Brilio.net - Permasalahan rambut sering dikeluhkan banyak orang. Hampir setiap orang pernah mengalami gangguan ini. Mulai dari kulit kepala kering, ketombe, rambut rontok, sampai juga rambut yang bercabang. Hal ini mungkin nggak terlalu tampak dari luar, tapi pasti kamu bisa merasakannya dengan jelas. Selain itu, kalau dibiarkan terlalu lama, masalah ini akan berujung pada terganggunya kesehatan rambutmu. Nggak bisa dipungkiri, tampilan rambut yang nggak segar pun bisa terlihat dengan jelas.

Kondisi ini juga sering ditemukan pada orang yang memiliki masalah rambut bercabang. Permasalahan ini bisa mengganggu penampilanmu kalau nggak segera teratasi dengan tepat. Beberapa tanda rambut bercabang adalah terasa kering, rapuh, dan seolah terurai menjadi dua. Nah maka dari itu lakukan perawatan pada rambut agar kondisinya bisa segera pulih. Eits nggak perlu bingung dong, kamu bahkan bisa menemukan obatnya dari bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu.

Yuk simak ulasan lengkapnya dalam brilio.net pada Senin (4/1) dari berbagai sumber berikut ini.

1. Air mawar.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Air mawar kerap kali dimanfaatkan sebagai solusi berbagai masalah kecantikan. Bermacam-macam produk ternama pun juga sudah menggunakan campuran air mawar di dalamnya. Rupanya, khasiat air ini juga bisa mengatasi permasalahan rambut bercabang lho. Air mawar adalah zat ringan yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan ketombe. Efek ini dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengurangi ujung rambut bercabang. Cara menggunakannya, campurkan 4 sendok teh air mawar, 1 sendok teh perasan jeruk nipis, 1 sendok teh madu, dan 8 sendok teh air. Kemudian oleskan campuran ke rambut hingga merata. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.

2. Pisang.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Mungkin nggak banyak yang menduga, pisang bisa dijadikan sebagai jawaban untuk permasalahan rambut bercabang. Padahal pisang adalah kondisioner alami yang baik untuk melembapkan rambut. Dengan menggunakan masker rambut pisang, mampu meningkatkan elastisitas rambut, sehingga mencegah kerusakan seperti rambut bercabang. Dengan adanya kandungan minyak, antioksidan, mineral, dan vitamin, akan membantu melembutkan rambutmu. Kamu bisa mencampur 1 pisang matang dan 2 sendok makan santan. Oleskan campuran ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

3. Alpukat.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Dari keluarga buah kamu juga bisa memanfaatkan alpukat. Karena alpukat kaya akan vitamin E, mineral, dan fitonutrien lain yang membantu mempertahankan kelembapan di rambut. Menariknya efek dari alpukat ini juga dapat mencegah kerusakan rambut lebih lanjut. Kandungan nutrisi tersebut membantu menutrisi rambut, kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, juga akan membuat rambut mudah terhindar dari masalah cabang. Coba hancurkan setengah alpukat dalam mangkuk. Tambahkan 3 sendok teh minyak almond. Oleskan campuran ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas sebagai perawatan rambut bercabang.

4. Madu.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Madu adalah bahan makanan yang disebut sebagai seribu manfaat. Nggak hanya untuk tubuh, namun manfaatnya bisa sampai pada ujung rambutmu. Pasalnya, madu membantu mempertahankan dan mengatur kelembapan di rambut. Manfaatkan madu sebagai masker rambut, karena efeknya akan mencegah ujung rambut bercabang dengan memperkuat folikel rambut dan memberikan hidrasi serta nutrisi pada rambut. Manfaatkan dengan mencampur 2-4 sendok teh madu organik, 1 sendok teh santan, dan 3 sendok teh susu murni. Oleskan campuran ke rambut dari akar sampai ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

5. Lidah buaya.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau lidah buaya memberikan manfaat yang besar untuk rambut. Lidah buaya mengandung nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan rambut, menambah volume rambut, dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari atau panas. Dengan kemampuannya menutrisi dan melembapkan secara alami, membuat lidah buaya mampu menghilangkan rambut bercabang. Caranya campurkan 4 sendok makan gel lidah buaya dengan 2 sendok makan air lemon. Oleskan campuran ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.

6. Pepaya.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Pepaya adalah buah yang mudah ditemukan di sekitarmu. Nah manfaatkan khasiat buah ini untuk mengembalikan kondisi rambutmu. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mencampur dengan beberapa bahan lain seperti minyak almond, dan yogurt untuk mencegah kulit kepala kering dan gatal. Kamu hanya perlu menyiapkan 1/2 cangkir pepaya yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan minyak almond. Oleskan campuran pepaya ke rambut dari akar ke ujung. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.

7. Cuka apel.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya kamu bisa mencoba menggunakan cuka apel. Cuka sari apel mampu menghaluskan kutikula rambut, sehingga mencegah kering dan kerusakan helai rambut. Penggunaan cuka apel juga termasuk yang mudah untuk dilakukan. Campurkan satu sendok teh cuka sari apel dan 500 ml air dalam mangkuk. Setelah keramas, cuci rambut dengan cuka sari apel yang diencerkan. Lakukan ini 2 kali seminggu.

8. Minyak kelapa.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Minyak kelapa juga mampu memberikan kelembapan pada kulit rambut. Hal ini didapatkan karena adanya kandungan asam lemak rantai menengah yang memungkinkannya untuk menembus rambut dengan mudah. Minyak kelapa dapat melembapkan serta memberikan nutrisi rambut dan sangat bagus untuk mengatasi ujung rambut bercabang. Mudah banget, kamu hanya perlu ambil sedikit minyak kelapa di telapak tangan dan oleskan ke rambut dari akar sampai ke ujungnya. Jepit rambut dan tutup dengan shower cap. Biarkan semalaman. Di pagi hari, keramasi rambut untuk menghilangkan minyak berlebih.

9. Minyak almond.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu perlu tahu bahwa minyak almond mampu menguatkan rambut dan mencegahnya bercabang secara alami. Hal ini dikarenakan minyak almond memiliki potensi meningkatkan pertumbuhan rambut. Di dalam minyak almond ditemukan kandungan vitamin E yang memiliki efek antioksidan. Termasuk melindungi rambut dari stres lingkungan sehingga rambut terlihat lebih muda dan sehat. Cara menghilangkan rambut bercabang dengan minyak almond adalah menjadikannya masker.

10. Air lemon.

Bahan alami ini atasi rambut bercabang © freepik.com

foto: freepik.com

Air lemon adalah bahan selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi permasalahan rambut bercabang. Kandungan vitamin C-nya mampu membantu melindungi rambut dari kerusakan. Campurkan dua sendok teh air lemon dengan satu liter air. Setelah keramas, berikan bilas terakhir dengan air lemon. Lakukan ini setiap kali mencuci rambut. Namun kamu harus menggunakan dengan hati-hati agar tidak mengiritasi mata. Terapkan juga kebiasaan sehat untuk hasil lebih maksimal.