposisi tentang demam panggung atau nervous.

Contoh teks eksposisi singkat dengan beragam tema dan mudah dipelajari © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Tesis:

Setiap orang pasti pernah merasakan gugup atau grogi saat tampil di hadapan banyak orang. Hal itu dikenal dengan "demam panggung" atau "nervous".

Fenomena demam panggung seperti ini biasa terjadi sebab seseorang tidak terbiasa tampil di hadapan publik. Maka nantinya akan muncul perasan jika apa yang disampaikan akan terasa salah sehingga membuat perasaan seakan ditertawakan orang.

Perasaan takut itu akan muncul juga disebabkan akan rasa kurangnya percaya diri. Oleh karena itu, kalian harus bisa menguasai serta mengalahkan efek demam panggung.

Argumentasi:

Efek yang disebabkan dari demam panggung pada umumnya yaitu badan terasa lemas pada saat berbicara maupun ketika melakukan pertunjukan di hadapan umum.

Lalu suasana hati berdebar-debar serta wajah tampak pucat. Walau sebelumnya kita sudah mempersiapkan semua hal secara matang, karena terkena demam panggung maka konsentrasi akan pecah dan terganggu.

Apabila diilustrasikan secara sederhana, apa pun yang kita lakukan akan terasa salah sebab efek dari demam panggung satu ini. Solusinya yaitu dengan cara membuat tubuh terasa serileks mungkin.

Tarik napas dalam-dalam kemudian keluarkan secara perlahan. Hal tersebut akan membuat oksigen masuk ke otak serta membuatnya dapat bekerja lebih baik yang akan membuat konsentrasi tetap terjaga.

Bayangkan saja jika semua orang yang ada di hadapan itu adalah teman serta mereka akan senang mendengar kalian berbicara. Jika kalian merasa takut untuk menatap mereka, kalian lihat pada bagian dahinya saja.

Penegasan ulang:

Dengan membuat tubuh kalian terasa serileks mungkin, hal tersebut akan membantu dalam menguasai sera mengelola efek dari demam panggung.

 

4. Contoh teks eksposisi tentang hewan.

Contoh teks eksposisi singkat dengan beragam tema dan mudah dipelajari © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

Tesis:

Hewan bisa dibagi ke dalam berbagai jenis dilihat dari jenis makanan, yakni meliputi hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.

Argumentasi:

Hewan herbivora merupakan istilah untuk hewan yang mempunyai jenis makanan yang berbentuk tanaman. Posisi hewan herbivora ini ada pada konsumen tingkat pertama di dalam rantai makanan.

Beberapa jenis hewan yang masuk ke kategori hewan herbivora, yaitu belalang, sapi, kambing, kuda dan keledai. Selanjutnya hewan karnivora yaitu sebutan untuk hewan yang memakan atau memangsa jenis hewan yang lain/daging.

Hewan karnivora ini juga disebut sebagai hewan predator untuk hewan herbivora. Beberapa jenis hewan yang masuk kategori hewan karnivora, yaitu harimau, harimau, musang, dan serigala.

Penegasan ulang:

Dapat kita ketahui hewan omnivora merupakan hewan yang pemakan segalanya, dapat memakan tanaman dan hewan lainnya/daging.

Beberapa jenis hewan yang masuk ke kategori omnivora, yaitu bebek, ayam, beruang, dan orangutan.