Brilio.net - Di masa kepemimpinannya, Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi kerap melakukan reshuffle atau perombakan pada Kabinet Indonesia Maju. Ketika melakukan perombakan ada beberapa orang yang diberhentikan jadi menteri dalam kabinetnya.

Sejumlah menteri yang telah diberhentikan ini pun otomatis sudah tak melakukan tugas di pemerintahan. Kini, mereka lebih bebas menggunakan waktu senggangnya untuk melakukan beberapa hal yang menjadi kegemaran.

Mereka pun tetap produktif mengisi waktu luang dengan kegiatan positif yang menyenangkan. Bahkan, di antaranya ada yang sedang gemar berkebun, lho. Berikut kegiatan tiga eks menteri era Jokowi usai diberhentikan dari jabatannya, dilansir Brilio.net dari merdeka.com pada Kamis (4/3)

1. Ignasius Jonan.

Kegiatan 3 eks menteri © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@ignasius.jonan

-Ignasius Jonan adalah mantan Menteri ESDM pada tahun 2016-2019 di Kabinet Indonesia Maju. Usai diberhentikan jadi menteri oleh Jokowi, kini Ignasius Jonan mengisi waktu luangnya untuk melakukan hobi bercocok tanam.

Melalui Instagram pribadi, ia kerap membagikan momen berkebun. Dirinya sedang menanam tiga jenis sayuran yakni sawi, selada dan bayam secara hidroponik.-"Saya meneruskan hobi di tengah #pandemi dengan berkebun #hidroponik," tulis Ignasius dalam caption unggahan Instagram.-2. Lukman Hakim.

Kegiatan 3 eks menteri © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@lukmanhsaifuddin

-Lukman Hakim Saifuddin menjabat Menteri Agama periode 2014-2019. Mantan menteri ini sedang menikmati hobinya dalam bidang otomotif.

Lewat Instagram pribadinya, Lukman sering membagikan kegiatannya sedang touring motor dengan komunitas Honda Forza Club Indonesia. Bahkan baru-baru ini, Lukman membagikan momen dirinya touring Jakarta-Bali lho!-Beberapa kota pun sudah ia singgahi menggunakan motor kesayangannya bersama komunitasnya. Sesekali, Lukman Hakim beristirahat di warung pinggir jalan untuk menikmati kopi.-"Ketika rasa penat di sore hari bertemu hawa sejuk, maka secangkir kopi hitam panas meski sasetan, nikmatnya tak terkatakan, pun tak tertuliskan..," tulis Lukman Hakim.-3. Susi Pudjiastuti.-

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti115)

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang terkenal dengan gaya nyentrik ini masih memiliki banyak kesibukan. Dari mulai menjalankan bisnis dan mengisi waktu luangnya dengan menyalurkan hobi. Salah satunya, ia kembali mencoba kemampuannya mengendarai motor trail baru. Tak hanya itu, saat ini Susi juga diketahui menjadi pembawa acara talk show 'Cek Ombak' di televisi.