Brilio.net - Tak ada kata terlambat, termasuk dalam urusan dunia pendidikan. Contohnya kakek 96 tahun asal Jepang ini. Dia baru saja dinobatkan sebagai sarjana tertua di dunia.

Predikat yang disandang Shigemi Hirata, nama kakek ini, diperolehnya pada Jumat (3/6). "Saya senang. Belajar selalu menyenangkan di usia berapa pun," kata Shigemi saat mendapatkan penghargaan dari Guinness World di rumahnya di Takamatsu, Jepang.

BACA JUGA: Mantan narapidana ini dinobatkan jadi sarjana tertua, keren!

Lahir pada 1 September 1919, Hirata memperoleh gelar sarjana Kesenian pada Maret lalu. Dalam usia 96 tahun, 200 hari dia lulus dari Kyoto University of Art and Design. Hirata menempuh waktu studi selama 11 tahun.

Shigemi © 2016 brilio.net

Loading...

Shigemi Hirata dengan sertifikat dari Guiness World Records.-© 2016 brilio.net/tribune.com.pk

Hirata mendaftarkan diri melalui program jarak jauh atau koresponden pada 2005 saat dia berusia 85 tahun dan memilih studi puisi, hobi yang ditekuninya setelah menjadi pensiunan. Meski nyaris semua kegiatan belajarnya dihabiskan di rumah, dia kadang menghadiri kelas di kampusnya yang berada di Kyoto.

"Saya bersyukur dikaruniai umur panjang. Terima kasih kepada siapa saja yang mendukung saya," kata Hirata, yang memiliki dua anak, lima cucu dan empat orang cicit ini.

Lahir di wilayah yang berdekatan dengan Prefektur Hiroshima, Hirata berprofesi sebagai anggota angkatan laut selama Perang Dunia II dan bekerja di rumah sakit setelah perang. "Tujuan hidup saya selanjutnya adalah hidup hingga usia 100," ujarnya.

Wah, selamat ya kek...