Brilio.net - Menjadi abdi negara memang seharusnya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Apalagi jika orang tersebut memiliki jabatan yang tinggi. Seharusnya bisa menjadi contoh untuk para anak buah.

Salah satu abdi negara yang patut dicontoh adalah Wakapolres Tojo Una-una Sulawesi Tengah, Kompol Hidayat.

Dilansir brilio.net dari grup Facebook Belajar Wirausaha Bareng Saptuari, Selasa (7/6). Hidayat mengaku memang sudah memiliki jiwa wirausaha sejak lama. Oleh sebab itu, dirinya membuka warung kopi. Tak hanya itu saja, Pak Polisi yang sederhana ini juga melayani sendiri pembelinya saat tak bertugas.

wakapolres hidayat  © 2016 brilio.net



Tidak hanya kesederhaan saja yang ia ajarkan kepada bawahannya. Lulusan Akpol Semarang tahun 2000 tersebut juga  sangat sadar bahaya riba yang dilarang oleh agama.

"Jabatan saya sebagai Wakapolres harus saya jadikan syiar juga. Hampir semua anggota saya mengajukan kredit dengan agunan SKnya, dan harus ada persetujuan 5 orang, dari Kasatfung, Kasikeu, Kasipropam, Kabagsumda, dan Wakapolres. Semua menyetujui kecuali saya," ujarnya

wakapolres hidayat  © 2016 brilio.net



Semua itu dilakukannya karena dirinya tidak mau anggota kepolisian terjebak gaya hidup kredit. Sehingga gaji yang mereka terima tiap bulan hanya untuk bayar cicilan. Menurut Hidayat, hal itulah yang akan membuat mereka gampang tergoda rejeki yang tidak halal.

Hebat sekali ya Wakapolres yang satu ini. Walaupun jabatannya cukup tinggi, dirinya tetap sederhana dan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.