Brilio.net - Beberapa hari lalu, anggota dewan terpilih periode 2019-2024 dilantik di gedung DPR RI. Tak hanya Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), namun juga ada Dewan Perwakilan Daerah (DPR). Ratusan anggota dewan terpilih berkumpul dalam sidang pelantikan. Anggota dewan terdiri dari berbagai profesi mulai dari pengusaha hingga selebriti.

Beberapa anggota legislatif masih berusia sangat muda. Meskipun masih berumur 20-an, mereka telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk merancang undang-undang. Menariknya, tak sedikit dari mereka adalah perempuan. Bahkan, ada di antara mereka tergolong fresh graduate atau lulusan baru universitas.

Meskipun muda, namun  mereka tampak percaya diri disandingkan dengan para seniornya di bidang politik. Tentunya, publik semakin penasaran dengan sosok-sosok pemuda yang bisa mengambil hati masyarakat. Tentunya, mereka datang dari latar belakang yang berbeda.

Nah, berikut beberapa anggota dewan muda yang berusia 20-an, seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/10).

1. Tina Toon.

Loading...

 pesona anggota dewan usia 20an Instagram

foto: Instagram/@tinatoon101

Mantan penyanyi cilik, Agustina Hermanto alias Tina Toon (26) dilantik menjadi Anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Tina Toon datang dengan mengenakan kebaya merah, Tina tiba di Kantor DPRD DKI Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB. Tina Toon yang menjadi wakil rakyat dari PDIP tersebut sebenarnya ingin ditempatkan di Komisi E yang membidangi kesehatan dan pendidikan.

"Pengennya sih E. Tapi kalau alternatif, kalau E kan ada pendidikan, kesehatan masyarakat, di situ semua soalnya," ujarnya.

Dia juga disarankan masuk Komisi B karena sesuai latar belakangnya. Komisi B membidangi persoalan kebudayaan, perekonomian dan lainnya. Namun demikian dia mengatakan tak masalah nantinya akan ditempatkan di Komisi manapun.

2. Hillary Brigitta Lasut.

 pesona anggota dewan usia 20an Instagram

foto: Instagram/@hillarybrigitta

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2019-2024 adalah Hillary Brigitta Lasut (23). Ia merupakan politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Hillary berhasil meraih 70.345 suara Dapil Sulawesi Utara. Wanita darah Manado, 22 Mei 1996 itu kerap tampil cantik mengenakan makeup dan busana kekinian.

Hillary merupakan alumni Washington University di Amerika Serikat. Ia tak lain adalah putri dari Bupati Kepulauan Talaud periode 2004-2009 dan 2009-2012, Elly Enggelberd Lasut. Sementara ibunda, Telly Tjanggulung adalah Bupati Minahasa Tenggara pada 2008-2013.

3. Ina Elisabeth Kobak.

 pesona anggota dewan usia 20an Instagram

foto: partainasdem.id

Ina lahir di Wamena, Papua 13 Desember 1990 atau berusia 29 tahun. Pendidikan S1 Teknik dan S2 di Trisakti. Ia punya perhatian khusus pada pendidikan anak usia dini (PAUD) juga kesehatan balita, ibu hamil, juga lansia, serta orang-orang yang renta dan perlu perhatian lebih. Ina adalah politisi Partai Nasdem dan berharap ditempatkan di Komisi VII DPR RI yang membidangi energi, riset dan teknologi serta lingkungan hidup.

4. Arkanata Akram.

 pesona anggota dewan usia 20an Instagram

foto: Instagram/@arkanataakram

Politisi pria yang masih berusia 20-an selanjutnya adalah Arkanata Akram. Ia lahir di Samarinda, 21 November 1995 atau berusia 24 tahun. Arkanata adalah lulusan Pendidikan S2 Magister Engineering Science Queensland University, S1 Bachelor Engineering Science Queensland University, S1 Teknik Kimia Universitas Indonesia.

Salah satu program yang diusung dalam kampanyenya adalah menumbuhkan semangat membaca pada generasi muda. Arkanata merupakan Duta Literasi Kalimantan Utara, dan aktif sebagai motivator kepemudaan dan personal branding.

5. Jialyka Maharani.

 pesona anggota dewan usia 20an Instagram

foto: Instagram/@jialyka.maharani

Jialyka Maharani terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) termuda periode 2019-2024. Anggota dewan dapil Sumatra Selatan tersebut pun berkesempatan untuk membuka sidang pelantikan anggota Dewan Perwakilan Daerah bersama Sabam Sirait.

Sebagai anggota DPD termuda, Jialyka yang berusia 22 tahun menyampaikan kepada forum akan menjadi wakil seluruh generasi milenial di parlemen. Anggota DPD termuda itu mengatakan akan mengakomodasi kepentingan kaum milenial.

"Saya mewakili seluruh generasi milenial di parlemen, kami siap menjadi wakil rakyat, wakil daerah, yang mengakomodasi kepentingan kaum kami, kaum milenial, dan kami siap bersinergi untuk menjadikan DPD RI dan DPR RI menjadi lembaga yang bisa diandalkan rakyat Indonesia dan daerah," kata Jialyka.