Brilio.net - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nonfiksi berarti yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan. Hal itu juga selaras dengan Encyclopaedia Britannica (2015), di mana nonfiksi diartikan sebagai kebenaran, seluruh kebenaran, dan hanya kebenaran.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa teks nonfiksi merupakan tulisan berbasis data dan fakta sebenarnya yang disajikan dengan gaya bahasa formal atau nonformal. Teks tersebut bisa berupa argumentasi, eksposisi, atau deskripsi. Biasanya teks nonfiksi dipakai saat membuat karya sastra, karangan, artikel, biografi, kesehatan, sains, sejarah maupun karya ilmiah.

Setiap teks yang berasal dari pemikiran dan pengamatan penulis tersebut harus didukung oleh fakta, kemudian disusun secara rapi dan sistematis. Ada dua jenis teks nonfiksi, di antaranya nonfiksi murni dan nonfiksi kreatif. Di mana nonfiksi murni berisi tulisan pengembangan yang disusun berdasarkan data-data autentik. Sementara nonfiksi kreatif, berisi suatu data real yang dikembangkan untuk menjadi imajinasi dalam bentuk karangan seperti novel, puisi, dan juga jenis prosa.

Teks nonfiksi juga mempunyai struktur orientasi dengan menggunakan urutan dan juga peristiwa. Kemudian di dalamnya tidak mengandung imajinasi atau opini yang dibuat penulis. Sehingga, teks nonfiksi bercerita alur nyata dan terbukti kebenarannya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Untuk lebih mudah mempelajarinya, berikut brilio.net sajikan 9 contoh teks nonfiksi yang singkat dan mudah dipahami. Dihimpun dari berbagai sumber pada Selasa (04/01).

1. Contoh teks nonfiksi Penemu Handphone.

Contoh teks non fiksi berbagai sumber

foto: freepik.com

Handphone (HP) pertama kali didemonstrasikan oleh John F. Mitchell dan Dr Martin Cooper dari Motorola pada tahun 1973, dalam bentuk sebuah handset yang beratnya sekitar 1 kg.

Pada tahun 1983, diluncurkan DynaTAC 8000x—handphone yang pertama kali tersedia di pasaran. Sejak itu, HP menjadi barang yang diperjualbelikan di seluruh dunia dan terus mengalami perkembangan dalam ukuran, bentuk, dan kemampuannya. Selain Motorola, berbagai merek lainnya bermunculan.

Dari tahun 1990 sampai dengan 2011, pengguna HP di dunia berkembang dari 12,4 juta orang hingga menjadi lebih daripada 6 miliar orang. Artinya, sekitar 87% dari populasi dunia dewasa ini merupakan pemakai HP (populasi dunia saat ini telah melampaui 7 miliar orang).

Di pertengahan tahun 2013, sekitar 75% lebih pasar smartphone didominasi oleh smartphone berbasis Android. Sistem operasi Android pertama kali dikembangkan oleh Google Inc. pada tahun 2008.

2. Contoh teks nonfiksi Penemuan Mobil.

Contoh teks non fiksi berbagai sumber

foto: pixabay.com

Penemuan mobil dimulai dengan usaha seorang Austria, yaitu S. Marcus (1875), untuk dapat menghasilkan mesin pada gas pertama. Faktanya, sistem dari mesin gas juga merupakan sebuah hasil dari serangkaian ide yang akan dikembangkan sebelum Marcus. Namun tetap saja, Marcus yang akan mengumpulkan penemuan tersebut dan menghubungkan berbagai rangkaian mesin gas ke kendaraan untuk yang pertama kalinya sehingga dia dapat berjalan tanpa dengan bantuan tarikan dari kuda.

Sejak saat itu mobil menjadi sebuah penemuan. Tiga puluh tahun kemudian, setelah adanya serangkaian kontribusi yang banyak serta pengembang lain yang membantu di dalam memperbaiki mobil, sebuah mobil mampu mencapai bentuk yang dapat untuk digunakan sebagai sarana transportasi yang cukup nyaman bagi banyak orang.

Bentuk dari mobil seperti itu yang akan mendapatkan hak paten dari Negara Amerika Serikat di tahun 1911, dapat juga digambarkan sebagai awal dari sebuah kendaraan yang saat ini akan menjadi sebuah alat paling penting di dalam kehidupan manusia.

3. Contoh teks fiksi Revolusi Rusia 1917.

Contoh teks non fiksi berbagai sumber

foto: pixabay.com

Revolusi pada Rusia dimulai pada tanggal 8 Maret 1917, di mana sekelompok perempuan ikut berkumpul di Petrograd karena terjadi kekurangan makanan serta semangat moral pendidikan, mulai terjadi penurunan dan tuntutan distribusi roti, yang diikuti dengan kasus pencurian di pabrik-pabrik roti. Duma yang bertindak cepat dengan memproklamasikan sebuah pembentukan Pemerintahan yang Sementara pada tanggal 12 Maret 1917. Setelah tiga hari, Tsar Nicholas II menjadi turun tahta.

Revolusi Maret merupakan hasil dari kerusuhan dengan dipimpin oleh orang-orang yang telah mengalami kelaparan di daerah perkotaan yang terbukti dengan didukung oleh seluruh bagian negara. Semua kelompok politik serta juga partai politik yang menginginkan terwujudnya suatu kemerdekaan serta demokratisasi.

Kemudian, pemerintah yang sementara memberikan sebuah pernyataan kedudukan yang sama di dalam hukum, pers, agama, parlemen, dan juga hak-hak dari para pekerja. Revolusi Rusia ini memicu perubahan yang besar di negara Rusia, yang bermula dengan bentuk kerajaan absolut, kemudian berubah menjadi diktator proletariat dengan berdasarkan pada Doktrin Marxis. Seluruh lembaga sosial, dengan bentuk negara sampai dengan keluarga batih, sudah mengalami perubahan dengan cara mendasar.

4. Contoh teks nonfiksi Penemu Radio.

Contoh teks non fiksi berbagai sumber

foto: pixabay.com

Guglielmo Marconi (1874-1937) Lahir pada tahun 1874 di Bologna, Itali. Penemu radio ini mendapat pendidikan privat dari seorang guru. Tahun 1894 tatkala usianya menginjak 20, Marconi membaca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.

Marconi lantas tergugah dengan ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram. Misalnya, dengan cara ini berita-berita dapat dikirim ke kapal di tengah laut.

Tahun 1895, hanya setahun kerja keras, Marconi berhasil memproduksi peralatan yang diperlukan. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuan ini. Marconi bergegas mendirikan perusahaan dan "Marconi" pertama dikirim tahun 1898. Tahun berikutnya dia sudah sanggup kirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Meskipun patennya yang terpenting diperolehnya tahun 1900, Marconi meneruskan pembuatan dan mematenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Pada tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.

Makna penting dari penemuan barunya secara dramatis dilukiskan pada tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio amat membantu, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih hadiah Nobel untuk penemuannya.

5. Contoh teks nonfiksi Sejarah Monumen Nasional (monas).

Contoh teks non fiksi berbagai sumber

foto: pixabay.com

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Sukarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Ruang besar Museum Sejarah Perjuangan Nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Ruangan besar berlapis marmer ini terdapat 48 diorama pada keempat sisinya dan tiga diorama di tengah, sehingga menjadi total 51 diorama.

Diorama ini menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa Orde Baru. Diorama ini dimula dari sudut timur laut bergerak searah jarum jam menelusuri perjalanan sejarah Indonesia; mulai masa pra sejarah, masa kemaharajaan kuno seperti Sriwijaya dan Majapahit, disusul masa penjajahan bangsa Eropa yang disusul perlawanan para pahlawan nasional pra kemerdekaan melawan VOC dan pemerintah Hindia Belanda.

6. Contoh teks nonfiksi Tragedi Trisakti.

Contoh teks non fiksi © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Tragedi Trisakti adalah peristiwa penembakan pada tanggal 12 Mei 1998 terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta, Indonesia serta puluhan lainnya luka.

Mereka yang meninggal adalah Elang Mulia Lesmana (1978-1998), Heri Hertanto (1977-1998), Hafidin Royan (1976-1998), dan Hendriawan Sie (1975-1998).

Mereka tewas tertembak di dalam kampus, terkena peluru tajam di tempat-tempat vital seperti kepala, tenggorokan, dan dada. Peristiwa penembakan empat mahasiswa Universitas Trisakti ini juga digambarkan dengan detail dan akurat oleh seorang penulis sastra dan jurnalis, Anggie D. Widowati dalam karyanya berjudul Langit Merah Jakarta.

7. Contoh teks nonfiksi Perdagangan dan Pelayaran di Selat Malaka.

Contoh teks non fiksi berbagai sumber

foto: freepik.com

Selat Malaka merupakan salah satu pelabuhan terkenal di negara Indonesia. Pelabuhan Malaka ini sering digunakan sebagai tempat persinggahan juga sebagai dermaga dari berbagai pendatang seluruh dunia. Malaka adalah sebuah tempat pertemuan para pedagang dari Negara Arab, Gujarat, Persia, Indonesia, serta Cina.

Pedagang yang melalui Selat Malaka terus melakukan sebuah perjalanan hingga menuju ke India. Ada juga yang bertujuan ke Teluk Persia, melalui Suriah lewat Laut Tengah, serta ada juga beberapa yang menuju Laut Merah, melewati negara Mesir hingga ke Laut Tengah. Setelah terjadi melintasi di wilayah Asia, perjalanan kemudian dilanjutkan ke Eropa.

Di Malaka, sistem dari perdagangan Indonesia akan dihubungkan melalui jalur barat dengan jalur yang akan membentang hingga ke India, Persia, Suriah, Afrika Timur, Arab, dan juga Laut Tengah. Dari utara hingga ke Siam serta Pegu, dari timur menuju Cina dan ada juga Jepang. Merupakan sistem perdagangan yang cukup terbesar di dunia dan dua tempat dari pertukaran utama yang berada di Gujarat, India barat laut, serta di Malaka. Rempah-rempah dari Indonesia adalah salah satu hasil yang paling berharga di dalam sistem dari perdagangan ini.

8. Contoh teks nonfiksi Turunnya Soeharto 1998.

Contoh teks non fiksi berbagai sumber

foto: freepik.com

Jatuhnya seorang Soeharto dari kursi kebesaran yaitu kursi kepresidenan pada Mei 1998 benar-benar sangat mengejutkan seluruh pihak. Pengunduran diri dari seorang Soeharto dari kursi kepresidenan karena berbagai faktor.

Pertama, yaitu memburuknya situasi perekonomian saat itu. Berdasarkan dari analisis Hall Hill, terjadinya krisis moneter pada saat itu telah berkembang menjadi kondisi krisis ekonomi yang bermula sejak Juli 1997 yang merupakan masalah utama yang akan menyebabkan jatuhnya seorang Soeharto.

Krisis ini yang awalnya terpengaruh dari ekonomi di Thailand, yang kemudian kembali membuat para investor menjadi takut untuk melakukan kerja sama bisnis, tidak hanya negara Thailand, namun juga pada negara-negara di Asia Tenggara lainnya.

Kedua, setelah Soeharto terpilih menjadi presiden yang kedua, justru hal ini dianggap menunjukkan sikap yang sangat sulit dipahami.

Ketiga, tuntutan dari reformasi yang menjadi tak henti-hentinya aksi pelajar serta pemimpin oposisi ada Amin Rais, Megawati, dan juga Abdurrahman Wahid.

Keempat, perpecahan dari divisi elit pada ABRI/TNI. Masih juga terdapat berbagai faktor lain yang memengaruhi kasus jatuhnya pemerintahan Soeharto.

9. Contoh teks nonfiksi Malapetaka Orde Baru 15 Januari 1974.

Contoh teks non fiksi berbagai sumber

foto: freepik.com

Peristiwa Malapetaka Lima Belas Januari (Malari) pada 1974 menjadi kerusuhan massal pertama yang terjadi di rezim Orde Baru setelah Soeharto naik menjadi presiden usai berhasil mengambil-alih kekuasaan dari Soekarno pasca-G30S 1965.

Isu utama yang diusung saat itu adalah penolakan modal asing. Tanggal 14 Januari 1974 malam, Perdana Menteri Jepang Kakuei Tanaka mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma dan dijadwalkan berada di Jakarta selama tiga hari.

Sejak pagi harinya, ribuan massa, termasuk mahasiswa dan pelajar, sudah melancarkan protes menentang investasi Jepang ke Indonesia. Dikutip dari Man of Honor (2013) suntingan Teguh Sri Pambudi dan kawan-kawan, terjadi aksi bakar-bakaran sedari pukul 10 pagi di sejumlah sudut ibu kota.

Tanggal 15 Januari 1974 atau keesokan harinya, gerakan massa yang didominasi kalangan mahasiswa melakukan long march dari Universitas Indonesia di Salemba menuju Universitas Trisakti di Grogol.

Siang menjelang sore, sekitar pukul 14.30 WIB, mulai terjadi perusakan yang dilakukan sejumlah orang di Jakarta Pusat. Salah satunya di Pasar Senen. Proyek kompleks pertokoan yang belum lama dibangun rusak parah dibakar massa. Demonstrasi yang diwarnai kerusuhan dan penjarahan terjadi hingga dua hari berikutnya.

(brl/red)

(brl/red)