Brilio.net - Ulang tahun pernikahan bagi pasangan akan selalu menjadi momen yang membahagiakan. Apalagi bagi mereka yang sudah melampaui pernikahan emas, 50 tahun. Biasanya, pada hari anniversary pernikahan, anak-anak akan memberikan kado untuk kedua orangtuanya.

Seperti yang dilakukan oleh Hanum Rais pada hari spesial orang tuanya, Amien Rais. Hanum Rais berinisiatif memberikan kado yang tak biasa untuk Amien Rais dan Kusnasriyati yang baru saja merayakan ulang tahun ke-52 pernikahan pada Selasa (9/2/2021).

Sebagai anak, Hanum Rais mengajak sang adik, Tasniem Rais untuk mempersiapkan hadiah unik. Kado ini lebih ditujukan untuk ibunya, Kusnasriyati. Uniknya, hadiah itu bukanlah suatu barang melainkan akun Youtube bernama Dapur EyangKus.

Kado Hanum Rais untuk orangtua © 2021 brilio.net

foto: dok.Hanum Rais

Loading...

"Ibu kami gemar sekali memasak dari dahulu. Resep-resepnya luar biasa. Dari masakan Indonesia hingga luar. Hanya saja selama ini yang menikmati hanya kami-kami saja. So, why not kita buatkan akun Youtube yang isinya memasak dan berbagi resep gampang untuk khalayak," ujar Hanum Rais, Selasa (9/2).

Hanum dan Tasniem berhasil membujuk Kus untuk beberapa kali syuting dummy video memasak, tapi tidak diberitahukan untuk apa. Hingga setelah jadi 3 episode, video yang telah diedit diunggah ke akun Youtube Dapur EyangKus saat ultah pernikahan Amien dan Kus.

Kado Hanum Rais untuk orangtua © 2021 brilio.net

foto: dok. Hanum Rais

"Bagi saya ini bagian dari birrul walidain saya buat Ibu di hari tua. Di masa pandemi ini, saya sering prihatin karena ibu kehilangan kebebasannya secara mendadak. Padahal sebelumnya senang silaturahmi, pengajian, mengikuti majelis taklim di mana-mana bersama sahabat-sahabatnya. Sekarang terbatas. Jadi harus ada terobosan buat kegiatan ibu," timpal Tasniem.

Tasniem mengakui ide itu muncul justru karena ibunya sering dijumpainya membaca WA terus. "Dengan membuat video memasak yang harus diunggah setiap minggunya, Ibu menjadi lebih kreatif juga untuk selalu berpikir, next ini, next itu. Saya dan Mbak Hanum jadi produsernya saja bergantian jadi pengarah saat syuting" tambah Tasniem.

Hanum berharap pemirsa yang menonton channel YouTube orang tuanya, bisa terinspirasi untuk praktek memasak di rumah dan lebih produktif. "Karena masakan-masakannya sederhana dan semua orang pasti suka," kata Hanum.

Meski Hanum dan Tasniem membuatkan channel YouTube untuk sang ibu, mereka mengaku tak berniat untuk menjadikan sang ibu sebagai seorang YouTuber.

"Nggaklah. Ini murni dan tulus untuk variasi kegiatan ibu," kata Hanum.

Mengintip sekilas, kini jumlah subscriber channel YouTube yang memuat konten kuliner tersebut sudah mencapai 698 dalam dua minggu.

Lewat laman Instagram pribadinya, Hanum Rais mengunggah beberapa foto behind the scene syuting. Salah satu bintang tamu pencicip masakan adalah Amien Rais sendiri.