Tiga mumi abad ke-19 yang diyakini merupakan imigran China, ditemukan penambang di Peru pada 22 Januari 2018. Mumi itu ditemukan dalam peti mati saat pekerja Calidda, distributor gas alam, menggali tanah untuk pemasangan jaringan pipa gas alam baru di Lima dan Callao.

Di dalam peti mati juga berisi artefak tradisional China, seperti korek api dan pipa untuk merokok opium. Dikutip livinginperu.com, Sabtu (3/2), arkeolog yang meneliti penemuan tersebut menyatakan bahwa mumi tersebut adalah imigran dari gelombang pertama orang Tionghoa yang melakukan perjalanan ke Peru pada pertengahan abad ke-19. Mereka bekerja di industri gula dan kapas yang sedang berkembang pesat.

Arkeolog yang bertugas menggali dan melestarikan temuan tersebut, Cecilia Camargo, percaya bahwa lebih banyak mumi akan ditemukan di daerah tersebut. Pihaknya memperkirakan jumlah mumi ini tiga orang, berdasarkan pakaian yang mereka kenakan. Tapi diperlukan lebih banyak pemeriksaan untuk menentukan ini dengan pasti.

Peru memiliki banyak situs arkeologi di seantero negeri, dan mereka mewakili berbagai aspek dari berbagai budaya sejarah kuno, seperti Moche dan Nazca. Kamu bisa menemukan benteng dan kuil, serta situs lokal yang dianggap sebagai Warisan Dunia UNESCO, seperti Nazca Lines atau Machu Picchu, misalnya.