Sontak video tingkah lucu dan usil Pak Bas tersebut menjadi viral di media sosial. Warganet pun penasaran dengan apa yang dilakukan Menteri PUPR tersebut.

alasan Menteri Basuki jahili Erick © Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

Tak butuh waktu lama, rasa penasaran warganet akhirnya terjawab. Lewat Instagram pribadi @erickthohir, Pak Bas mengakui alasan dia iseng di sela-sela upacara HUT RI ke-78 itu.

"Enggak itu kan saya bilang ini baju apa? Budi Utomo katanya," terang Pak Bas dikutip brilio.net pada Jumat (18/8).

Pak Bas mengaku penasaran terhadap kancing jas yang dikenakan Erick Thohir. Dia mengira kalau model jas yang dikenakan Erick merupakan adat Jawa, namun ternyata itu khas dari Boedi Oetomo.

"Kan pakai jas tapi saya mau lihat penitinya. Ternyata cuma satu. Jadi itu model Budi Utomo. Jadi bukan Jawa tapi Budi Utomo 1908," tuturnya.

alasan Menteri Basuki jahili Erick © Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

Pak Bas lantas mengatakan kalau dia hanya ingin mengecek saja jumlah kancing yang ada di jas yang dipakai Erick Thohir. Memang, dari gerakan tangannya, dia terlihat menyingkap salah satu sisi jas yang dikenakan Erick Thohir dan seakan mencari satu kancing di bawah kancing yang masih mengait.

"Saya cuman mau ngecek aja," kata dia.

Rasa penasaran Basuki tersebut rupanya dibenarkan oleh Erick Thohir. Dirinya mengaku sering menjadi korban keisengan rekannya di kabinet Jokowi tersebut.

"Makanya beliau tanya 'ini bukan baju Jawa?', makanya Pak Bas, sorry ini saya pakai baju Jawa supaya gak diperiksa-periksa lagi sama Pak Bas," kata Erick.

Lebih lanjut, Ketua Umum PSSI ini juga menguraikan pandangannya soal Pak Bas. Menurut Erick, Basuki memang sosok yang sering bercanda, meski juga sangat serius kalau sedang kerja.

"Itu lah Pak Bas, figur yang pekerja, serius, tetapi juga yang ngegemesin, kalau netizen bilang ngegemesin gitu," ungkap Erick Thohir.