Brilio.net - Kamu ingat aktris Emma Watson yang tampil memakai gaun hasil daur ulang dari botol soda pada sebuah red carpet? atau hasil pembuatan pakaian dari getah nanas? Nah kali desainer  dan peneliti IOWA State University (ISU) Amerika Serikat berhasil menciptakan fashion statement dari sisa bahan makanan. Wow.

pakaian dari teh © 2016 brilio.netPrototype pakaian dari teh kombucha/sumber foto:  Young-a Lee

Young-a Lee, seorang guru besar di jurusan merchandise dan desain ISU ini membuat tas, sepatu, dan pakaian yang terbuat dari sisa pembuangan teh. Ampas teh tersebut diolah sedemikian rupa sehingga hasil akhirnya bisa menyerupai bahan kulit.

pakaian dari teh © 2016 brilio.netYoung-a Lee dan Kombucha yang akan dijadikan bahan fiber/sumber foto : iastate

Meskipun saat ini masih berupa prototype dan masih dalam tahap penelitian, namun ini memang merupakan sebuah inovasi di dunia fashion yang perlu untuk dikembangkan lebih jauh.

Loading...

"Sejauh ini kami masih mencari cara bagaimana agar bahan ini bisa tahan lama, kuat seperti kulit dan bisa tahan air sehingga nanti bisa sesuai dengan keinginan pasar," jelas Young-a Lee, seperti yang brilio.net lansir dari National Geographic, Kamis (2/6).

pakaian dari teh © 2016 brilio.net

Young-a Lee dengan pakaian dan sepatu yang telah jadi/foto : iastate

Lee menganggap bahwa pola pikir manusia harus berubah sesuai dengan perkembangan zaman.Bahan pakaian yang ramah lingkungan adalah salah satu cara untuk menciptakan sebuah keseimbangan. "Ini bukan hanya masalah tren atau fashion saja, tapi bagaimana kita bisa meneruskan ras manusia agar tetap berkelanjutan dengan menjaga keseimbangan alam," pungkasnya.