Brilio.net - Bangunan bersejarah menjadi salah satu daya tarik sebuah negara. Tak jarang bangunan-bangunan tersebut dijadikan ikon negara yang bersangkutan. Hingga akhirnya menjadi nilai jual untuk mendatangkan wisatawan mancanegara.

Tapi ternyata beberapa bangunan bersejarah yang sekarang menjadi ikon negara pernah hampir lenyap keberadaannya. Dengan alasan yang beragam mulai dari instruksi pemerintah setempat sampai ditolak keberadaannya oleh warga lokal.

Namun buktinya hingga sekarang bangunan tersebut lah yang membuat sebuah negara terkenal. Beruntung bangunan ini tidak tergusur pada zaman dahulu.

Berikut ini lima bangunan terkenal dunia yang nyaris digusur yang brilio.net rangkum dari globehunters.com, Kamis (14/12).

1. Menara Eiffel

Loading...

ikon negara tergusur Pixabay

foto: pixabay

Dibangun pada tahun 1889 di kota Paris, ikon negara Perancis ini sempat akan digusur pada beberapa tahun setelah diberdirikan. Eiffel masuk dalam rencana penggusuran oleh pemerintah pada tahun 1909.

Hal ini disebabkan ada sekelompok warga yang menolak keberadaannya. Namun rencana itu tak terealisasikan karena pemerintah menggunakan Menara Eiffel sebagai pemancar yang bisa digunakan oleh militer.

2. Gedung Putih Amerika Serikat

ikon negara tergusur Pixabay

foto: pixabay

Gedung ini merupakan tempat kerja para pemimpin Amerika Serikat. Maka dari itu gedung ini sering menjadi sasaran serangan militer. Dulunya gedung ini pernah dijarah hingga dibakar oleh tentara Inggris. Bencana tornado menyelamatkan ambruknya bangunan ini. Karena tornado tersebut membuat para tentara Inggris mundur.

3. Sphinx

ikon negara tergusur Pixabay

foto: pixabay

Bangunan ikonik negara Mesir ini sudah bertahan berdiri selama 4500 tahun. Banyak hal terjadi seperti tertimbun pasir hingga dirusak oleh warga lokal. Hidung dan janggut Sphinx pernah dipahat oleh warga karena dipercaya bagian tersebut bisa membuat mereka sejahtera.

Setelah tertimpun hingga yang terlihat hanya wajahnya saja, pemerintah Mesir menggalinya kembali pada tahun 1925 dan 1936 yang membuat Sphinx masih eksis hingga sekarang.

4. Taj Mahal

ikon negara tergusur Pixabay

foto: pixabay

Bangunan yang bentuknya mirip seperti masjid ini dibangun pada abad 17 oleh Raja Shah Jahan. Taj Mahal pernah diserang beberapa kali oleh para pemberontak lokal dan juga tentara Inggris. Mereka ingin mencuri batu berharga yang ada di dalamnya. Beruntung pemerintah India merombak secara besar-besaran bangunan ini pada tahun 1908.

5. Menara Pisa

ikon negara tergusur Pixabay

foto: pixabay

Kesalahan pada saat proses pembangunan membuat menara ini berdiri miring. Tentara sekutu berencana untuk merobohkan bangunan ini. Namun Sersan Leon Weckstein yang berwenang pada kala itu menolak untuk melenyapkannya. Dia merasa menara itu terlihat indah walau tidak simetris.